Tuesday, 2 January 2018

Spot Wisata Keluarga di Yogyakarta

adipraa.com - Heyho, gaes! Hentakan musik dari Flogging Molly menemani saya untuk mencoba menulis sebuah artikel perdana di awal tahun ini. Tak ingin mengganggu heningnya malam, saya pun menggunakan earphone untuk menikmati alunan musiknya. Lalu, apa yang ingin saya tulis pada artikel kali ini? Karena masih awal tahun, jadi saya ingin mengulas tentang beberapa Spot Wisata Keluarga di Yogyakarta untuk kalian yang berkenan mampir di blog sederhana ini. Siapa tahu dapat membantu menentukan tempat wisata yang cocok untuk liburan keluarga di Jogja. Ada yang berencana liburan keluarga di Jogja?

Yogyakarta, bisa dikatakan menjadi surganya spot wisata. Daerah istimewa yang memiliki banyak pilihan tempat wisata keluarga yang tak hanya seru untuk anak-anak, namun juga menjadi sarana refreshing para orang tua. Ok, mari kita lihat beberapa rekomendasi Spot Wisata Keluarga di Yogyakarta berikut ini:

MUSEUM PUSAT TNI-AU DIRGANTARA MANDALA

Beberapa Pesawat Koleksi Museum Dirgantara | adipraa.com
Beberapa Pesawat Koleksi Museum Dirgantara
Jangan lupakan sejarah! Spot wisata keluarga satu ini dapat mengenalkan anak pada sejarah dunia kedirgantaraan. Anak-anak akan takjub melihat beberapa koleksi pesawat terbang yang jumlahnya cukup banyak. Lokasi Museum Pusat TNI-AU Dirgantara Mandala berada di Komplek Pangkalan TNI AU Lanud. Adisutjipto, Yogyakarta.

PANTAI KUKUP

Pantai Kukup | adipraa.com
Pantai Kukup

Buat yang suka main ke pantai, Jogja punya banyak pantai yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Kukup yang secara administrasi berada di wilayah Kabupaten Gunung Kidul. Uniknya pantai ini bila dibandingkan dengan deretan pantai lain yang dimiliki Yogyakarta yakni adanya pulau karang yang berada di sisi timur pantai. Pulau Karang ini dihubungkan dengan sebuah jembatan. Terdapat gardu pandang di pulau karang ini, menjadi spot favorit para pengunjung untuk mengambil gambar keindahan dari Pantai Kukup.
Panorama Pantai Kukup diambil dari Pulau Karang | adipraa.com
Panorama Pantai Kukup diambil dari Pulau Karang

Mau bermain air bersama anak, boleh! Meski karakteristik pantai selatan memiliki ombak yang cukup besar namun ombak di Pantai Kukup terbilang aman untuk bermain anak-anak. Kamu bisa duduk santai ditemani es kelapa muda sembari mengawasi anak-anak bermain air.

TLOGO PUTRI KALIURANG

Tlogo Putri Kaliurang | adipraa.com
Tlogo Putri Kaliurang

Ngadem yuk di kawasan Kaliurang, Sleman. Lagi-lagi ada banyak spot wisata keluarga yang menarik dikunjungi. Saya rekomendasikan untuk mendatangi objek wisata Tlogo Putri. Di tempat ini ada sebuah bendungan yang dipakai sebagi sarana bermain kano dan kapal bebek air. Di sekitar bendungan terdapat arena bermain anak yang cukup menyenangkan seperti ayunan, jungkat-jungkit, perosotan dan masih banyak lagi. Tak jauh dari bendungan tersebut, ada sebuah panggung hiburan yang setiap minggu tak pernah sepi dari kegiatan pentas. Baik itu pertunjukan seni tradisional maupun konser musik. 
Foto Bersama anak lanang di Tlogo Putri Kaliurang | adipraa.com
Foto Bersama anak lanang di Tlogo Putri Kaliurang

Suasana di kawasan ini sejuk dan segar, karena berada di lereng gunung merapi. Tempat ini layak dijadikan lokasi wisata keluarga karena memadukan konsep wisata alam dan wisata tirta. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang ada di objek wisata satu ini, mau pilih yang mana, Jadah-Tempe atau Sate Kelinci.

TAMAN PINTAR

Bermain di Taman Pintar Yogyakarta | adipraa.com
Bermain di Taman Pintar Yogyakarta

Salah satu tempat rekreasi keluarga yang menyelipkan unsur edukasi adalah Taman Pintar Yogyakarta. Spot Wisata Keluarga satu ini berada di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Kota Yogyakarta. Taman ini memiliki beragam alat peraga yang interaktif, pastinya anak-anak tidak akan bosan untuk belajar sembari bermain. Taman Pintar Yogyakarta, The Adventure of Science!
Belajar sistem katrol di Taman Pintar Yogyakarta | adipraa.com
Belajar sistem katrol di Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar sangat cocok untuk rekreasi sembari memberikan pendidikan tentang Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi (IPTEK) pada anak. Salah satu wisata pendidikan yang paling favorit yang Yogyakarta miliki.

SINDU KUSUMA EDUPARK (SKE) 

Cakra Manggilingan | adipraa.com
Cakra Manggilingan

Menghabiskan waktu di Jogja selalu tak ada bosannya, ada aja tempat wisata yang bisa dikunjungi. Satu lagi tempat bermain anak yang cocok untuk rekreasi keluarga, yakni Sindu Kusuma Edupark (SKE).
Sepeda Mabur | adipraa.com
Sepeda Mabur

Diresmikan pada tahun 2014 lalu, spot wisata keluarga ini memiliki beragam wahana yang menarik untuk dimainkan. Salah satu yang menjadi unggulan adalah wahana yang disebut Cakra Manggilingan, sebuah biang lala (Ferris wheel) raksasa. Saya lebih suka bermain Sepeda Mabur (UFO Bycycle), lumayan buat olah raga kecil-kecilan, mengayuh di atas ketinggian. Rasakan sensasi mengendarai sepeda di atas rel dengan ketinggian 3 meter menempuh perjalanan sekitar 100 meter. Ohya, objek wisata keluarga satu ini berlokasi di Jalan Jambon, Sinduadi, Mlati, Sleman, D.I. Yogyakarta.

KIDS FUN

Wahana Permainan di Kids Fun Yogyakarta | adipraa.com
Wahana Permainan di Kids Fun Yogyakarta

Sesuai namanya, spot wisata keluarga satu ini memanjakan anak-anak dengan berbagai wahana permainan yang menyenangkan. Nah, buat yang yang ingin berkunjung di Kota Gudeg dan ingin bersenang-senang dengan buah hati menikmati berbagai macam wahana permainan seru, maka Kids Fun bisa menjadi salah satu alternative tujuan wisata keluarga.

TAMAN PELANGI

Yang ingin menikmati wisata malam di Yogyakarta, coba kunjungi Taman Pelangi. Gemerlap lampion menghiasi sekeliling pelataran Museum Jogja Kembali atau yang biasa disebut Monjali. Secara administratif lokasi Taman Pelangi berada di Jalan Padjajaran (Ring Road Utara), Sariharjo, Ngaglik, Sleman. D.I. Yogyakarta.
Lampion Garuda Pancasila | adipraa.com
Lampion Garuda Pancasila

Lampion-lampion dibentuk beraneka ragam diantaranya menyerupai pohon, hewan, dan lain sebagainya. Sambil menikmati suasana malam hari yang penuh warna, ada pula wahana-wahana seru yang bisa dimainkan bersama keluarga di Taman Pelangi Yogyakarta mulai dari trampolin, becak mini, kereta mini, dan masih banyak lagi. Atau mau yang bikin merinding disco, masuk saja ke Puri Hantu. Entah apa di dalamnya karena saya sendiri belum berani untuk menjajalnya. Lol!
Baca juga spot wisata keluarga lainnya disini: The World Landmarks, Menikmati Wisata Selfie Di Kawasan Lereng Gunung Merapi Jogja
Okey, itulah beberapa rekomendasi spot wisata keluarga di Yogyakarta. Adakah yang nyangkut untuk dijadikan target liburan bareng keluarga di tahun ini? Mumpung masih awal tahun, rencanakan wisata keluarga dengan mengunjungi Yogyakarta. Yuk, bergembira di Jogja! Maturnuwun.
Previous Post
Next Post
Related Posts

29 comments:

  1. Jogja memang surganya buat tempat berlibur. dari yang mainstream sampai yang nggak mainstream, dari yang wisata alam sampai wisata edukasi. Semuanya ada. mantaaaaap

    ReplyDelete
  2. Jadi, kalau banyak spot wisata begini, harus berapa hari nginap di Jogja yaaa? Bikin mupeng semua tempatnya..
    Thanks infonya Mas, wishlist saya tambah panjang nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebanyak-banyaknya mbak Dian. Hehehe. Thanks for coming here.

      Delete
  3. Pengen ke sindu sama taman pintar nih yang belum kesampaian

    ReplyDelete
  4. Belum ada yang saya kunjungi :( Padahal kemarin baru ke Jogja, cuma ke Pantai Parangtritis sama Candi Boroburu. Karena keterbatasan waktu juga sih :D Semoga bisa mengunjungi spot-spot di atas ya lain waktu kalau ke Jogja ^^

    ReplyDelete
  5. jogja memang masih tetap jadi pilihan terbaik untuk liburan, apa lagi bareng keluarga tercinta

    ReplyDelete
  6. wah banyak banget ya spot wisata di jogja ...pingin ke taman pintar belum kesampaian, takut macet he he

    ReplyDelete
  7. Yang Sindu aku malah belum pernah mas...Tfs...

    ReplyDelete
  8. isi postingan ini bisa dijadikan buat referensi karena ini lagi musim liburan. kebetulan aku org jogja dan beberapa spot yg dijelaskan di atas lumayan tahu. he he.

    ReplyDelete
  9. Waaaah, jadi kangen pengen pulaaaang

    ReplyDelete
  10. Kalau ke Jogja, saya pengen kulinerannya :)

    ReplyDelete
  11. Woow!! Bukan hanya terkenal kota pelajar saja yaa!! Tapi jogja juga ternyata punya tempat wisata yang boleh dikatakan beraneka ragam..😄😄

    ReplyDelete
  12. Dari spot wisata yang disebutkan di atas, aku cuma mampir ke Taman Pintar doang. Huhu.
    Tempat yang kukunjungi selama di Jogja kemarin: Jalan Malioboro (udah pasti), Tugu Jogja (ya kebetulan dekat sama jalan Malioboro), Taman Pintar, alun-alun kota jogja. Heheh

    ReplyDelete
  13. Bener, jogja emang surganya tempat wisata. Selalu pengin kesana lagi dan lagi. Dari beberapa spot wisata yang disebutin di atas, baru pernah ke Pasti Kukup sama Taman Pindah aja.

    ReplyDelete
  14. Thanks for sharing. Cocok nih buat kaum kaum yang kalo ke jogja cuma ke malioboro doang, hehe

    ReplyDelete
  15. Lihat pantai Kukup itu aku jadi ingat Bali..mirip yaa

    ReplyDelete
  16. Lengkp ya ulasannya,,mulai dari pantai smpai ke taman,,
    Blm pernh ke ske dan taman pelangi,, yg lainnya sudah klo.gak salah

    ReplyDelete
  17. Tempatnya keren-keren dan sangat menarik.
    Jadi pengen ngunjungin semuanya. 😄

    ReplyDelete
  18. Gunung Kidul surganya pantai ya Mas. Dua kali main ke Gunung Kidul rasanya gak mau pulang haha

    ReplyDelete
  19. Makin banyk aja tempat wisata di jogja yaaaa :) . Aku srg kesana, tp jrg eksplor kotanya, krn biasanya lgs balik ke solo mas. Tp anak2 nih yg blm pernah ke jogja. Jd pgn ajakin mereka :). Kalo yg pantai itu pasti seneng mereka :D

    ReplyDelete
  20. Aku penasaran pengen ke sindu kusuma, Mas. Banyak orang yang mengabadikan foto dengan background kincir angin itu, sepertinya bagus..he

    ReplyDelete
  21. Sindu Kusuma Edupark sudah pernah mas, ramah buat anak, De mata ga masuk daftar kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. D'Mata jg asik buat wisata keluarga :) Makasih kunjungannya broh.

      Delete
  22. wah aku tinggal di jogja baru tau ada museum dirgantara gitu. *langsung masuk list*

    ReplyDelete
  23. Bianglala nya keren. Di tempat saya paling bisa naik biang lala kalo lagi ada pasar malam, tapi udah jarang sekarang mah

    Noted mas! Thanks ...

    ReplyDelete
  24. Saya malah belum pernah ke sindu edupark..:) sepertinya bagus juga ya....

    ReplyDelete
  25. Mesti ke Jogja lagi niiih.. Banyak banget tempat wisata yang belum dikunjungi.. Mau Taman Pelangi sama Museum Dirgantara itu.. Harga masuknya masih terjangkau juga kan ya..

    ReplyDelete
  26. Wah ulasannya cocok ni mas, jadi referensi ketika mau ajak ponakan foto2 kece di Jogja. Nuwun yaaa

    ReplyDelete