Featured Post

Berlarian kesana-kemari di Pantai Teleng Ria Pacitan

Wednesday, 10 July 2019

Makan Jenang di Bale Kanoman Jogja

adipraa.com - Makan siangmu dimana lur! Yang ingin menikmati menu-menu jadoel bisa mampir kesini. Dimana? Resto Bale Kanoman namanya, sebuah restoran dengan konsep bangunan bergaya limasan ini berada di Jl. Ki Ageng Pemanahan Umbulharjo Yogyakarta. Ssst, sangat dekat dengan tempat kerja saya lho! Dari perempatan RSUD Kota Yogyakarta arahkan perjalanan sahabat ke arah selatan sejauh 300 meter, resto ini lokasinya berada di timur jalan.
Bale Kanoman | adipraa.com
Bale Kanoman

Suasananya mengusung adat budaya jawa, rumah limasan yang menjadi bangunan utama dengan tempat parkir luas di depan bangunan tersebut. Memasuki Bale Kanoman, kita akan disuguhkan dengan alunan musik gamelan. Falisitas lain yang memang seharusnya tersedia ada toilet dan musholla. By the way, dilihat dari nama restonya, apakah mengambil nama dari Keraton Kanoman yang ada di Cirebon. I don't know.... sik penting madyang!
Sugeng Rawuh wonten Bale Kanoman | adipraa.com
Sugeng Rawuh wonten Bale Kanoman
Arena bermain kuda-kudaan | adipraa.com
Arena bermain kuda-kudaan
Ada sepeda onthel gaes! | adipraa.com
Ada sepeda onthel gaes!
Musholla dan Toilet | adipraa.com
Musholla dan Toilet

Karena sangat dekat dengan tempat kerja, rabu siang kemarin (10/07/2019), saya bersama teman-teman Pokja MKE Akreditasi RS meluncur ke restoran satu ini untuk makan siang dalam rangka syukuran lulus akreditasi rumah sakit. Semacam pesta kecil-kecilan gitu deh. :D
Prasmanan | adipraa.com
Prasmanan
Mangut Lele is the best! | adipraa.com
Mangut Lele is the best!

Ada menu apa saja di Bale Kanoman? Makan di tempat ini sistemnya ambil-bayar-makan alias prasmanan, silahkan ambil sesuka hati menu masakan yang diinginkan sesuai selera. Menu yang disajikan khas tempo dulu, masakan tradisional banget, antara lain ada brongkos, jangan lodeh, jangan lombok ijo, sayur asem, jangan bening khas Bale Kanoman, oseng pare, oseng cipir, jangan mbang gedhang, jangan lompong, oseng cipir, oseng pakis, mangut lele dan tentu saja masih banyak lagi aneka lauk lainnya yang bisa dipilih.
Aneka Jenang di Bale Kanoman | adipraa.com
Aneka Jenang di Bale Kanoman
Makan Jenang di Bale Kanoman | adipraa.com
Makan Jenang di Bale Kanoman

Yang menarik menurut saya di restoran ini juga menawarkan aneka jenang, i love it! Ada jenang candil, jenang sungsum, jenang ganepo, jenang mutiara. Saya sendiri memilih Jenang sumsum, ketan hitam dan candil yang disiram kuah gula aren dan santan. Yummy!
Baca cerita makan lainnya disini: Cerita Makan Bersama Keluarga Di Omah Tobong
Selain itu, menu-menu yang ada di Bale Kanoman disajikan dengan perkakas berbahan gerabah atau tembikar. Tradisional banget ya, bahkan air putihnya pun disediakan di dalam kendi. Asolole josh!
Wefie time! | adipraa.com
Wefie time!
Sok Kul! | adipraa.com
Sok Kul!

Ketika kita mengingat masa lalu, kita biasanya menemukan bahwa itu adalah hal-hal yang paling sederhana, bukan kesempatan besar, bahwa dalam retrospeksi memberikan cahaya kebahagiaan terbesar. Itulah mengapa dalam suatu perayaan sering kita dokumentasikan dalam sebuah foto sebagai media mengingat masa lalu. Meskipun hanya sebuah perayaan kecil, kebersamaan makan siang ini pun kita akhiri dengan mendokumentasikan dengan foto bersama. Dan itu sebagai penutup bahwa Makan jenang di Bale Kanoman pun telah usai. FIN.

Saturday, 6 July 2019

Menikmati Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

adipraa.com - Tak terhitung sudah sekian purnama tidak main ke Gunung Kidul. Masih teringat terakhir kali berkunjung sekitar bulan Februari 2018 lalu saat menikmati keindahan pantai Gunung Kidul yang saya dokumentasikan ceritanya dalam blog ini. Tahun 2019 kali ini, alhamdulillah saya bersama Tim Surveillans Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta berkesempatan untuk mengeksplor kembali salah satu kabupaten di DIY yang menyimpan pesona keindahan alam. Usai mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinkes Propinsi DIY di TAHURA, kami pun sepakat mampir ke salah satu obyek wisata alam yang ada di Gunung Kidul.
Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul | adipraa.com
Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Tak melulu pantai eksotis yang bisa dikunjungi saat berada di Gunung Kidul. Betul! Keunikan dan keindahan alam lain yang sungguh disayangkan jika dilewatkan adalah mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk yang bermuara di sisi Sungai Oya.

Situs geologi satu ini berada di Dusun Menggoran, Bleberan, Playen, Gunung Kidul. Ada 2 (dua) jalur yang bisa ditempuh untuk mengakses objek wisata alam satu ini, yakni jalur utama dengan melewati jalan Wonosari - Pathuk - Pertigaan Gading - Playen - Bleberan. Atau pun jalur alternatif dengan melalui jalan Imogiri Barat - Jalan Panggang - Panggang - Paliyan - Playen - Bleberan.
Perahu menuju air terjun | adipraa.com
Perahu menuju air terjun

Sesampainya di lokasi, untuk menuju lokasi air terjun ini, kita harus menuruni beberapa anak tangga dan juga naik perahu. Meski berlayar dengan waktu yang singkat menyusuri Sungai Oya, namun pemandangannya sungguh memberikan sensasi tersendiri. Sungai ini diapit oleh dua tebing yang menjulang tinggi. Indahnya pemandangan dimana menyajikan tebing tinggi yang terbelah aliran sungai. Pantas saja tempat wisata alam ini sering disebut dengan Grand Canyon-nya Jogja.
Fokus ke sungainya aja ya! | adipraa.com
Fokus ke sungainya aja ya!
Tim Hore! | adipraa.com
Tim Hore!
Tim hore versi jamak | adipraa.com
Tim hore versi jamak

Tak mau kalah dengan Spiderman yang "far from home", saya pun jauh dari rumah. Namun kali ini pengalamannya cukup menyenangkan, saya bisa menyusuri sungai menuju air terjun dengan menggunakan perahu rakit berbahan tabung drum. Kesannya seperti memunculkan sensasi petualangan tersendiri sehingga kunjungan ke Air Terjun Sri Gethuk semakin berarti. Jangan lupa! Siapkan kamera dan abadikan keindahan alam air terjun Sri Gethuk bersama keluarga, teman dan sahabat.
Menanti perahu tak kunjung datang | adipraa.com
Menanti perahu tak kunjung datang

Okey gaes! Sekian cerita saya menikmati wisata alam Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul. Udah dulu ya gaes! Saya mau menunggu perahu yang tak kunjung datang. Pada kemana yak! Soalnya obyek wisata satu ini tutup jam 4 (empat) sore. Keburu horor. Wkwkwk Ckakak.
Kepoin rekomendasi wisata Gunung Kidul lainnya disini: Berfoto Bersama Keindahan Pantai Siung Di Atas Batu Karang
Menutup artikel kali ini ada sedikit pantun buat sahabat, "Kamu sepuluh aku sebelas, komentar yuh nanti aku balas". :) Maturnuwun

Friday, 5 July 2019

5 Kelainan Kulit Akibat Penyakit Diabetes

Tahukah Anda bahwa diabetes juga dapat menyebabkan terjadinya komplikasi berupa kelainan pada kulit? 
adipraa.com - Diabetes atau lebih dikenal penyakit kencing manis adalah penyakit metabolik yang menyebabkan bayak perubahan fungsi tubuh. Orang yang mengalami penyakit ini perlu benar-benar mengendalikan kadar gula darah agar tidak melulu tinggi. Jika lalai dan abai, berbagai komplikasi akibat diabetes bisa saja terjadi.
5 Kelainan Kulit Akibat Penyakit Diabetes | adipraa.com
5 Kelainan Kulit Akibat Penyakit Diabetes

Adapun beberapa komplikasi diabetes yang mungkin sudah tak asing bagi Anda, yaitu: 
  • Penyakit jantung dan stroke; 
  • Kerusakan mata (Retinopati Diabetik); 
  • Kerusakan ginjal (Nefropati Diabetik); 
  • Kerusakan saraf (Neuropati Diabetik); dan
  • Masalah pendengaran. 

Selain yang telah disebutkan, komplikasi diabetes ternyata juga dapat berupa munculnya kelainan pada kulit. Kondisi ini terjadi jika penderita diabetes tidak peduli terhadap penyakitnya, sehingga kadar gula darah tidak terkendali dengan baik.

Kepada KlikDokter, dr. Muhammad Anwar Irzan mengatakan bahwa kelainan kulit yang terjadi akibat diabetes adalah sebagai berikut: 

Vitiligo
Vitiligo adalah suatu kondisi yang bisa menyebabkan hilangnya zat warna pada kulit. Terjadinya kondisi ini menyebabkan pembentukan bercak-bercak putih pada kulit di berbagai area tubuh, utamanya dada, perut, dan wajah. 

Scleredema Diabeticorum
Orang-orang yang mengalami diabetes tipe 2 dikaitkan dengan terjadinya masalah kulit ini. Sclerederma diabeticorum adalah penebalan kulit di bagian belakang leher dan punggung atas. 

Acanthosis Nigricans
Acanthosis nigricans adalah kondisi kulit menjadi tebal, gelap, tampak kotor dan berbentuk seperti beledu. Kondisi ini biasanya terjadi di bagian tubuh yang berkerut dan melipat, seperti ketiak, leher, dan selangkangan. 

Infeksi Jamur
Jamur yang paling sering menyerang penderita diabetes adalah Candida albicans. Infeksi jamur ini biasanya terjadi di daerah lipatan, seperti ketiak, bawah payudara, paha, atau selangkangan. Pada wanita dengan diabetes, infeksi jamur ini dapat menyebabkan terjadinya keputihan berbau tidak sedap. 

Infeksi Bakteri
Bakteri Staphylococcus dapat dengan mudah menginfeksi penderita diabetes akibat keadaan kombinasi, yaitu melambatnya aliran darah dan penurunan sistem kekebalan tubuh penderita diabetes. 

***

Meski terlihat sepele karena terjadi di luar tubuh, kelainan kulit akibat diabetes melitus tetap harus diatasi. Untuk itu, berkonsultasilah lebih lanjut pada dokter guna mendapatkan pengobatan yang paling tepat sesuai.

Wednesday, 3 July 2019

Cara Cepat & Efektif Belajar Bahasa Inggris

adipraa.com - Bagi pembelajar, sering dikenal ada beberapa tingkatan kemampuan bahasa inggris. Bagi kalangan pemula sering disebut sebagai beginner. Sedang untuk level menengah disebut sebagai intermediate dan untuk level atas disebut sebagai advance

Nah, dimanapun saat ini level sahabat, penting untuk memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris. Dengan cara dan strategi berikut ini, penguasaan bahasa Inggris bias lebih cepat dilakukan. 

Tujuan


Kita harus memiliki tujuan yang jelas mengapa belajar bahasa Inggris. Tanpa adanya tujuan, pola pembelajaran sahabat nantinya tidak akan terarah. Kita juga akan kurang semangat jika tidak memiliki target yang jelas. 
Tujuan | adipraa.com
Kita harus memiliki tujuan yang jelas
Tujuan ini juga harus digambarkan secara jelas. Jika sahabat sebagai profesional, maka sahabat bisa menargetkan penguasaan bahasa Inggris bakal meningkatkan karir dan penghasilan sahabat di kantor. Selain itu, kita juga memiliki tujuan agar bisa membuat keluarga bahagia. Atau juga memiliki target lainnya yaitu agar mudah ketika nantinya hendak pergi keluar negeri. 

Pilih Cara Belajar yang Disukai


Are you movie mania? Kalau begitu sangat tepat kalau belajar bahasa Inggris melalui film. Kita bisa pilih beberapa film berbahasa Inggris. Dan cobalah pahami film tersebut tanpa melihat subtitles. Jika memungkinkan hilangkan subtitles-nya sehingga nantinya dapat berusaha memahaminya secara langsung. 
Belajar bahasa Inggris melalui film | adipraa.com
Belajar Bahasa Inggris melalui film
Walaupun awalnya mungkin tidak paham semua, tapi yang penting kembangkan dulu kebiasaan ini. Jangan ragu pula untuk memutar beberapa kali film tersebut sehingga makin paham apa maksud dari perkataan orang-orang yang ada dalam film tersebut. 

Praktikkan hal ini setiap minggu. Minimal tiap minggu ada film yang harus ditonton. Akan lebih baik lagi jika melakukannya setiap hari. Paling tidak coba luangkan waktu satu jam untuk menonton film bahasa Inggris. Asalkan tekun melakukannya, dalam sebulan sudah terasa peningkatan kemampuan bahasa Inggris. 

Ikut Kursus


Ini juga cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris. Dengan ikut kursus, kita akan dilatih untuk belajar bahasa Inggris yang benar. 

Pastikan memilih tempat kursus terbaik. Cirinya bias diketahui dari sistem yang diterapkan. Kursus bahasa Inggris terbaik memiliki cara untuk mengetahui tingkatan kemampuan bahasa inggris seseorang. Nah dengan begitu nantinya kita pun akan memilih program yang tepat. 

EF contohnya memiliki test yang dilakukan sebelum siswa bergabung. Tujuannya untuk mengetahui kemampuan sehingga nantinya siswa bisa mengikuti program bahasa Inggris yang tepat.

Friday, 21 June 2019

Mau Sarapan Soto? Ini rekomendasi Warung Soto Lezat di Sleman

adipraa.com - "Daerah yogja ono papat kabupatene... Gunungkidul, Sleman, Bantul, Kulonprogo batese". Mengawali artikel kali ini, saya sedikit mengutip lirik lagu jadul tentang Jogja, yakni lagu yang berjudul Ngayogyakarta milik Genk Kobra. Sebenarnya tidak ada hubungannya dengan tema artikelnya ya, Hahaha. Lha wong kali ini cuma mau bahas rekomendasi kuliner soto di Sleman doang pake nyebutin semua kabupaten di Jogja. Judulnya pun mainstream banget, "Mau Sarapan Soto? Ini rekomendasi Warung Soto Lezat di Sleman". Simak ya gaes!

SOTO PAK SHOLEH AL-BAROKAH
Soto Pak Sholeh Al-Barokah | adipraa.com
Soto Pak Sholeh Al-Barokah
Daging sapinya joss, empuk dan rasanya juga segar. Itulah yang saya rasakan pertama kali mencicipi Soto Pak Sholeh Al-Barokah yang beralamat di Jalan Godean KM. 9 Sidokarto, Godean, Sleman. Selain daging sapi, di dalam seporsi soto ini ada bihun, kecambah, kol, wortel, daun bawang, dan bawang goreng. Saya hampir sering mengunjungi warung ini saat mengantar istri silaturahmi ke Kulon Progo.

SOTO MBOK DJINTEN
Soto Mbok Djinten | adipraa.com
Soto Mbok Djinten

Lokasi warung soto ini beralamat di Jalan Cempaka No. 119A Gempol, Condongcatur, Depok, Sleman. Warung ini berdiri sejak kehabisan kursi, itulah kalimat yang terpampang di sudut dinding warung ini. Hahaha. Saya paling sering tumbas (baca: beli) di warung ini untuk sarapan pagi, pasalnya dekat dengan rumah. Hidangan soto yang berkuah bening garapan Mbok Djinten memang Joss!

SAOTO BATHOK MBAH KATRO
Saoto Bathok Mbah Katro | adipraa.com
Saoto Bathok Mbah Katro
Berada tak jauh dari Komplek Candi Sambisari, warung soto ini penyajiannya menggunakan tempurung kelapa atau lebih kondang disebut dengan "Bathok". Untuk menemani menu utama sahabat bisa memilih aneka lauk berupa tempe goreng, sate usus atau sate telur puyuh. Setelah menikmati indahnya arsitektur Candi Sambisari, beristirahat dan makan di warung soto dengan suasana khas "ndeso" adalah pilihan yang tepat.
   
SOTO AYAM KAMPUNG PAK DALBE
Soto racikan Pak Dalbe memang banyak peminatnya. Soto istimewa berkuah bening ini awalnya berada di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di seberang Bank CIMB Niaga. Namun, kini sahabat bisa juga menikmatinya di warung cabangnya yang salah satunya berlokasi di Jalan Afandi Gejayan ujung utara.
Baca rekomendasi panganan di Jogja lainnya disini: Bakso Hunter! Ini Rekomendasi Kuliner Bakso Lezat Langgananku Di Jogja
Dalam seporsi soto ada nasi, irisan kol, tauge, bihun, daun seledri, bawang goreng, dan pastinya suwiran daging ayam kampung yang empuk. Jika mau lauk lainnya, warung soto ini juga menyajikan menu tambahan seperti gorengan, sate-satean, kepala ayam, bahkan sayap ayam. Yummy! Penasaran sama preview seporsi soto milik Pak Dalbe? Cuz deh meluncur ke warungnya. :p

***

Oke gaes! Itulah beberapa rekomendasi warung soto di daerah Sleman yang biasa atau sering saya sambangi dikala lapar melanda. Kalau sahabat suka soto dan tiba-tiba lapar pas lagi di Jogja khususnya daerah Sleman, mampir deh ya! Lezat pokoknya. Selamat menikmati. Maturnuwun. 

Thursday, 16 May 2019

Mlipir Mampir ke Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama

adipraa.com - Lama tak menyapa sahabat semua yang sering mampir meluangkan waktu berkunjung di blog ini. Emang ada? Wkwkwk. Ternyata rasa malas itu lebih dominan dan niat untuk update blog seringnya hanya sebatas niat saja. Oke, postingan kali ini cerita dolan bareng anak lanang saja ya, mlipir mampir ke Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama
Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama | adipraa.com
Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama

Kemarin sore (15/05), saya mlipir mampir ke Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama yang berlokasi di Jl. Jend. Sudirman No.75, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari perempatan Galleria Mall tancap gas ke arah barat sekitar 400 meter sebelum sampai di perempatan Gramedia Jl. Jend. Sudirman. Kemudian ambil lajur kanan, Museum ini berada di kanan jalan (utara jalan) dari perempatan tersebut. Museum ini berada di sebelah timur Hotel Swiss-Belboutique Yogyakarta.

Sebenarnya sudah sejak lama ingin ngajakin anak lanang main ke tempat ini. Saya hampir sering melintasi museum ini karena jalannya searah dengan jalur antar-jemput istri. Penasaran juga. Akhirnya kesampaian juga nengokin museum ini sepulang kantor bersama anak lanang.

Bangunan museum milik TNI Angkatan Darat ini berada di ujung barat Jalan Jenderal Sudirman dekat dengan Toko buku Gramedia. Museum ini merekam kisah perjuangan pada masa sesudah Indonesia merdeka. Sebelum beralih fungsi menjadi museum, bangunan ini awalnya digunakan sebagai markas komando resirem (makorem).
Pintu masuk museum otomatis | adipraa.com
Pintu masuk museum otomatis

Museum ini terbagi menjadi beberapa ruang, memasuki pintu utama museum ini yang dapat terbuka secara otomatis, di ruangan bagian depan sebelah kanan dan kiri terdapat diorama ruang kerja Letjen Urip Sumoharjo dan Jenderal Sudirman. Kedua ruang ini memberikan informasi riwayat hidup dua pahlawan besar tersebut.
Diorama Ruang Kerja Jenderal Sudirman | adipraa.com
Diorama Ruang Kerja Jenderal Sudirman
Melihat video multimedia | adipraa.com
Melihat video multimedia

Di ruang ini dilengkapi pula dengan video multimedia yang interaktif. Anak lanang tampak serius melihat video yang ditampilkan. Belajar ya nak! Jangan lupakan sejarah.
Anak lanang melihat diorama | adipraa.com
Anak lanang melihat diorama
Anak lanang melihat senjata | adipraa.com
Anak lanang melihat senjata

Museum Dharma Wiratama menyimpan beragam koleksi barang sejarah yang terdiri dari berbagai jenis persenjataan, seragam, bendera kesatuan TNI-AD, tanda jasa, foto dokumentasi hingga koleksi sejarah lain. Di museum ini, anak lanang terpukau melihat tampilan senjata-senjata yang ditata menghiasi sudut dinding museum ini.
Tank yang dipajang dekat parkir motor | adipraa.com
Tank yang dipajang dekat parkir motor

Di luar gedung museum, terdapat beberapa tank dan meriam yang dipajang. Namun anak lanang lebih nyaman di dalam ruangan yang lebih adem. Ayahnya juga prefer untuk ngadem daripada panas-panasan di luar ruangan. Maklum, lagi puasa. Wkwkwk.
Baca cerita plesiran lainnya disini: Puas Selfie Di Museum Angkut Malang
Okei gaes! Sekian dulu ceritanya. By the way, kalo pergi bareng anak kecil, sahabat suka ngajakin main kemana? Share di kolom komentar yuk. Maturnuwun.

Wednesday, 24 April 2019

Durasi Mencuci Muka Setiap Hari Berdasarkan Kondisi Wajah

adipraa.com - Kulit wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang paling membutuhkan perawatan. Sebab, wajah merupakan bagian tubuh yang paling sering dilihat saat kita berinteraksi dengan orang lain. Sehingga, untuk memberikan kesan yang baik, maka diperlukan perawatan kulit wajah secara rutin. 
Durasi Mencuci Muka Setiap Hari Berdasarkan Kondisi Wajah | adipraa.com
Durasi Mencuci Muka Setiap Hari Berdasarkan Kondisi Wajah

Untuk merawat kulit wajah, cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan cara mencuci wajah setiap hari. Namun, durasi mencuci wajah tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Karena setiap orang punya kondisi wajah yang berbeda-beda sehingga membutuhkan perawatan yang berbeda pula. Untuk itu, perhatikan ulasan berikut untuk mencuci wajah berdasarkan kondisi kulit wajah: 

KULIT SENSITIF
Jika memiliki kulit yang sensitif, maka harus tahu betul cara membersihkan wajah yang tepat. Karena, kulit wajah yang sensitif cenderung lebih mudah rusak dan bisa membuat penampilan terlihat kurang maksimal. Untuk membersihkan kulit wajah yang cenderung kering dan sensitif ini, maka usahakan untuk mencucinya sebanyak satu kali sehari saja. Karena, jika mencuci kulit wajah yang kering terlalu sering, maka hal tersebut akan membuatnya menjadi semakin kering. Oleh karena itu, jaga kelembaban kulit agar kulit wajah senantiasa sehat. 

KULIT BERMINYAK
Tidak semua orang punya kulit wajah yang kering atau lembab. Beberapa orang memiliki masalah pada kulit wajahnya yang terlalu berminyak. Jika kulit wajah berminyak, maka perlu diketahui seberapa sering harus mencuci wajah setiap harinya. Usahakan untuk mencuci wajah sebanyak 2 (dua) kali sehari yakni pada pagi hari dan pada malam hari sebelum tidur. Dengan mencuci wajah sebelum tidur, dapat mencegah minyak pada wajah saat tidur serta mencegah timbulnya jerawat pada keesokan harinya. Gunakan juga scrub 2 (dua) minggu sekali agar dapat membuat wajah terlihat lebih cerah. 

Itulah sedikit tips merawat wajah melalui proses pencucian berdasarkan jenis kulit wajah. Berbeda jenis kulit maka berbeda pula cara untuk merawat kulit wajah. Tapi, untuk membersihkan wajah, pastikan menggunakan produk yang berkualitas seperti Garnier. Karena, Garnier punya beragam produk yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit serta masalah kulit wajah.