Thursday, 30 November 2017

So Good Cerdik untuk cerita anak sebelum tidur

So Good Cerdik untuk Cerita Anak Sebelum Tidur | adipraa.com
So Good Cerdik untuk Cerita Anak Sebelum Tidur

adipraa.com - Bed Time Stories atau bercerita sebelum tidur adalah salah satu cara saya memanfaatkan waktu luang bersama anak lanang. Sudah menjadi kebiasaan di waktu istirahat malamnya, anak saya sering meminta untuk dibacakan buku cerita sebelum tidur. Meski kini anak lanang sudah bisa membaca, namun kadang masih minta untuk dibacakan buku cerita. It's a best bonding time!

Secara konsisten, banyak manfaat yang didapat untuk anak ketika sering dibacakan cerita sebelum tidur. Pertama, imajinasi anak akan berkembang dengan baik. Dengan mendengarkan cerita, anak akan membayangkan dan menggambarkan cerita tersebut dalam benak mereka. Apalagi mendengar cerita menjelang tidur, dimana otak kita dalam keadaan santai. Imajinasinya akan terproses lebih baik lagi.

Manfaat lain yang tak kalah penting dari bed time stories adalah membangun kedekatan antara orang tua dan anak. Ya, membacakan cerita sebelum tidur merupakan usaha yang saya lakukan agar anak lanang tetap merasa dekat dengan orang tuanya yang tidak setiap saat bisa menemaninya.

Anyway, beberapa hari lalu, ada yang membuat saya penasaran saat menemani istri berbelanja kebutuhan sehari-hari. Saya melihat di keranjang belanja ada kemasan Chicken Stick merek So Good yang bertanda khusus.
Kemasan Chicken Stick So Good bertanda khusus | adipraa.com
Kemasan Chicken Stick So Good bertanda khusus

"Itu apa, Nda? Kok ada stiker merah putihnya." tanya saya kepada istri. Saya melihat ada stiker bertuliskan "CERDIK" menempel di produk makanan cepat saji So Good naget ayam berbentuk stik kemasan 400 gram tersebut.

"Owh, itu ada hadiahnya, Yah! Buku cerita tiga dimensi gitu," jelas istri saya. "Lumayan nanti bisa dimainkan bareng kakak sebelum tidur." tambahnya.

Di era teknologi yang kian canggih seperti saat ini, ternyata buku cerita anak juga dapat dihadirkan dalam bentuk aplikasi android yang menggunakan sistem augmented reality (AR). Salah satunya adalah aplikasi So Good Cerdik, Cerdik sendiri merupakan singkatan dari Cerita Digital Interaktif. Layaknya aplikasi AR pada umumnya, aplikasi dari So Good ini memanfaatkan kamera smartphone untuk dapat dimainkan.
Hadiah Frame dan Kartu So Good Cerdik | adipraa.com
Hadiah Frame dan Kartu So Good Cerdik

Sesampainya di rumah, saya langsung mengajak anak lanang untuk membuka kemasan Chicken Stick So Good yang dibeli bundanya. Di dalamnya terdapat bungkusan plastik yang berisi frame seperti bentuk buku berwarna hijau dan merah muda serta sebuah kartu So Good Cerdik.
Frame dan kartu So Good Cerdik yang disatukan | adipraa.com
Frame dan kartu So Good Cerdik yang disatukan
Cara Bermain So Good CERDIK | adipraa.com
Cara Bermain So Good CERDIK

Cara main So Good Cerdik cukup simpel, ikuti saja petunjuk yang ada di belakang kartunya. Petunjuk cara main yang saya baca di belakang kartu So Good Cerdik sebagai berikut:
  • Download "So Good Cerdik" di Google Play Store;
  • Scan Kartu Cerita yang ingin dilihat;
  • Koleksi dan temukan cerita seru di kartu "So Good Cerdik" lainnya.
Bed Time Stories with So Good Cerdik | adipraa.com
Bed Time Stories with So Good Cerdik

Aplikasi So Good Cerdik ini memiliki beragam cerita menarik untuk anak. Diantaranya ada Lala dan Sing SingChika dan Chiko dan Umbo Larage. Masing-masing memiliki dua 2 bagian cerita yang terbagi dalam Part 1 dan Part 2. Nah, kartu yang didapatkan dari membeli So Good naget ayam berbentuk stik kemasan 400 gram adalah cerita Lala dan Sing Sing Part 2. 

"Nanti malam aku diceritain ini ya yah!" pinta anak lanang setelah mendapatkan So Good Cerdik. Spesial untuk malam itu, bercerita tentang Petualangan seru Lala dan Sing Sing menggunakan aplikasi So Good Cerdik. Buku cerita lainnya sementara disimpan dulu ya.
Cerita Digital Interaktif Lala dan SingSing | adipraa.com
Cerita Digital Interaktif Lala dan SingSing

Saya pun mencoba menginstal aplikasi So Good Cerdik di Google Play Store agar kartunya dapat dimainkan bersama anak lanang. Setelah di-scan dengan menggunakan aplikasi So Good Cerdik, muncullah cerita digital interaktif tentang petualangan Lala dan Sing Sing Part 2. Cerita ini mengisahkan tentang Lala dan Sing Sing yang sedang piknik di tepian sungai. Di saat mereka piknik tiba-tiba ada yang meminta tolong, ternyata ada seseorang yang bernama Gege sedang terseret arus sungai. Singkat cerita, Lala dan Sing Sing kemudian berusaha untuk menyelamatkan Gege. Cerita yang menarik, anak lanang pun suka. Ada nilai positif untuk anak yang bisa diambil pelajaran dari cerita tersebut, yakni saling tolong menolong antar sesama. Nice!

So Good Cerdik, aplikasi yang bagus untuk dikembangkan, sangat membantu saya bermain bersama anak lanang, dalam hal ini sebagai bahan untuk cerita anak sebelum tidur. Yuk kumpulkan cerita seru So Good Cerdik lainnya! Maturnuwun.
Previous Post
Next Post
Related Posts

15 comments:

  1. Menarik dan bisa nih di praktekkan ..

    ReplyDelete
  2. Di era modern cerita cerita seperti ini harus mengikuti perkembangan juga agar anak juga tertarik
    karena sdh jarang sekali cerita yg menganduk nila nila positif untuk anak anak
    semua beralih ke permainan yg menghabiskan waktu

    tapi ini cara cerdik so good memanfaatkan teknologi
    semoga dapat di ikuti yg lain juga

    ReplyDelete
  3. Bagus menurut saya. Permainan-permainan tersebut saya kira dibuat untuk memberi manfaat, entah itu pelajaran, hiburan, dan sebagainya. Yang terpenting adalah pendampingan dan pengarahan orang tua untuk menghindari akibat kurang baik, misalnya kecanduan. Mengingat setiap game di gadget berpotensi untuk adiktif. :)

    Salam. :D

    ReplyDelete
  4. kayaknya wajib di download inih...

    matur nuwun kang infonya :)

    ReplyDelete
  5. Waduh asik banget yaaah ...

    Jadi teringat masa kecil dulu beli susu dapet buku cerita mini.. sekarang di era digital lebih kece lagi..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Iya, Mas Idris. Aplikasi edukatif yang memberi manfaat untuk keluarga. Thanks.

      Delete
  7. Jadi tambah semangat saat dongeng buat anak nih

    ReplyDelete
  8. Saya itu suka seneng banget kalau ngeliat para ayah menemani anak-anak mereka. Sesuatu yang jarang di jaman ini. Tetapi, saya berharap ke depannya akan semakin banyak para ayah yang menyadari betapa pentingnya peran mereka dalam mengedukasi anak-anak mereka. Sukses ya pak lombanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Edukasi anak tugas kedua orang tua. Saling bekerja sama mendidik anak. Semangaaat! Btw ini bukan lomba Bunda Ersha...

      Delete
  9. Senangnya anak2 punya permainan edukatif dan interaktif.
    Saya belum coba sih, belum bisa kemaren

    ReplyDelete