Saturday, 23 June 2018

Makan Siang dengan Bakso Komplit Pak Narto

adipraa.com - Bakso lagi yuk gaes! Apah? ga mblenek tah? Kalau sudah menjadi kegemaran, mau gimana lagi. Asal jangan sering-sering aja. Cerita kuliner kali ini mengulas Bakso Pak Narto. Tau kan, salah satu warung bakso terkenal di Jogja. Bakso Pak Narto memiliki cabang-cabang yang tersebar di beberapa wilayah Yogyakarta.
Suasana Warung Bakso Pak Narto | adipraa.com
Suasana Warung Bakso Pak Narto

Saya paling sering menyambangi warungnya yang berada di Jalan Raya Manukan, Sanggrahan, Condongcatur, Sleman. Lokasinya cukup dekat dengan tempat tinggal saya dan Terminal Condongcatur. Yup, mungkin ini bisa jadi rekomendasi tempat kuliner nikmat di sekitar Terminal Condongcatur untuk sahabat yang kebetulan berada di Sleman.

Warung Bakso Pak Narto memang terkenal dengan suasananya yang nyaman dan bersih. Apalagi setelah berpindah lokasi, dari yang awalnya di ujung utara Jalan Raya Manukan, kini bergeser ke arah selatan mendekati Toko Peni Swalayan. Suasana di Warung Bakso Pak Narto menjadi semakin kece dengan konsep gubug yang dibangun di atas kolam ikan.
Bakso Komplit dan Juice Buah Naga | adipraa.com
Bakso Komplit dan Juice Buah Naga

Selasa (19/6), mencari warung makan yang buka pasca libur lebaran itu sulit. Dan saya perhatikan, yang buka kebanyakan warung bakso dan mie ayam. Pulang kantor berkendara dari Wirosaban sampai Condongcatur dengan perut keroncongan karena sejak pagi belum makan. Akhirnya dapatnya di dekat rumah juga.
Baca juga rekomendasi menu bakso lainnya disini: Icip Bakso Pikul Tradisional Pak Gino
Fix mendamparkan diri di Warung Bakso Pak Narto. Segera saya memesan Bakso komplit yang didampingi oleh segelas jus buah naga untuk minumannya. Mantap! 
Bakso Komplit | adipraa.com
Bakso Komplit

Di dalam seporsi Bakso Komplit Pak Narto, diantaranya berisi 4 jenis bakso yang terdiri dari 2 bakso ukuran kecil, 1 bakso ukuran besar, dan tahu bakso berukuran jumbo. Untuk mienya, diisi dua jenis mie, yakni mie bihun dan mie kuning. Tambahan lain ada potongan tahu, bawang goreng dan sawi.
Harga Bakso Komplit dan Juice Buah Naga | adipraa.com
Harga Bakso Komplit dan Juice Buah Naga

Saya paling suka menikmati tahu baksonya yang super gedhe. Disendok bersama kuah bakso, rasanya gurih dan pas banget sesuai selera. Tinggal tambahin sambal yang tersedia di meja. Jadi tambah komplit deh rasanya. This is it, Bakso Komplit Pak Narto. Enak dengan total biaya sebesar Rp. 25.000,- saja. Alhamdulillah, maturnuwun Gusti... 

Merencanakan Nonton Siam Niramit Show Bersama Keluarga di Bangkok, Thailand

adipraa.com - Setelah menikah di tahun dimana kasus suap wisma atlet mencuat ke publik, saya belum pernah sama sekali yang namanya liburan pergi ke luar negeri. Sampai saat ini, dimana anak lanang sudah memasuki usia tujuh tahun, wacana liburan pergi ke luar negeri pun masih menjadi list rencana yang belum terealisasi. Meski tidak punya banyak waktu untuk berlibur, paling tidak pengen banget bisa menikmati berkeliling kota di satu negara yang belum pernah dikunjungi dalam 1 hari saja. Itu sudah lebih dari cukup. Liburan itu penting namun tidak menjadi prioritas utama. 

Sama seperti di tahun-tahun sebelumnya, tahun ini pun, rencana “liburan ke luar negeri” menjadi salah satu resolusi yang saya usahakan untuk dapat terwujud. Ini kan sudah bulan Juni, setengah tahun berlalu, apakah hanya menjadi sebuah wacana lagi? Harapannya sih semoga dapat mewujudkannya. Yah, manusia hanya bisa berencana dan berusaha saja, tuhan yang memberi jalan. 
Buddhist Monastery in Thailand (Source: https://libreshot.com)

Ngomongin liburan ke luar negeri, salah satu destinasi tujuan wisata yang penasaran banget ingin saya kunjungi adalah Bangkok, Thailand. Terlebih melihat pertunjukan tari dan drama teater yang legendaris di Negara Seribu Pagoda atau disebut juga sebagai Negeri Gajah Putih itu. Nama pertunjukannya adalah “Siam Niramit” yang diambil dari nama kerajaan Thailand pada jaman dulu yaitu Siam.

Sebuah aksi teatrikal menarik ini tercatat di Guinness World Record sebagai pemegang rekor panggung paling tinggi dan megah. Pertunjukan seni yang menampilkan kultur tradisional mulai dari sejarah, budaya sampai paham yang dianut di Thailand. Ya, saya sangat suka melihat pertunjukan seni, dan Siam Niramitshow ini tak boleh dilewatkan jika suatu hari nanti singgah ke Bangkok, Thailand. 

Usaha untuk mengeksekusi rencana liburan itu ada, saya dan istri pun mencoba hunting tiket pesawat dan hotel sebagai akomodasi. Bermodalkan gadget masing-masing, kami mengecek berbagai aplikasi pemesanan tiket pesawat dan hotel. E, tapi kok cukup menghabiskan waktu ya, hunting secara terpisah untuk memesan tiket pesawat dan booking hotel. 
Logo Traveloka | adipraa.com
Logo Traveloka

Setelah buka-tutup aplikasi pemesanan tiket pesawat dan booking hotel sana-sini, lihat dari aplikasi yang satu ke aplikasi lainnya, pas buka aplikasi Traveloka, ternyata aplikasi ini ada menu pemesanan tiket pesawat dan booking hotel yang ditawarkan dalam satu paket. Baru tau saya, kemana aja sih. Maklum kurang piknik nih, gaeswan-gaesningrum. Xoxoxo. 
Menu Paket Pesawat + Hotel Traveloka | adipraa.com
Menu Paket Pesawat + Hotel Traveloka

Dengan membuka menu pilihan produk paket tiket dan hotel Traveloka ini, kita bisa memilih penerbangan dan hotel secara bersamaan dengan mudah tanpa ribet. Kita bisa memodifikasi sesuka hati kombinasi tiket pesawat dan booking hotelnya sesuai yang kita inginkan dimana dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Yang pasti “Pesan Paket Pesawat + Hotel” secara bersamaan sangat menghemat waktu bila dibanding dengan hunting dan memesannya secara terpisah, tiket pesawat sendiri dan hotel sendiri. 
Kombinasi Sesuka Hati Tiket Pesawat dan Booking Hotel | adipraa.com
Kombinasi Sesuka Hati Tiket Pesawat dan Booking Hotel

Terkait biaya, salah satu hal sensitif yang harus diperhitungkan saat hendak merencanakan perjalanan, ternyata pesan produk paket pesawat dan hotel ini lebih murah dan dapat menghemat hingga 20% tanpa kode promo apapun. Dan pembayarannya pun mudah, tersedia dalam banyak metode pembayaran. Joss ga, lebih murah daripada pesan terpisah! Kan lumayan ya, uangnya bisa buat kulineran atau menikmati serunya naik gajah di sekitar lokasi pertunjukan. BeJe nih alias boleh juga... 
Baca juga: 7 Tips Merawat Mobil Kesayangan Sebelum Pulang Mudik
Yuk ah, coba produk paket pemesanan tiket pesawat dan booking hotel dari Traveloka ini. Benefit yang didapat pun lumayan, saving time, saving money up to 20%. Mudah dan lebih murah apabila dibandingkan dengan memesannya secara terpisah. Cek deh! Saatnya janjian hari libur untuk cuti bersama, vakansi dengan destinasi Bangkok, Thailand. Go go go...

Wednesday, 20 June 2018

7 Tips Merawat Mobil Kesayangan Sebelum Pulang Mudik

adipraa.com - Momen Lebaran telah lewat. Saatnya menyiapkan rencana untuk pulang ke tempat tinggal. Untuk menghemat waktu, kita bisa mencari tiket pesawat dari berbagai maskapai Indonesia seperti Garuda, Lion Air, Batik Air, Sriwijaya dan sebagainya. Namun tak bisa dipungkiri bahwa banyak juga dari masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang. 
7 Tips Merawat Mobil Kesayangan Sebelum Pulang Mudik | adipraa.com
7 Tips Merawat Mobil Kesayangan Sebelum Pulang Mudik

Seringkali beberapa dari publik yang menyepelekan kondisi mobil saat pulang kembali ke tempat tinggal. Padahal bila kondisi mobil tidak diperhatikan, maka kemungkinan dapat mengalami kesulitan bahkan mengalami musibah yang tidak diinginkan selama mudik maupun pulang mudik. Oleh karena itu, tentu diperlukan pengecekan kondisi kendaraan kesayangan ke bengkel resmi. Namun apabila senang melakukan pengecekan sendiri maka berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk menjaga kondisi kendaraan agar tetap prima, check this out

Mengecek Kondisi Ban Dan Tanggal Produksi 

Selalu memperhatikan kondisi dan tanggal produksi ban. Bila ketebalan pattern ban sudah menipis di bawah indikatornya dan tanggal produksi ban telah melewati waktu dua tahun, lebih baik diganti. Tentu saja kondisi ban seperti ini sangat berbahaya bila bertemu permukaan aspal kasar, melewati suhu tinggi di permukaan jalan dan dipakai dengan kecepatan tinggi. Ban bisa pecah di jalan dan mengalami musibah yang tidak diinginkan. 

Memperhatikan Kondisi Oli Mesin 

Selalu mengecek kondisi oli mesin sebelum melakukan perjalanan jauh. Apabila catatan jarak tempuh sudah tinggal 40% dari ganti oli terakhir, lebih baik penggunaan oli lama dihentikan. Ketinggian oli juga harus berada di batas garis maksimal dan gantilah oli mesin sesuai rekomendasi pabrikan. Patut diketahui bahwa Oli baru akan lebih optimal bekerja di kondisi macet dengan suhu udara yang panas sehingga memungkinkan kondisi mesin aman. 

Melihat Ketinggian Minyak Rem 

Hal yang perlu dilakukan lainnya yakni memperhatikan ketinggian minyak rem di tabung. Bila telah menurun jauh disarankan untuk menambahkan minyak rem yang sesuai rekomendasi pabrikan atau dengan nilai DOT yang sama. Cek juga rembesan minyak rem yang menyebabkan berkurangnya minyak rem di sekitar roda. 

Mengecek Kondisi Aki Mobil 

Apabila mobil memakai aki basah disarankan untuk memperhatikan kondisi kepala aki dan ketinggian air akinya. Bersihkan kepala aki dengan cara mengguyur cairan penetrant pencegah korosi untuk menahan aliran listrik dan mempengaruhi proses starter mesin. Selain itu juga cek voltase aki tersebut. Apabila saat menghidupkan mobil dengan semua fitur dinyalakan maka tegangan yang ditunjukkan voltmeter harus di kisaran 12,8 – 14,2 Volt. Hal itu menunjukkan performa dari alternator apakah aki dalam kondisi baik atau tidak. 

Merawat Radiator 

Memeriksa ketinggian air radiator menjadi hal yang perlu dilakukan untuk merawat mobil kesayangan. Selalu menggunakan cairan khusus radiator yang direkomendasikan. Penambahan air radiator harus dilakukan saat mesin dingin dan jangan sampai ada angin palsu yang masuk di sistem pendingin karena menyebabkan panas di atas batas maksimal. Perhatikan pula kondisi radiator, selang, hingga housing, untuk mengetahui kondisi radiator. 

Mengecek Kondisi Wiper 

Hal yang terkesan sepele ini terkadang membuat sulit para pengemudi apabila menghadapi hujan. Apabila kondisi cuaca buruk dan wiper kotor, maka jendela mobil akan semakin tak jelas dan menyulitkan mengemudi secara aman. Untuk itu harus mengecek ketersediaan air wiper, apabila kurang tambahkan cairan hingga batas maksimum tabung air wiper. Tak lupa, gunakan cairan air wiper yang mengandung larutan khusus pembersih kaca yang direkomendasi pabrikan. 

Melihat Kondisi Filter Udara 

Apabila merasa mobil memilik tarikan yang terasa berat serta konsumsi bahan bakar cenderung boros, segera cek filter udara pada mobil. Apabila filter udara kotor, akan menyebabkan tersendatnya pasokan udara ke ruang bakar. Selain itu, angka emisi pada mobil meningkat karena pembakaran tidak sempurna. Sebaiknya untuk rutin membersihkan filter udara atau bila memungkinkan untuk mengganti dengan yang baru.

Saturday, 16 June 2018

Ngonthel dan Menyapa Mentari Pagi

Ngonthel dan Menyapa Mentari Pagi | adipraa.com
Ngonthel dan Menyapa Mentari Pagi
adipraa.com - Hidup itu mengalir, membawa peristiwa demi peristiwa yang dapat menjadi cerita. Sekecil apapun ceritanya, abadikan, ambil hikmahnya dan insyaallah akan menjadi kenangan indah kelak. Dan cerita menyenangkan kali ini ditulis saat moment hari libur lebaran di rumah simbah Nanggulan Kulon Progo, "Ngonthel dan Menyapa Mentari Pagi".
Siap ngonthel bersama anak lanang | adipraa.com
Siap ngonthel bersama anak lanang

Sabtu pagi (16/6), matahari perlahan merambat naik, cuacanya cerah dan sangat bersahabat untuk pit-pitan (sepedaan) mencari udara segar. Sekitar jam setengah tujuh pagi, secara spontan saya dan anak lanang siap berangkat ngonthel penuh gairah, berboncengan dengan sepeda onthel milik simbah. Abaikan penampilan, belum mandi dan masih seporotan.
Ngonthel menelusuri sawah nan luas | adipraa.com
Ngonthel menelusuri sawah nan luas
Mentari pagi beranjak naik menyinari sawah nan luas, menciptakan siluet pada sawah kuning pertanda telah melewati masa panen. Jalan panjang yang membelah sawah sangat sepi untuk kami lewati sendiri. Beda jauh dengan suasana kota dimana macet sudah menjadi makanan sehari-hari. "Rasa Senang" anak lanang pun ikut merambat naik yang membuatnya beraksi dengan gaya sesuka hati di depan kamera. Bahagianya hati ini, sesederhana suasana pagi yang penuh makna.

Menyapa mentari pagi 

Menyapa Mentari Pagi | adipraa.com
Menyapa Mentari Pagi
Sinar matahari di pagi hari memang sayang untuk dilewatkan, sangat jarang saya dan anak lanang menikmati moment seperti ini di hari biasa. Tak hanya membuat indah suasana di pagi hari, namun sinarnya juga sangat penting untuk kesehatan.

Tau kan, sinar matahari banyak mengandung Vitamin D. Maka bersyukurlah karena sebenarnya kita bisa menikmati vitamin D secara gratisan. Ketika sinar ultraviolet disaring kulit, sinar tersebut merubah simpanan kolesterol di kulit menjadi vitamin D. Dengan meningkatnya vitamin D dalam tubuh karena paparan sinar matahari, penyerapan kalsium di dalam tubuh kita pun ikut meningkat. Ini berguna untuk membentuk dan memperbaiki tulang.

Manfaat lainnya, setelah kolesterol di bawah kulit dirubah menjadi vitamin D, otak dan tubuh kemudian memberikan sinyal kepada kolesterol yang ada dalam darah untuk keluar dari darah menuju ke kulit. Dari proses inilah kadar kolesterol dalam darah dapat dikontrol dengan baik.

Saat kulit terkena sinar matahari, terjadi penambahan sel darah putih, terutama limfosit. Secara tidak langsung antibodi untuk kekebalan tubuh pun akan ikut meningkat. Dan sinar matahari juga mampu membunuh beberapa bakteri penyakit, virus dan jamur.

Selain itu, sinar matahari adalah insulin alami. Sinar matahari memberikan kemudahan penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Hal inilah yang merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi glycogen. Proses ini mampu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kebugaran pernafasan karena bertambahnya jumlah glikogen setelah berjemur di bawah terik matahari.
Baca juga cerita libur lebaran lainnya disini: Cerita Lebaran: Sholat Di Masjid Agung Manunggal Bantul
Banyak sekali ya manfaat sinar matahari untuk tubuh. Maka, nikmat tuhanmu yang mana yang engkau dustakan? Sebagai ucapan terimakasih dan rasa syukur karena telah memberi manfaat yang luar biasa, saya ajak matahari untuk berfoto bersama. Aktivitas pagi "Ngontel dan Menyapa Mentari Pagi" pun kami lalui dengan perasaan senang dan riang gembira. #ceritaliburlebaran

Saturday, 9 June 2018

Menikmati Menu Serba Jamur yang Menggugah Selera di Jejamuran Resto

adipraa.com -  Sudah tidak diragukan lagi keunikan tempat kuliner Jogja satu ini. Siapa yang tak kenal Jejamuran? Sebuah resto dengan citarasa menu makanan serba jamur yang menggugah selera. Jika berkunjung ke Yogyakarta, sempatkanlah untuk mampir mencicipi istimewanya menu yang ada di resto ini. Lokasinya berada di Niron, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta.
Jejamuran Resto | adipraa.com
Jejamuran Resto

Saya sendiri baru dua kali mengunjungi tempat kuliner satu ini karena lokasinya memang jauh dari pusat kota Jogja. Dan hari kamis kemarin (7/6/2018), untuk kedua kalinya saya dibuat kenyang dengan aneka menu berbahan utama jamur yang disediakan oleh Jejamuran Resto.
Parkir Jejamuran Resto | adipraa.com
Parkir Jejamuran Resto

Datang ba'da dikumandangkannya adzan maghrib, saya bersama keluarga mencari tempat duduk dan segera memesan menu makan untuk berbuka puasa. Sembari menunggu pesanan datang, saya pun sholat maghrib dulu di musholla yang ada di Jejamuran Resto. Fasilitas yang ada di Jejamuran Resto terbilang cukup komplit. Selain Musholla, tempat ini memiliki fasilitas berupa area parkir luas dan ATM yang berada di seberang jalan. Selain itu ada pula spot terapi ikan, museum jamur dan beberapa tempat berfoto yang selfiable.

Tak menunggu lama, usai sholat, pesanan kami pun telah tersaji di atas meja. Saatnya menikmati menu serba jamur yang menggugah selera di Jejamuran Resto. Dari beberapa menu yang kami pesan, untuk artikel kali ini akan saya ulas dua menu saja ya, yaitu Sate Jamur dan Jamur Asam Manis.
Baca juga rekomendasi kuliner Jogja lainnya disini: Tergoda Menyantap Pedasnya Mie Nyinyir
Yuk, icip-icip! Jangan lupa berdoa sebelum makan ya gaes agar makanan yang masuk ke tubuh kita mendapat keberkahan. Satu lagi yang tak boleh ketinggalan. Basuhlah tangan terlebih dahulu, hal ini berguna untuk menjaga kesehatan dan menjauhkan diri dari berbagai penyakit. Okey, lets taste the food!

Sate Jamur

Sate Jamur - Jejamuran Resto | adipraa.com
Sate Jamur - Jejamuran Resto

Seporsi Sate Jamur ini berisi 5 tusuk sate berbahan jamur yang dihidangkan dengan bumbu kacang dan sambel kecap. Sebagai pelengkap ditemani pula dengan irisan kobis dan tomat. Ini enak! Ga kalah dengan sate daging pada umumnya. Joss tenan!

Jamur Asam Manis

Jamur Asam Manis - Jejamuran Resto | adipraa.com
Jamur Asam Manis - Jejamuran Resto

Menu lain berbahan jamur yang tak kalah nikmatnya adalah Jamur Asam Manis. Menu ini berupa jamur chrispy yang disiram saus asam manis. Ada pula potongan nanas, tomat, daun bawang dan bawang bombay untuk menambah citarasa. Yummiwan-yumilawati....

***

Gimana gaeswan-gaesningrum! Endeus ga? Yang pasti bikin kenyang. So, jangan lewatkan Jejamuran Resto jika kamu adalah penggemar jamur. Urusan harga, makan kenyang ditempat yang terbilang mewah ini cukup ekonomis. Harganya berkisar antara delapan sampai dua puluh ribuan per porsinya.
Selfie di Jejamuran Resto | adipraa.com
Selfie di Jejamuran Resto

Sebelum meninggalkan Jejamuran Resto, foto dulu pakai sepeda onthel. Cekrek, upload! Done.