Friday, 1 December 2017

Memandang Jogja dari atas Menara Masjid Kampus UGM Yogyakarta

adipraa.com - Asik, hari Jumat (01/12) libur! Hari Jumat merupakan hari yang penuh barokah bagi umat Islam. Hari dimana Allah SWT mempersatukan umatnya dalam ketaatan dengan mengumpulkan kaum adam untuk sholat berjamaah di masjid. Dalam kalender Masehi tahun ini, hari Jumat yang jatuh pada tanggal 1 Desember tersebut juga menjadi hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. Menambah keistimewaan di hari Jumat pada tanggal tersebut. Semoga keselamatan, rahmat Allah, dan keberkahan selalu menyertai sahabat semua. Amin.

Untuk saya pribadi, libur di hari jumat itu terasa istimewa. Saya bisa melaksanakan sholat Jumat bersama anak lanang. Dan sholat jumat kali ini di Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Masjid kampus terbesar se-Asia Tenggara yang menjadi kebanggaan seluruh civitas akademika UGM. Lokasinya berada di sebelah utara Kampus D3 Ekonomi UGM. Tepatnya di Jalan Tevesia No. 1 Bulaksumur, Yogyakarta.

Masjid yang dibangun pada tahun 1998 ini memiliki suasana lingkungan sejuk dan asri dengan pemandangan taman indah berhiaskan pohon palem berjejer rapi yang berlokasi di timur bangunan masjid. Di taman masjid ini juga terdapat kolam air mancur yang di tengahnya terdapat pahatan ornamen kalimat bismillah dengan tulisan arab.
Swafoto bersama anak lanang | adipraa.com
Swafoto bersama anak lanang

Di pintu masuk timur masjid kampus ini terdapat tangga dan gapura lengkung unik setinggi 12 meter yang berdiri kokoh. Panorama gapura lengkung yang terbuat dari batu ini menjadi salah satu spot favorit untuk berfoto di Masjid Kampus UGM Yogyakarta.
Naik tangga menara Masjid Kampus UGM Yogyakarta | adipraa.com
Naik tangga menara Masjid Kampus UGM Yogyakarta

Yang paling baru, bangunan pendukung lainnya yang ada di masjid kampus ini adalah menara Masjid yang menjulang tinggi. Usai melaksanakan sholat Jumat, saya dan anak lanang mencoba untuk menaiki menara Masjid Kampus UGM satu ini. Menara ini berdiri di sebelah bangunan masjid utama dengan tinggi sekitar 99 meter. Tinggi menara masjid dengan warna dominan emas ini mengisyaratkan 99 Asmaul Husna. Nice!
Berfoto dengan Menara Masjid Kampus UGM Yogyakarta | adipraa.com
Berfoto dengan Menara Masjid Kampus UGM Yogyakarta

Dari atas Menara Masjid Kampus UGM ini, saya bisa memandang keindahan Jogja yang ada di sekitar masjid. Lihat foto-foto landscape pemandangan Jogja setelah diguyur hujan yang berhasil saya jepret dari atas menara masjid, check this out:
Landscape Masjid Kampus UGM dari atas menara | adipraa.com
Landscape Masjid Kampus UGM dari atas menara
Jogja sisi Utara dari atas Menara Masjid Kampus UGM | adipraa.com
Jogja sisi Utara dari atas Menara Masjid Kampus UGM
Jogja sisi Timur dari atas Menara Masjid Kampus UGM | adipraa.com
Jogja sisi Timur dari atas Menara Masjid Kampus UGM
Jogja sisi Barat dari atas Menara Masjid Kampus UGM | adipraa.com
Jogja sisi Barat dari atas Menara Masjid Kampus UGM
Inilah Masjid Kampus UGM yang awalnya bernama Masjid Sholahudin, dibangun sedemikian rupa dengan konsep ramah lingkungan. Saya dan anak lanang pun menikmati pemandangan Jogja di sekitar masjid yang sejuk dan asri ini dari atas Menara Masjid Kampus UGM Yogyakarta.

Sekian artikel kali ini yang berjudul "Memandang Jogja dari atas Menara Masjid Kampus UGM Yogyakarta". maturnuwun.
Previous Post
Next Post
Related Posts

16 comments:

  1. Ditambah cuaca yang sejuk jadi leih keliatan enak di mata ya mas

    ReplyDelete
  2. wah keren...masjid kampus terbesar se asia tenggara...

    ReplyDelete
  3. Wah keren idenya , 99 meter = Asmaul Husna..:)

    ReplyDelete
  4. Wooo boleh naik to? Kapan2 naik ah kalau pas ngantar anak kajian. Jaman aku kuliah ini baru architect plan. Nggak nyangka skrg bisa balik lagi & melihat jadinya krn anak kuliah disana juga. Kalau dr jauh spt pesawat luar angkasa heheee

    ReplyDelete
  5. Menaranya tinggi juga 99 meter. Itu kira-kira terbuka buat umum? dan bukanya hari atau jam berapa saja ya? Gratis kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terbuka untuk umum kok mas, its free. Tak ada jadwal jam bukanya, anytime. Selama tidak mengganggu keamanan dan ketertiban umum.

      Delete
  6. Semoga masjid kampus UGM selalu menjadi penguat keimanan kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  7. Wah jadi pingin naik juga...
    Tapi takut singunen 😅

    ReplyDelete
  8. Dulu waktu masih kuliah di Jogja masih seering iikut kajian Ahad pagi ke masjid ini, diajak temen sih, kalau engga ya mampir sebentar waktu Sunmor... he he

    ReplyDelete
  9. weh boleh naik yaaaaa? kapan2 aaahh.... makasii infonyaaa

    ReplyDelete
  10. Bulan puasa kemarin aku sering naek diatas, Mas.
    Terlebih disaat gak kebagian takjil..haha

    ReplyDelete
  11. Ada cara baru memandang jogja ternyata, selain bukit bintang di Gunung Kidul

    ReplyDelete
  12. Hahaha, saya juga gemes deh kalau bisa liat kota sendiri dari atas ketinggian. Dari komen2 di atas, sepertinya informasi terbaru bisa naik di atas menara masjid ini

    ReplyDelete
  13. Beberapa kali kesana tapi gak tahu kalau bisa naik ke atas menaranya #Duh :D

    ReplyDelete
  14. masyarakat umum boleh naik juga kah ?

    ReplyDelete
  15. SubhanaAllah......indonesia memang ok....

    ReplyDelete