Friday, 19 January 2018

Kiat Memaksimalkan Smartphone untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja


adipraa.com - Siapa bilang penggunaan smartphone dapat mengganggu produktivitas. Tidak semua orang akan mengalami penurunan produktivitas ketika menggunakan smartphone. Justru smartphone canggih dan populer seperti handphone iPhone memiliki banyak fitur yang bermanfaat bagi pekerjaan. Yang diperlukan hanyalah menggunakannya secara profesional supaya produktivitas senantiasa baik. 
Maksimalkan Smartphone Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja | adipraa.com
Maksimalkan Smartphone Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Simak dan coba jalani beberapa kiat ini, maka setiap pekerjaan yang dilakukan pasti akan terselesaikan dengan baik karena tetap produktif:


Menentukan Isi Homescreen Yang Tepat

Isi homescreen pada smartphone ternyata dapat mempengaruhi produktivitas. Usahakan agar meletakkan aplikasi-aplikasi penting pada homescreen untuk mempersingkat waktu akses. Sebaiknya tidak menempatkan aplikasi media sosial pada homescreen supaya tidak tergoda untuk mengaksesnya saat bekerja.


Menghapus Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Jangan menyimpan aplikasi yang tidak terpakai pada smartphone. Karena aplikasi tersebut hanya akan memenuhi kapasitas penyimpanan dan berisiko membuat smartphone mudah lowbat. Solusinya, periksalah aplikasi-aplikasi pada smartphone secara teratur. Bersihkan pula cache pada smartphone secara berkala.


Menjaga Baterai Smartphone Agar Tahan Lama

Baterai smartphone yang tahan seharian tak akan membuat kesulitan saat ingin menggunakan aplikasinya. Yang diperlukan hanya meminimalkan efek animasi dan fitur-fitur yang tidak terlalu penting pada smartphone. Sehingga daya tahan baterai smartphone jadi lebih lama. Dan pada akhirnya tak akan kerepotan mencari port charging sewaktu bekerja.


Menyimpan Berkas Dalam Bentuk Softcopy

Salah satu fungsi smartphone yang sangat bermanfaat bagi produktivitas adalah media penyimpanan berkas dalam bentuk softcopy. Berkas-berkas pekerjaan yang dibutuhkan dapat diakses tanpa kerepotan. Semuanya bisa diakses dan dicetak secara real time sewaktu dibutuhkan.


Mengakses Internet Secara Mudah

Jika menggunakan provider dengan kualitas unggulan, akses internet dapat secara mudah dilakukan kapan pun dan di mana pun berada. Bahkan ketika terjadi masalah dengan koneksi internet di kantor, pekerjaan tak akan terganggu. Karena masih bisa mengakses internet melalui smartphone.


Membuat Alarm Pengingat Jadwal

Rutinitas padat kerap membuat banyak orang jadi lalai menepati jadwal. Padahal dapat disiasati dengan cara membuat alarm pengingat jadwal. Gunakan aplikasi khusus pembuat jadwal dan tentukan tanggal-tanggalnya dengan benar. Selanjutnya, tinggal memasang alarm pengingat. Jadwal yang sudah disusun akan memberikan notifikasi pada waktu yang telah ditentukan.


Memesan Makanan Melalui Aplikasi Online

Saat sedang sibuk menyelesaikan pekerjaan, andalkan aplikasi ojek online untuk memesan makanan atau barang lainnya yang dibutuhkan. Sehingga tak perlu buang-buang waktu untuk pergi dan antre membeli makanan. Efisiensi waktu tersebut akan membuat pekerjaan dapat diselesaikan dalam waktu singkat.


Mendukung Aktivitas Jarak Jauh

Jika harus melakukan perjalanan bisnis yang jauh dalam waktu cukup lama, hal tersebut tak akan mengganggu koordinasi pekerjaan di kantor. Aplikasi video call atau pendukung lainnya bisa dimanfaatkan untuk melakukan meeting jarak jauh. komunikasi tetap dapat dilakukan secara lancar dengan rekan-rekan kerja. Berbagai keputusan penting tentang pekerjaan bisa segera dicari solusinya. 
Be patient and read another article here: Cobalah Berhenti Merokok!
Menggunakan smartphone canggih memang bukan sekadar prioritas untuk mendapatkan hiburan berkualitas semata. Jadikan smartphone sebagai salah satu sarana pendukung pekerjaan. Buktikan bahwa ketergantungan pada smartphone tak melulu negatif. Mari menjadi generasi produktif yang cermat memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas kerja.
Previous Post
Next Post
Related Posts

29 comments:

  1. Wah saya malah aplikasi medsos ada di halaman depan semua. Hihi

    ReplyDelete
  2. Sepertinya ini juga yg saya lakukan dg smartphone saya. Hanya video call saja yg masih sangat jarang saya gunakan.

    Salam,

    ReplyDelete
  3. Kadang kalau lg jenuh dg sosmed. Aplikasi di home screennya dihapus semua. Tapi tetep dicari di dalam menu utama,tangannya gatel 😂

    ReplyDelete
  4. Smartphone memang punya fungsi yang luarbiasa mendukung aktivitas kita sehari hari ya. Krn postingan ini, jadi makin byk tau bbrp manfaat lain dri smartphone. Terima kasih sharex

    ReplyDelete
  5. Setuju. Jangan hanya jaminan semartphone sebagai hiburan semata, namun alangkah baiknya jika teknologi digunakan sebagai penunjang kehidupan kita agar lebih mudah dan berkualitas.

    ReplyDelete
  6. Benar sekali. Artikel dan postingan ini sangat penting dan mengingatkan sekali... Terima kasih

    ReplyDelete
  7. Smartphone biasanya saya gunakan untuk bekerja
    selebihnya ya untuk memebantu saya ngeblog
    aplikasinya hanya beberapa yang memang sering saya gunakan saja

    ReplyDelete
  8. Homescreen malah tempatnya medsos, wkwk

    ReplyDelete
  9. Sama juga sih tapi mgkin utk berkas atau file penting saua selalu simpan di SD card atau google drive..

    ReplyDelete
  10. kalo kita cermat dan bijak menggunakan smartphone, manfaatnya banyak sekali ya kak..

    ReplyDelete
  11. aku tipe yang homescreennya isinya folder thok hahaha
    terus alarm banyak banget (kayanya tiap jam ada alarm) tapi snooze nya juga sering

    kalo video call emang iphone juara sih, tapi kalo simpen file2 kerjaan di android soalnya lebih gampang diakses.

    ReplyDelete
  12. Bijak2 menggunakan smartphone. Artikel
    Menarik

    ReplyDelete
  13. Nah hape saya saat membuka aplikasi nantinya menutup sendiri, saya lupa istilahnya. Yang katanya disebabkan oleh aplikasi yang tidam mendukung versi android. Itu kira-kira bagaimana mengatasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uninstal aplikasi yang tdk support versi androidnya bang kalo gbs digunakan. :)

      Delete
  14. Sering bngat install dan instaal program di hape, tergantung kebutuhan saja yang dipakai. Klo lagi gak dipake, di hapus dulu.

    ReplyDelete
  15. Di telponku aplikasinya brantakan 😭 telponku iphone 5s, sekarang udah lemot... lamaaakkkk buka app. jatoh dua belas kali, ya aku tau karena aku ngitungin tiap jatoh itu jatoh yg ke berapa... haha such a weirdo..

    ReplyDelete
  16. ya mas beli hp yg agak mahalan dikit, enak buat kerja agak leluasa

    ReplyDelete
  17. Aku rasa untuk masalah aplikais yang nggak kepakai bisa diuninstal aja ya, Mas. Biar nggak berat juga..he

    ReplyDelete
  18. Buat saya smartphone vital banget...gimana tidak internet PC pakai hotspot portabel dari smartphone,buka email,WA dan sosmed juga dari smartphone anehnya malah jarang nelpon dan SMS

    ReplyDelete
  19. Setuju, namanya juga udah smart berarti seharusnya memang bukan dipakai untuk hal negatif. Smartphone kalau dipakai dengan baik secara maksimal justru membantu banget

    ReplyDelete
  20. Selain hapus cache, aku suka hapus data sosmedku sama aplikasi yang kira-kira gede penyimpanannya Mas. Lumayan membantu kalo pas mulai lemot

    ReplyDelete
  21. Mungkin byk org yg bilang gini: kerja kok mainan hape mulu. Lha dokumen kerjaan apa-apa sekarang disharenya lewat hape semua hahaha.

    ReplyDelete
  22. Aku sebagai pelajar juga ikut merasakan hal yang sama mas, dikira maen hape, padahal ya gunain buat sharing-sharing di grup, ah... Syudahlah. #DuniaFaisol

    ReplyDelete
  23. sekarang smartphone itu seperti nyawa
    namun kadang membuat lupa dunia

    ReplyDelete
  24. Bener banget nih
    Namanya smartphone penggunanya juga harus smart
    Jadi bukan sekedar browsing-browsing gak jelas, tapi benar-benar harus digunakan untuk mendukung aktivitas keseharian ya mas

    ReplyDelete
  25. Bener juga, kalau aplikasi yang nggak kepakai mending di hapus aja.
    Tapi kalau saya pribadi, misal itu aplikasi bawaan dari smartphonenya, nggak berani buat tak unsinstall. Takut bikin nge-hang hp.nya malah :D

    ReplyDelete
  26. Sepakat, ku malah lebih sering menggunakan smartphone daripada laptop, ntah dari ngdraf, atau ngblog enakan pakai hp sih.. Hhh

    ReplyDelete
  27. mungkin karena layar smartphone cuma 5 in jadi kurang berasa enak kalau ngeblog atau lama-lama di hape. lebih milih di laptop atau komputer

    ReplyDelete
  28. waduh harus cek ricek ini..beberapa aplikasi yang nggak terpakai tetap eksis di smartphone saya..

    ReplyDelete