Friday, June 23, 2017

Bisnis Musiman Yang Muncul Jelang Lebaran

Adipraa.com - Menjelang lebaran, plat-plat nomer kendaraan yang wara-wiri di Jogja mulai bervariasi. Ah, tapi bukan itu yang akan kita ulas dalam artikel kali ini. Hehehe. Momen lebaran tinggal menghitung hari, tak sedikit bisnis dadakan bermunculan. Bisa juga dikatakan bisnis musiman karena muncul dikala bulan ramadan hingga menjelang lebaran. Dari hasil observasi ngalor-ngidul-ngetan-ngulon, berikut akan saya ulas beberapa bisnis musiman yang muncul menjelang lebaran, check this out:

Bisnis Kue Kering 

Bisnis Musiman "Kue Kering" | adipraa.com
Bisnis Musiman "Kue Kering"
Saat ramadan dan jelang lebaran, bisnis kue kering menjadi waktu yang tepat. Pasalnya tingginya permintaan kue kering membuat bisnis ini laris manis. Tak sedikit dari teman saya di kantor maupun tetangga dekat rumah ada yang menawarkan kue kering. Baik itu yang buat sendiri maupun yang hanya menjadi reseller saja. 

Kue kering menjadi makanan praktis yang menjadi andalan sebagai suguhan untuk tamu yang berkunjung ke rumah saat lebaran. Sudah beli kue kering belum, guys!

Bisnis Selongsong Ketupat

Hari Raya Idul Fitri selalu identik dengan hidangan ketupat opor. Menjelang lebaran, biasanya banyak bermunculan pedagang yang menjual selongsong ketupat yang dibentuk dari janur kelapa. Bisnis ini menjamur mulai H-3 Lebaran hingga malam takbiran.
Bisnis musiman "Selongsong Ketupat" | adipraa.com
Bisnis musiman "Selongsong Ketupat"
Pedagang selongsong ketupat mulai menggelar lapak-lapaknya di berbagai pasar tradisional. Bahkan ada yang menjual di pinggir jalan. Seperti yang ada di sepanjang Jalan Sultan Agung, Yogyakarta. Tepatnya berada di sekitar kawasan Pasar Sentul. Mulai dari pinggir jalan sekitar POM Bensin Sultan Agung sampai di depan Pura Pakualaman. Tumpukan-tumpukan selongsong ketupat mulai banyak menghiasi di daerah tersebut.

Bisnis Lampion 

Panen rejeki mulai dirasakan para penjual lampion menjelang malam takbiran. Di sudut-sudut strategis Kota Yogyakarta mulai disuguhkan oleh pemandangan berbagai macam karakter lampion yang dijual. Seperti yang ada di Kawasan Alun-Alun Utara Kota Yogyakarta. 
Bisnis Musiman "Lampion" | adipraa.com
Bisnis Musiman "Lampion"
Lampion berbahan styrofoam dengan bentuk karakter-karakter kartun seperti Angry Birds, Spongebobs, Naruto, Marsha dan yang lainnya banyak dipajang di pinggir jalan sekitar Alun-Alun Utara Kraton Yogyakarta.

Karakter-karakter kartun memang banyak diminati sebagian besar anak-anak. Lampion-lampion ini menjadi aksesoris favorit yang harus dibawa saat takbir keliling. Jadi pengen liat takbir keliling, tapi sayang saya masuk shift jaga malam di kantor pas malam takbir. NelangsaHiks.

Jasa Penukaran Uang Baru

Bisnis Musiman "Jasa Penukaran Uang Baru" | adipraa.com
Bisnis Musiman "Jasa Penukaran Uang Baru"
Ada lagi nih, bisnis yang lain daripada lainnya. Uang kok diplastik dan dipajang berjajaran, mulai dari dua ribuan hingga dua puluh ribuan.

Yap, jasa penukaran uang baru juga menjadi salah satu bisnis musiman yang muncul jelang lebaran. Di Yogyakarta, bisnis ini menjamur di sepanjang jalan depan Obyek Wisata Taman Pintar, mulai dari timur hingga barat. Tak sedikit konsumen yang menukarkan uang baru disana untuk digunakan sebagai "angpao" saat momen lebaran.
Baca juga : Arung Jeram Di Sungai Progo Bersama Arus Progo Rafting
Itulah bisnis musiman yang muncul jelang lebaran. Sebenarnya masih banyak bisnis lainnya, namun menurut saya beberapa bisnis tersebut di atas paling menjamur. Yuk, share bisnis musiman yang muncul di kotamu jelang lebaran. Tapi jangan petasan alias mercon yak, itu berbahaya. By the way, follow blog ini ya. Thanks.
Previous Post
Next Post
Related Posts

15 comments:

  1. Bisnis kartu lebaran mulai marak lagi nih :D Di tengah era kirim-kirim pesan lewat WA, kartu lebaran jadi lebih berkesan gitu deh

    ReplyDelete
  2. Jelang lebaran rizki melimpah. Hehe

    ReplyDelete
  3. tidak ada yang salah jika kemudian lebaran disebut hari penuh berkah, soalnya ternyata banyak bermunculan bisnis musiman yang bisa jadi tambahan penghasilan keluarga.
    sipmirkisip mang artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maturnuwun mang lembu. Sipmirkisip...

      Delete
  4. Kalau yang penukaran uang itu apakah saat menukar nominalnya sama atau lebih gitu ya,hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih mas, kyknya sekitar 10% dari nominal yg ditukarkan. Kalo saya pribadi, saya tidak akan menukarkan disitu karena riba, haram hukumnya. Artikel ini hanya mengulas bisnis yg muncul musiman saja mas Andrie.

      Delete
  5. Untuk jasa penukaran uang itu banyak memang. Tadinya tertarik nukarin uang juga, begitu tahu lebih, saya milih nukarin ke warung tradisional terdekat deh. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 👍 Mbak Khulatul Mubarokah pancen oye!

      Delete
  6. selain 4 bisnis diatas yang tidak kalah ngetrennya adalah bisnis parcel dan kartu ucapan idul fitri. Tapi diantara semuanya jasa penukaran uang paling laris manis tuh.

    ReplyDelete
  7. Kirain jasa penukaran uang cuma ada di Jakarta aje bang, ternyata di luar Jakarta banyak juga ya... Ada lagi bang, bisnis parcel, kartu lebaran,

    ReplyDelete
  8. Lebaran memang selalu penuh berkah ya. Rezeki darimana saja. Dan bisnis seperti ini selalu berhasil ya. Apalagi kalau bisnis baju.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baju baru, alhamdulillah, dipakai di hari raya... *malah nyanyi*

      Delete
  9. nah kalo ketupat aman mas... hehe kalo yg uang baru itu hehe kudu diwaspadai hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, betul sekali. Kudu diwaspadai hukumnya dalam agama. Berat....

      Delete