Tuesday, June 27, 2017

Cerita Lebaran: Sholat di Masjid Agung Manunggal Bantul

Adipraa.com – Momen lebaran memang sangat istimewa. Pasalnya bisa mendekatkan yang jauh. Ya, silaturahmi memang menjadi tradisi yang paling ditunggu saat lebaran tiba. Saya pun bersyukur dapat berkunjung ke rumah simbah dan bertemu sanak saudara di Bantul.

Waktu itu, adzan maghrib pun berkumandang. Posisi saya dan keluarga masih dalam perjalanan pulang selepas “ujung” ke rumah simbah yang berada tak jauh dari pesisir pantai Samas, Bantul. Perjalanan kami pun masih lumayan jauh. So, berhenti sejenak untuk mendirikan sholat menjadi pilihan terbaik. Akhirnya kami pun sholat maghrib di Masjid Agung Manunggal Bantul. Kebetulan perjalanan kami melewati masjid ini. 
Area Parkir Kendaraan Roda Empat Masjid Agung Manunggal Bantul | adipraa.com
Area Parkir Kendaraan Roda Empat Masjid Agung Manunggal Bantul
Masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Bantul ini sangat luas dan banyak pohon-pohon besar yang membuat suasana sekitar tampak sejuk dan rindang. Berlokasinya di pusat kota Bantul, tepatnya di Jalan Jendral Sudirman No. 1 Bantul. Halaman parkirnya juga luas, guys! Mampu menampung kendaraan dengan kapasitas banyak. 
Tempat Wudhu Pria Masjid Agung Manunggal Bantul
Untuk tempat wudhu antara pria dan wanita terpisah namun masih dalam satu lokasi yang sama yaitu berada di sisi selatan masjid. Saat memasuki tempat wudhu kita akan melewati kolam air untuk membasuh kaki.
Tiang Penyangga (saka) Masjid Agung Manunggal Bantul | adipraa.com
Tiang Penyangga (saka) Masjid Agung Manunggal Bantul
Masjid ini bangunannya sangat unik, arsitekturnya bergaya jawa dengan atap (mustaka) berbentuk Joglo. Sayangnya saya tidak sempat mendokumentasikan wujud atapnya dari luar masjid karena waktu itu sudah gelap.

Pilar-pilar atau tiang penyangga baik di bangunan utama masjid maupun di serambinya cukup besar. Pun demikian dengan yang ada di tengah masjid ini, terdapat empat tiang penyangga (saka) besar yang berlapis kayu jati ukir. 
Area Imam Masjid Agung Manunggal Bantul | adipraa.com
Area Mimbar Masjid Agung Manunggal Bantul
Serambi Masjid Agung Manunggal Bantul, Tampak Pintu Utama Masjid berbentuk Gunungan Wayang | adipraa.com
Serambi Masjid Agung Manunggal Bantul, Tampak Pintu Utama Masjid berbentuk Gunungan Wayang
View mimbar masjidnya pun tampak istimewa dengan adanya suatu ruang khusus untuk imam sholat yang bentuknya seperti gunungan wayang. Serupa dengan pintu masuk masjid yang juga berbentuk seperti gunungan wayang. Sangat kental dengan gaya jawanya ya, guys!
Baca juga : Arung Jeram Di Sungai Progo Bersama Arus Progo Rafting
Banyak pengunjung yang datang ke masjid ini untuk istirahat dan juga mendirikan sholat di Masjid Agung Manunggal Bantul. Alhamdulillah, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H!
“Tempat yang paling dicintai Allah adalah masjid-masjidnya dan yang paling dibenci Allah adalah pasar-pasarnya.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah)
Previous Post
Next Post
Related Posts

8 comments:

  1. Iya ya, unik bangunannya - punya rasa seni yang luar biasa tuh arsiteknya - jadi pengen ke Bantul utk sholat di Masjid Agung Manunggal :)

    ReplyDelete
  2. Masjid2 lama di cirebon jg bentuknya kayak gini..banyak tiang2 di dalemnya..joglo ya namanya

    ReplyDelete
  3. Luass banget masjidnyaa mas yaa :D ornamen masjidnya juga penuh kayu jati :D menambah kesan jawa bangeet hehehe

    ReplyDelete
  4. semoga kita makin mecintai masjid mas Adi amiin dan bisa terus memakmurkannya aamiin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin ya rabbal alamin. Makasih mas Angki.

      Delete
  5. Pasti ada sejarah kenapa dinamakan masjid manunggal ya Mas Adi???

    ReplyDelete
  6. Minal aidin walfaizin... Blm trlambat kan bang :-)

    ReplyDelete