Thursday, 16 November 2017

Sajian Musik Jawa di Goa Tabuhan Pacitan

adipraa.com - Satu lagi destinasi wisata yang memberikan sensasi berbeda saat berada di Pacitan. Kota Seribu Satu Goa, sebagaimana sebutan itu dikenal melekat pada salah satu kabupaten yang secara administratif masuk dalam wilayah Jawa Timur. Jadi, sangat disayangkan kalau plesiran ke Pacitan tidak berkunjung ke goa. Dari sekian banyak goa yang ada, Goa Tabuhan punya daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Apa daya tariknya? Yakni sajian musik jawa di Goa Tabuhan Pacitan
Goa Tabuhan | adipraa.com
Goa Tabuhan

Goa Tabuhan terletak di Dusun Tabuhan Desa Wareng, Kec. Punung, Kab. Pacitan, Jawa Timur. Namanya mungkin kalah femes dari Goa Gong, namun keindahannya bisa dikatakan memiliki potensi yang luar biasa menarik. Goa alami yang dihiasi beragam bentuk bebatuan stalagmit dan stalagtit
Anak Tangga Menuju Goa Tabuhan | adipraa.com
Anak Tangga Menuju Goa Tabuhan

Jumlah stalagmit stalagtit di Goa Tabuhan cukup banyak, panjangnya mencapai rata-rata lima sampai tujuh meter dengan diameter setengah sampai satu meter. Istimewanya, diantara bebatuan stalagmit stalagtit tersebut apabila dipukul dapat mengeluar bunyi-bunyian.
Stalagmit dan Stalagtit yang menghiasi Goa Tabuhan | adipraa.com
Stalagmit dan Stalagtit yang menghiasi Goa Tabuhan

Awalnya Goa Tabuhan dikenal dengan nama Goa Tapan, karena dulunya goa ini digunakan untuk bertapa atau semedi para kesatria untuk meningkatkan kesaktian ilmunya. Nama Goa Tabuhan sendiri baru dikenal pada tahun 1936.
Petilasan Ruang Meditasi di dalam Goa Tabuhan | adipraa.com
Petilasan Ruang Meditasi di dalam Goa Tabuhan 
Jika ditelusuri ke dalam goa, terdapat sebuah jalan kecil buntu yang dipercaya merupakan petilasan dari Sentot Prawirodirjo, seorang panglima di era Perang Diponegoro saat melakukan meditasi. Sejarahnya, Goa Tabuhan digunakan para Kesatria Mangkunegaran untuk mempertebal kesaktian ilmunya melalui laku tapa dalam perjuangannya melawan kompeni yang pada saat itu menjajah dengan menunggangi dan mempengaruhi Sunan Surakarta.

Goa Tabuhan menjadi basis pertahanan dan daerah evaluasi untuk konsolidasi kekuatan bala tentara perjuangan dari Raden Mas Sahid Samber Nyowo yang mendapat dukungan dari Raden Banteng Wareng. Goa Tabuhan banyak berperan dalam mencetak ksatria patriotik anti penjajah melalui perang diantaranya Perang Diponegoro sampai Perang Kemerdekaan Republik Indonesia. Beberapa informasi sejarah masa lalu ini saya dapatkan dari buku yang berjudul "Goa Tabuhan, Obyek Wisata Potensial di Kab. Pacitan". Buku ini saya dapatkan dari pedagang yang menjualnya seharga lima ribu rupiah di depan mulut goa. Isinya menguak sejarah dan misteri Goa Tabuhan.
Suasana di dalam Goa Tabuhan | adipraa.com
Suasana di dalam Goa Tabuhan
Menelusuri Goa Tabuhan, objek wisata alam satu ini kondisinya gelap dan minim penerangan. Namun jangan khawatir, pengunjung dapat menikmati wisata goa ini dengan penerangan lampu senter yang dapat disewa dengan biaya lima ribu rupiah. Banyak warga setempat yang menawarkan senter di depan mulut goa.

Suguhan yang menjadi menu utama saat  mengunjungi objek wisata alam Goa Tabuhan adalah pertunjukan musik jawanya. Pertunjukan ini terbilang unik, karena suara musik yang dimainkan merupakan hasil perpaduan batu-batu stalagmit stalagtit yang dipukul secara berirama sehingga menghasilkan suara mirip musik gamelan yang enak didengar.
Jika berkenan, baca juga cerita tentang Pesona Alam Pacitan lainnya disini: Berlarian Kesana-Kemari Di Pantai Teleng Ria Pacitan
Satu paket gending campursari mempersembahkan 5 buah lagu yang musiknya didapatkan dari suara pukulan batu di dalam Goa Tabuhan, biayanya sebesar Rp. 150.000,-. Ada 8 orang yang memainkan peran masing-masing, 1 orang penabuh kendang, 3 orang sinden, dan 4 orang pemukul stalagmit stalagtit. Simak video berikut ini:



Pertunjukan yang mengagumkan ya gaes! Itulah Sajian Musik Jawa di Goa Tabuhan Pacitan yang dapat dinikmati. Indahnya Goa Tabuhan, nuansa alami dengan ornamen dan bentuk goa ciptaan Tuhan yang menarik untuk dikunjungi. Selayaknya kita mensyukuri dengan melestarikan alam dan tidak berbuat kerusakan di muka bumi. Atine resik, tumindak becik, uripe bakal apikMaturnuwun.
Previous Post
Next Post
Related Posts

22 comments:

  1. Keren banget..tapi kayaknya serem ya..gk berani ke situ sendiri..
    Tiketny murah lg..

    ReplyDelete
  2. wih keren bisa liat stalagmit langsung..
    emm.. tapi jauh ya dr jakarta.. hehehe

    ReplyDelete
  3. keren klo liat gua,
    apalagi stalagtit dan stalagmitnya
    sayang aku klaustrophobia, hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dont worry be happy, lawan dengan menghadirkan pikiran positif. Semangaaat mas Ikrom Zayn!

      Delete
  4. hal yang aku baru tahu tentang pacitan itu adalah hasil batu alamnya yang bagus banget.

    ReplyDelete
  5. ikut penasaran dengan sajian musik jawanya. jadi pengen ke sana deh

    ReplyDelete
  6. Dulu pas kesana cuma masuk gua bentar, nggak sempet liat pertunjukan musiknya, padahal unik ya.

    ReplyDelete
  7. Goanya serem yak...
    Tapi ini tempat bagus nih.
    Ada kelelawarnya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serem kayak di pelem2 Mak Lampir gitu mbak. hehehe

      Delete
  8. Indonesia itu memang bener2 syurga dunia nya para traveler
    tempat beragam wisata alam ada

    ReplyDelete
  9. Goanya mirip dgn punya vietnam kan yaa, 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah ke pietnam, jadi g tau mirip atau tidak mas Idris Hasibuan.

      Delete
  10. Kalau tempatnya indah pasti sy kesini

    ReplyDelete
  11. postingannya fotonya bagus semoga banyak yang berkunjung nantinya, jadinya jasa sewa senter ketiban berkahnya he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin ya rabbal alamin. Makasih doanya mas Agus Supriyono. :)

      Delete
  12. Aku penasaran dengan goa-goa di Pacitan ini. Bener deh, masih alami. Pernah baca, katanya goa yang paling bagus ada di Pacitan.

    ReplyDelete
  13. wih goa nya keren banget, tapi kok rada ngeri ya baca stalaktit dan stalagmit yang dipukul2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak sembarang orang boleh mukul mbak Agi, hanya petugas goa yg boleh mukul. Dan yg dipukul batu tertentu saja. Thanks for coming here...

      Delete
  14. Saya belum pernah jalan jalan ke Gua semacam Gua Tabuhan...sensasinya tentu luar biasa berada diantara stalagtit nd stalagmit

    ReplyDelete
  15. Pengalaman ke Pacitan cuma mampir di Goa Gong, itupun wes suwi banget mas.

    ReplyDelete
  16. memang terlihat alami, mas. goa tabuhan ini sangat natural. kayaknya kalo turun hujan kalo berteduh sama mbak-mbak bakalan syahdu banget ini. mantap.

    oiya, namanya goa tabuhan. kalo dalam bhs jawa berarti tabuhan itu kaya membunyikan gendhan gitu yak?

    ReplyDelete
  17. paacitan wisatanya emang keren banget, cuma jauh banget kalo dari kobar tempat saya tinggal, pernah kesana kepantainya itu bagus banget.. touring sama temen temen, pernah denger juga soal goa ini,

    ReplyDelete