Kamis, 19 Oktober 2017

Mengganti Kartu ATM BNI Yang Rusak

adipraa.com - Heyhoy gaes! Pernahkah Kartu Automatic Teller Machine (ATM) kalian mengalami kerusakan? Ga bisa dipakai gitu. Kartu ATM BNI saya rusak nih. Waktu itu saya hendak setor uang melalui ATM Setoran di BNI Kantor Cabang Utama UGM yang beralamat di Jalan Kaliurang KM. 4 Bulaksumur blok H no. 4 Jogja.
Walah, kok mbaret! | adipraa.com
Walah, kok mbaret!
Ketika kartu ATM saya masukkan ke mesinnya, lah kok malah muncul notifikasi "Kartu ATM Tidak Terdaftar" dan kartunya keluar sendiri. Sampai dua kali saya coba memasukkan kartunya. Setelah saya cek kondisi kartunya, ternyata eh ternyata pada bagian pita hitam atau magnetic stripe ada goresan panjang. Walah, kok mbaret! Pantesan kartu ATM BNI-nya tidak terbaca di mesinnya.
BNI Kantor Cabang UGM Yogyakarta | adipraa.com
BNI Kantor Cabang UGM Yogyakarta
Siang itu (18/10), kulihat waktu masih menunjukkan jam setengah dua siang. Mumpung posisi ATM dekat dengan kantor Banknya, saya pun memutuskan untuk mengganti Kartu ATM BNI yang rusak. Daripada tidak bisa dipakai. 
Antrian Customer Service BNI | adipraa.com
Antrian Customer Service BNI

Memasuki kantor BNI Cabang Utama UGM Yogyakarta, saya diarahkan oleh satpam untuk mengambil nomor antrian. Untuk penggantian kartu ATM dilayani di bagian Customer Service (CS). 

Setelah menunggu 2 (dua) antrian, tibalah giliran saya nomor D032 dipanggil. Di meja Customer Service, usai mengutarakan maksud untuk mengganti kartu ATM BNI yang rusak, saya diminta untuk menunjukkan beberapa persyaratan. Apa saja yang dibutuhkan? Syarat-syaratnya adalah Buku Tabungan, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu ATM BNI yang rusak. Saya juga diberikan beberapa pertanyaan keamanan oleh petugas CS seperti nomor telepon, nama ibu kandung dan tempat kerja untuk memastikan kebenaran pemilik rekening.  

Berikutnya saya diminta untuk mengisi formulir permohonan penggantian kartu ATM BNI. Data yang diisi adalah nomor rekening, identitas diri, nama ibu kandung dan data lainnya yang diperlukan. Setelah formulir terisi dan ditandatangani, prosesnya tak butuh waktu lama hingga akhirnya kartu ATM baru diberikan. Saya juga upgrade Kartu ATM BNI yang baru dari Silver ke Gold dan minta untuk kartu ATM-nya diberi nama sekalian.
Kartu ATM BNI Gold | adipraa.com
Kartu ATM BNI Gold
Kartu ATM BNI Gold debit baru berwarna kuning yang telah diaktifkan pun sudah ditangan. Untuk biaya penggantian Kartu ATM-nya sebesar Rp. 20.000,-. Biaya tersebut dapat dibayar secara cash atau bisa juga melalui penarikan saldo rekening tabungan.
Nyantai dan baca artikel lainnya disini: Membatalkan Tiket Kereta Di Stasiun Yogyakarta
Secara umum, prosedur penggantian Kartu ATM yang rusak di bank lain pun tidak jauh beda. Tinggal datang saja ke kantor Bank terdekat dengan membawa persyaratannya. Akhirnya urusan mengganti Kartu ATM BNI Yang Rusak kelar. Okey, its time to get lunch! Yuk makan bakso. FIN
Previous Post
Next Post
Related Posts

14 komentar:

  1. mirip mas saya juga pernah mengganti kartu ATM..bukan rusak sih, tp karena habis masa berlakunya..hihihi..
    cukup ribet iya sih karena harus pake KTP dan buku tabungan jg..tp mungkin karena alasan keamanan juga sih...untung saja semua syaratnya ada..hihi

    BalasHapus
  2. kalo saya pengguna kartu ATM lain, mas. sayang kalo kartu yg kita miliki harus rusak karena kecerobohan yg kita buat, kalo sampai gini malah bisa malu deh.

    misal mau ambil uang, di belakan kita ngatri banyak org, terus kartu atm kita malah ngalami kasus yg disebutkan di atas. haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngapain musti malu, lagian itu bukan atas dasar kecerobohan kok. So, take it easy...

      Hapus
  3. keren amat gold-gold-an fancy gitu ya, kek kartu kredit wkwkwk

    BalasHapus
  4. Yang gold bagus juga ya mas...punya saya silver dan punya suami orange...sprtinya ATM BNI skrg lebih rame ketimbang ATM lainnya mungkin nasabahnya bertambah....

    BalasHapus
  5. Aku belum pernah kalo ganti karena rusak, yang sering karna kartu hilang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aku juga belum pernah kalo ganti atm rusak
      seringan mah hilang

      Hapus
    2. Kalau Kartu ATM hilang syaratnya ditambah Surat Keterangan Kehilangan dari pihak Kepolisian. Alhamdulillah saya blm pernah kehilangan mas Adi Stia, Mbak Anis. Thanks for coming here.

      Hapus
    3. Kalo mengaku kartunya hilang, repot harus bikin surat keterangan hilang di polsek. Lebih gampang ngaku kartunya tertelan mesin atm. Nggak perlu urusan dg polisi, cukup datang ke bank bawa ktp dan buku tabungan.

      Hapus
    4. Wah, dicatat malaikat sebagai amal buruk nih. Peace!

      Hapus
  6. Waw jadi yang gold. Itu yang ada namanya bisa langsung jadi ya kalau di kantor cabang utama? Nggak perlu nunggu seminggu gitu? Hihi

    BalasHapus
  7. gak terlalu mahal ya biayanya. yang penting bisa kembali aktif seperti dulu deh

    BalasHapus
  8. Informasi yang sangat berguna sekali ini. 😊👍

    BalasHapus