Sunday, 26 November 2017

Berburu Durian di Perbatasan DIY-Jateng

adipraa.com - "Pengen maem duren nih!" pinta istri saya. Sebenarnya sudah sejak beberapa hari lalu dia ingin menikmati buah berduri dengan bau harum khas yang menyengat tersebut. Liburan kali ini (26/11), saya siap mengantar istri berburu durian. Target lokasi telah disepakati bersama yaitu di Perbatasan DIY-Jateng, tepatnya di Kecamatan Kaligesing, Purworejo. 

Berangkat dari rumah sekitar jam setengah lima sore, saya lajukan si motu ireng (baca: Mobil Kutu Hitam) membawa serta anak-bojo plus Tante Sita sebagai penunjuk jalan. Dari perempatan Kenteng Kulon Progo, kami meluncur ke arah barat mengikuti rute Jalan Raya Kaligesing. 

Saya sudah siap tancap gas menghadapi medan jalan yang lumayan bikin deg-degan, karena rute jalan yang akan dilalui berada di area perbukitan. Tanjakannya itu lho gaes! Tinggi. Anak lanang sampai ketakutan di dalam mobil, khawatir mobilnya gak kuat naik. Beberapa kali meminta saya untuk putar balik dan pulang saja. Namun karena sudah memantapkan hati berburu durian, jadi harus bisa dilalui. Bismillah...

Berhubung si motu ireng masih menggunakan persneling manual. Tipsnya, saat melalui jalanan dengan tanjakan yang kira-kira kemiringannya curam sebaiknya kendarai mobil dengan memposisikan perseneling pada gigi satu saja dan berhati-hati.
Swafoto di Jalan Raya Kaligesing | adipraa.com
Swafoto di Jalan Raya Kaligesing

Sebelumnya, kami swafoto dahulu di tengah perjalanan. Pemandangannya sangat mempesona, yaitu bentangan sawah nan hijau. Dari kejauhan tampak Perbukitan Menoreh yang dihiasi dengan kabut-kabut putih. Ditambah dengan kondisi jalan yang basah setelah diguyur hujan, menambah syahdu suasana kala itu.
Bentangan sawah di pinggir jalan | adipraa.com
Bentangan sawah di pinggir jalan

Rute perjalanan yang saya lalui memang banyak menyuguhkan pemandangan alam yang menyejukkan mata. Setelah melalui jalan tanjakan di perbukitan misalnya, view pemandangan dari atas bukit juga tak kalah indah. Namun sayang, saya tidak sempat berhenti dan mengabadikannya karena hari semakin gelap dan target perburuan belum di tangan.

Rute perjalanan yang dilalui juga melewati beberapa spot objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, diantaranya ada Wisata Alam Kembang Tebu, Gunun Lanang, Goa Kiskendo dan Ayunan Langit. Karena tujuan saya adalah berburu durian, jadi dilewati dulu aja yak!
Batas Daerah Kerja DIY-Jateng | adipraa.com
Batas Daerah Kerja DIY-Jateng

Hari semakin larut, perjalanan kami berhenti di dekat Pasar Tradisional Cublak yang lokasinya berada di perbatasan DIY-Jateng.
Si Motu Ireng parkir di dekat Hutan Pinus | adipraa.com
Si Motu Ireng parkir di dekat Hutan Pinus

Di lokasi ini, akhirnya kami menemukan durian yang menjadi target perburuan. Saya parkirkan si motu ireng di dekat hutan pinus. Bergegas saya dan istri turun dari mobil untuk memilih durian sementara anak lanang dan tantenya menunggu di dalam mobil.
Pilih-pilih durian | adipraa.com
Pilih-pilih durian

Di wilayah Kaligesing memang banyak durian yang dijual, karena daerah ini merupakan salah satu sentra budidaya buah durian di Purworejo. Apalagi di akhir tahun, dimana musim panen tiba, waktu yang tepat untuk berburu durian. Di sepanjang jalan raya Kaligesing akan mudah menemukan deretan penjaja durian baik itu petani langsung atau pengepul buah.
Get the other fun taste here: Menikmati Sayur Kalakan Dan Cemoe Di Kampoeng Nelayan Resto
Harga yang ditawarkan mulai dari lima belas ribuan, tergantung kualitasnya. Harganya cukup terjangkau bila dibandingkan dengan penjual di kota atau daerah yang jauh dari petani langsung. Yang penting, dibutuhkan skill memilih durian dengan kualitas baik dan juga tawar-menawar harga. Untuk urusan ini, saya percayakan pada istri.
Siap pesta durian gaes! | adipraa.com
Siap pesta durian gaes!

Akhirnya, kelar sudah Berburu Durian di Perbatasan DIY-Jateng. Tepatnya di Wilayah Kaligesing. Siap untuk pesta durian gaes! Buat sahabat yang ingin berburu durian, meluncur saja ke Kaligesing. Oke, saatnya turun gunung. FIN.
Previous Post
Next Post
Related Posts

21 comments:

  1. Wow ...duren
    mantap om ...di banyuwangi ada festival duren rp.50 ewu sak puase..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak tuh, bisa makan sepuasnya. Makasih infonya Gus Bolang, kalo ada waktu luang bisa jadi destinasi perburuan selanjutnya.

      Delete
  2. whoaaa mupeng dah pengen duren...

    Di Sumbar jg banyak sih duren tapi kayanya sekarang lagi enggak musim..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  3. wah jauh2 banget belinya ya, tapi gak nyesel ya kalau durianya manis banget

    ReplyDelete
  4. Durian khas Kaligesing memang mantaps ya, Mas...

    ReplyDelete
  5. Kangeeenn... pengen cepet pulkam akhir tahun nih makan duren Kaligesing.. emang maknyuss

    ReplyDelete
  6. Kalo di jakarta harga 15k itu yang gak manis ato bisa di sebut yg sia BS la..jdi kepengen durian

    ReplyDelete
  7. wohhh ngiler sama durennya. Kalau harganya dari lima belas ribuan ya murah banget... salam. ayahbloggerdotcom

    ReplyDelete
  8. Mantaaaapppp...
    Di dekat daerah saya Majalengka Sabtu - Ahad besok ada festival durian gan. HTM 50k bisa makan sepuasnya.

    ReplyDelete
  9. asyik banget mas. itu pemandangan di sawah bikin adem mata memandang. hehe...

    ReplyDelete
  10. kalo lagi musim panen duren kyak gini banyak yg bertebran di pinggir jalan. lumayan bisa nambah untung, mas kalo lagi musim gini.

    ReplyDelete
  11. Serius berburu duriannya pe sejauh itu? hehe. ini udah musim durian tapi saya belum makan durian euy

    ReplyDelete
  12. Mas, aku lihat foto - foto ini jadi inget sama kampung eyang di Muntilan. Mirip kayak itu. Ada sawah, adem, ijo, background gunung ... Kangen banget

    ReplyDelete
  13. ENAK KALI MAS DURIAN, TEMPAT SAYA MAHAL-MAHAL HARGANYA

    ReplyDelete
  14. Loh sudah berkeluarga ternyata mas adi :D
    Iya nih dimana-mana lagi musim duren. Dan aku belum sempet nyincip :/

    ReplyDelete
  15. Saya lebih suka duren lokal kayak gini daripada duren montong

    ReplyDelete
  16. temen saya lagi penelitian di kaligesing mas mau mengembangkan agrowisata kaligesing, destinasi yang harus disamperin nih kalo ke jogja mampir kaligesing nyobain durennya yang endees juga

    ReplyDelete
  17. Bisa milih durian ga mas? Atau dipilihin penjualnya?

    ReplyDelete