Jumat, 27 Oktober 2017

Enjoy Mural Jogja: Persatuan Sepakbola Indonesia Mataram (PSIM) Yogyakarta

adipraa.com - Keberlangsungan hidup seni mural di Yogyakarta memang sangat mendapatkan perhatian. Daripada menjadi sasaran graffiti liar atau biasa disebut aksi vandalisme yang kebanyakan tidak memperhatikan nilai keindahan, lebih baik dinding-dinding kosong yang tidak terpakai dijadikan mural dengan gambar-gambar tematik yang enak dipandang.

Selain membangun keindahan kota, mural dengan gambar tematik juga mampu menciptakan komunikasi secara visual untuk menunjukkan "eksistensi" dari sebuah fanatisme. Contoh konkritnya adalah mural persembahan dari suporter klub sepakbola. Salah satu mural yang menjamur di Kota Yogyakarta adalah mural bertemakan Persatuan Sepakbola Indonesia Mataram (PSIM) Yogyakarta.

Mural-mural tim kebanggaan kawula Mataram ini marak ditemukan di dinding-dinding kota Jogja. Dalam Enjoy Mural Jogja kali ini, ijinkan saya merangkum beberapa mural bertemakan sepakbola, khususnya klub PSIM Yogyakarta.
Logo PSIM Jogja | adipraa.com
Logo PSIM Jogja

Ngomongin PSIM Yogyakarta, mural yang paling banyak ditemui adalah logonya. Logo dengan gambar Tugu di tengah-tengah sayap ini menjadi identitas penting dari eksistensi PSIM Yogyakarta.

Salah satu mural Logo PSIM Jogja di atas, saya temukan di pertigaan Jalan Kusumanegara, dekat dengan Taman Makam Pahlawan Yogyakarta. Logo tersebut menghiasi sebuah dinding panjang bersama gambar lainnya seperti karakter Punakawan memakai kostum Jersey PSIM warna biru dan ada pula tulisan besar "Janji Setia Mataram". Persis di sebelah logo klub sepakbola kebanggaan Kota Yogyakarta ini terdapat gambar sepucuk surat bertuliskan, "Janji tuk setia. Slalu Menemani. Apapun Nantinya. Takkan kusesali". Nice.
PSIM 2016 | adipraa.com
PSIM 2016

Lanjut ya gaes! Mural bertemakan "PSIM 2016" di atas merupakan wujud apresiasi dari Pandemen PSIM terhadap perjuangan PSIM di ISC B tahun 2016 lalu. Lokasinya muralnya dimana? Gambar squad lengkap PSIM tahun 2016 beserta official tim ini mejeng di bawah Fly Over Lempuyangan sisi Selatan.
AYDK | adipraa.com
AYDK

Mural PSIM Jogja selanjutnya, adalah gambar dari beberapa pemain PSIM yang terlihat sedang melakukan selebrasi setelah mencetak gol. Disampingnya terdapat tulisan berwarna hitam "AYDK". Mural ini saya temukan di Jalan Hayam Wuruk, Lempuyangan, Yogyakarta.
Duduk tenang dan baca artikel tentang mural lainnya disini: Enjoy Mural Jogja: Karakter Animasi Kartun
Romantisme antara suporter sepakbola dengan klub yang didukungnya dapat dilihat dari lagu yang diciptakan dan dinyanyikan bersama saat mendukung klubnya berlaga. Seperti klub-klub sepakbola lainnya, PSIM Yogyakarta juga punya beberapa anthem song. Salah satu lagu yang easy listening yaitu "AYDK". Apa itu AYDK? Para supporter PSIM Yogyakarta yang dikenal dengan nama Brajamusti (Brayat Jogja Mataram Utama Sejati) pasti hafal lirik lagu satu ini. AYDK merupakan singkatan dari "Aku Yakin Dengan Kamu".
Super Gajah Jawa | adipraa.com
Super Gajah Jawa

Menengok kembali mural yang pernah saya ulas di Enjoy Mural Jogja edisi Kewan, mural gambar gajah yang sedang menunggangi mainan kuda-kudaan ini juga bertemakan sepakbola lho gaes! Mural cute ini merupakan bentuk sindiran terhadap kasus Sepak Bola Gajah. Kamu bisa melihat mural ini di tembok pagar SD Tukangan Yogyakarta.

This is it, Enjoy Mural Jogja: Persatuan Sepakbola Indonesia Mataram (PSIM) Yogyakarta. Thanks for coming here! Be With You Everytime. Enjoy it, yolo!
Previous Post
Next Post
Related Posts

15 komentar:

  1. Di Jogja muralnya bersih ya. Kadang, di kota lain, tembokya sudah dihiasi mural pun masih ada yang melakukan vandalisme.

    Waah AYDK, singkatan yang menarik

    BalasHapus
  2. Daripada corat-coret gak jelas, mending sekalian mural ya mas..indah

    BalasHapus
  3. Yogja memang orang-orang nya kreatif
    kapan bisa main kesana
    muralnya terlihat rapih dan enak di pandang
    salam kenal mas, baru perdana mampir di blog sampean

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Mas Adi Stia Utama S. Thanks for coming here

      Hapus
  4. Pengen nih main kesana.. biar bisa liat murah gajahnya lucu2 sekali ya.. btw salam blogger mas..

    BalasHapus
  5. Muralnya keren" nih, jd pengen ke jogja lagi.

    BalasHapus
  6. dulu aku pernah ke jogja cuma buat liat Arema lawan PSIM ini pas SD dan berakhir dengan bentrokan hiks
    tapi yg penting muralnya bagus2
    klo di SD Tukangan aku belum pernah liat, jarang ngebolang smpe sana
    cuma tau di Kridosono, juga bagus2

    BalasHapus
  7. Whuaa jadi pengen ke jogja, bawa anak pasti seneng banget..

    BalasHapus
  8. fans sejati ini yang bikin mural-nya ya, kebanggaan orang Jogja PSIM.. sayangnya saya udah lama ga ngikutin perkembangan liga indonesia, jadi ga tau nama-nama pemainnya T.T

    BalasHapus
  9. Wah mantab ya mas! terus eksis... makin bangga deh sama orang-orang jogja!

    BalasHapus
  10. asikasikjoss. menyukai sepakbola dengan mural. asik bener. seni dan demen bola diolah bersama. salam. ayahbloggerdotcom

    BalasHapus
  11. Gambar muralnya keren2, hanya orang yang kreatif dan punya jiwa seni yang tinggi yang bisa bikin gambar kayak gitu.

    BalasHapus
  12. Sleman, Jogja, Bantul full mural, ahahaha...

    Di Indonesia, meski mural bagi sebagian orang dirasa bagus dan menyenangkan, tetapi tetap saja dianggap ilegal. Sedang di luar sana, sudah ada "space" yang membuat mural dihargai tinggi.

    Salam dari sedulur lor :D

    BalasHapus