Thursday 3 August 2023

Info Acak Tentang Permen Karet: Menggali Hubungan Antara Permen Karet dan Kognisi

adipraa.com - Siapa disini yang suka mengunyah permen karet? Mengunyah permen karet memberikan sensasi menyenangkan dan permen karet sering dikaitkan dengan manfaat seperti membantu menjaga kebersihan mulut dan meredakan stres. Namun, penelitian menunjukkan bahwa sering mengunyah permen karet dapat berdampak negatif pada ingatan jangka pendek seseorang. 
Info Acak Tentang Permen Karet: Menggali Hubungan Antara Permen Karet dan Kognisi
Info Acak Tentang Permen Karet: Menggali Hubungan Antara Permen Karet dan Kognisi

Salah satu alasan mengapa sering mengunyah permen karet dapat merusak ingatan jangka pendek adalah karena konsentrasi terganggu. Ketika seseorang mengunyah permen karet, tubuh mempersiapkan diri untuk menerima makanan, termasuk aliran darah yang meningkat ke perut untuk memulai proses pencernaan. Ini dapat menyebabkan pengalihan aliran darah dari otak ke perut, yang mengurangi jumlah oksigen dan nutrisi yang diterima oleh otak. Sebagai akibatnya, seseorang mungkin mengalami kesulitan dalam fokus dan mengingat informasi dengan tepat. 

Selain itu, mekanisme sederhana dari gerakan mengunyah permen karet juga dapat menjadi distraksi bagi otak. Aktivitas mengunyah dapat menimbulkan efek psikologis yang menenangkan, namun, hal itu juga bisa menyebabkan gangguan pada mekanisme memori otak. Dalam proses mengingat dan menyimpan informasi dalam ingatan jangka pendek, otak memerlukan fokus dan konsentrasi yang optimal. Jika perhatian otak tercerai-berai karena mengunyah permen karet, maka informasi yang diinginkan akan lebih sulit untuk diolah dan diingat. 

Selain itu, beberapa permen karet mengandung zat-zat tertentu, seperti aspartam atau bahan pemanis buatan lainnya, yang dapat berdampak negatif pada fungsi kognitif. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa aspartam dapat menyebabkan gangguan pada kinerja kognitif, termasuk memori jangka pendek. Meskipun zat ini ditemukan dalam jumlah kecil dalam permen karet, konsumsi berlebihan dari permen karet ini dapat menyebabkan akumulasi aspartam dalam tubuh dan potensialnya merusak fungsi kognitif. 

Kebiasaan mengunyah permen karet juga dapat mempengaruhi pola pikir dan kreativitas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika seseorang mengunyah permen karet saat bekerja pada tugas-tugas kreatif, daya cipta dan kemampuan untuk berpikir out-of-the-box berkurang. Hal ini mungkin karena mengunyah permen karet dapat menciptakan pola berpikir yang lebih terstruktur dan sistematis, yang berlawanan dengan kreativitas yang mengandalkan pemikiran bebas dan tidak terbatas. 

Untuk mengurangi dampak negatif dari mengunyah permen karet pada ingatan jangka pendek, disarankan untuk mengurangi konsumsi permen karet secara berlebihan. Jika perlu tetap merasa segar dan konsentrasi, cobalah alternatif lain seperti mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi yang dapat meningkatkan konsentrasi, seperti buah-buahan segar. Berolahraga secara teratur dan menjaga pola makan yang sehat untuk membantu meningkatkan fungsi kognitif secara keseluruhan. 

Ok, mengunyah permen karet secara berlebihan dapat merusak ingatan jangka pendek karena gangguan pada konsentrasi, distraksi mental, dan mungkin adanya bahan kimia tertentu dalam permen karet yang dapat mempengaruhi fungsi kognitif. Jadi, bijaksanalah dalam mengkonsumsi permen karet agar tetap dapat menjaga kesehatan otak dan fungsi kognitif yang optimal. Semoga bermanfaat!
Previous Post
Next Post
Related Posts

1 comment:

  1. Dulu saat sekolah sering mengunyah permen karet. Sekarang sudah menghindari karena pemanis buatan yang berlebihan. Sekarang sudah beralih ke permen penyegar tenggorokan yg tidak mengandung gula (free sugar)

    ReplyDelete