Rabu, 15 November 2017

Berlarian kesana-kemari di Pantai Teleng Ria Pacitan

adipraa.com - Tiba di Parai Teleng Ria Beach Resort menjelang maghrib, segera saya bebersih diri di kamar untuk persiapan sholat sebelum beranjak menikmati makan malam. Meski dalam hati sedikit kecewa karena melewatkan momen sunset di Pantai Teleng Ria, tak jadi masalah! Badan masih terasa lelah menempuh perjalanan Jogja-Pacitan yang kondisi jalannya naik-turun dan meliuk-liuk. Toh, masih ada hari esok untuk meng-eksplore salah satu pantai eksotis di Pacitan ini.
Parai Teleng Ria Beach Resort | adipraa.com
Parai Teleng Ria Beach Resort 

Meski Pacitan lebih dikenal sebagai Kota 1001 Goa, namun pesona wisata baharinya tak kalah menarik untuk dikunjungi. Sebut saja Pantai Teleng Ria, salah satu "Surga Tersembunyi" yang dimiliki Indonesia. Dengan luas sekitar empat puluh hektar dan bentangan garis pantai sejauh dua setengah kilometer, pantai ini memiliki pemandangan indah yang tiada duanya.
Panorama Pantai Teleng Ria di Pagi Hari | adipraa.com
Pantai Teleng Ria di Pagi Hari

Berlarian kesana-kemari dan tertawa | adipraa.com
Berlarian kesana-kemari dan tertawa

Pantai dengan relief cenderung landai ini diapit oleh pegunungan Limo. Tebing-tebing tinggi membentuk huruf U yang mengapit seakan melindungi pantai ini. Kombinasi pemandangan yang terbilang unik, yaitu perpaduan antara panorama hijau pegunungan menyatu dengan indahnya deburan ombak pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Fabiayyi ala irobbikuma tukadziban...

Panorama Pantai Teleng Ria | adipraa.com
Panorama Pantai Teleng Ria

Hamparan Rumput Hijau di Pantai Teleng Ria | adipraa.com
Hamparan Rumput Hijau di Pantai Teleng Ria

Minggu (12/11), sekitar pukul 5 (lima) lebih sedikit, saatnya keluar kamar untuk menikmati pagi di Pantai Teleng Ria. Jangan tanya udah mandi atau belum ya, yang pasti masih bau bantal. Tak butuh waktu lama untuk sampai ke pantai eksotis di wilayah Pacitan, Jawa Timur ini, karena lokasi resort berada di pinggir pantai. Sesampainya di Pantai Teleng Ria, saya lihat suasananya masih sepi. Belum banyak pengunjung yang datang.



Di Pantai Teleng Ria, anak lanang leluasa berlarian kesana-kemari. Bersenda gurau dengan gulungan ombak yang menggodanya. Tentu saja tetap dalam pengawasan. Siapa sih yang tidak bahagia melihat anaknya bermain dengan riang gembira. Tak ketinggalan saya dokumentasikan dalam sebuah video sederhana untuk dijadikan kenang-kenangan. Selesai bermain bersama anak lanang, kami pun kembali ke resort untuk mandi dan sarapan di sea view resto.
Naik Dokar di Pantai Teleng Ria Pacitan | adipraa.com
Naik Dokar di Pantai Teleng Ria Pacitan
Usai sarapan dan tentunya badan sudah wangi, saya dan anak-bojo kembali menjelajahi Pantai Teleng Ria. Kali ini berkeliling dengan menggunakan dokar. Awalnya, anak lanang takut untuk naik. Dia mau naik dokar asalkan duduknya di tengah ayah-bundanya. Oke, boleh nak!
Duduk di tengah ayah-bundanya | adipraa.com
Duduk di tengah ayah-bundanya




Yup, Pantai Teleng Ria juga memiliki sarana dokar yang dapat disewa untuk berkeliling menikmati suasana di kawasan wisata bahari satu ini. Dengan membayar 60 (enam puluh) ribu rupiah, kamu bisa naik dokar menikmati deburan ombak pantai yang bergulung-gulung plus pemandangan pegunungan di sekitar pantai. Rute dokar yang kami tumpangi juga melewati pasar ikan dan resto-resto di pinggir pantai.
Kampoeng Cemara Pantai Teleng Ria Pacitan | adipraa.com
Kampoeng Cemara Pantai Teleng Ria Pacitan

Tak hanya menyuguhkan panorama pantai yang mempesona, Pantai Teleng Ria juga memiliki area teduh berupa barisan pohon cemara. Area ini dinamakan Kampoeng Cemara. Sebuah tempat yang sangat nyaman untuk bersantai sembari menikmati keindahan Pantai Teleng Ria Pacitan.
Rimbunnya Pohon Cemara di Pantai Teleng Ria | adipraa.com
Rimbunnya Pohon Cemara di Pantai Teleng Ria
Peace! | adipraa.com
Peace!

Rimbunnya barisan pohon cemara ini berlokasi di sepanjang bibir pantai. Cocok untuk berteduh menggelar tikar dan membuka bekal yang bisa dinikmati bersama keluarga tercinta. Hembusan angin Pantai Teleng Ria pun ikut menambah sejuknya area ini. Puas berkeliling naik dokar, saya lanjut menikmati sejuknya suasana di Kampoeng Cemara ini. Yuk swafoto!
Ada Mural di Pantai Teleng Ria | adipraa.com
Ada Mural di Pantai Teleng Ria

Eh, ada mural di Pantai Teleng Ria. Upload sekalian ya gaes! Mural bergambar wanita dengan busana bikini yang diserang hiu, paus dan gurita ini saya temukan mejeng di dinding Pos Life Guard Pantai Teleng Ria. Nice one! 
Baca cerita liburan di Pacitan lainnya disini : Menikmati Sayur Kalakan Dan Cemoe Di Kampoeng Nelayan Resto
Sekian dulu cerita liburan di Pantai Teleng Ria Pacitan kali ini. Tak kalah menarik, nanti dilanjut cerita berkunjung ke Goa Tabuhan. Ditunggu ya gaes! Jika berkenan, jangan lupa untuk Like dan Share artikel ini. Maturnuwun.
Previous Post
Next Post
Related Posts

20 komentar:

  1. pantai selalu indah, ingin nyebur

    BalasHapus
  2. indah banget pemandangan pantainya, kapan-kapan kalau ke Jogja lagi aku pasti bakalan mampir ke sini deh. Terimakasih infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punten, Pantai Teleng Ria ini di Pacitan, bukan di Jogja. *fast reader detected

      Hapus
  3. Enak yah om, halan halan terus bersama keluarga tercinta 😀

    BalasHapus
  4. Belum pernah nyoba ke pantai ini. Selalu ragu, krn katanya akses jalan masih susah untuk city car. Bener ga mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Sulis, tracknya naik-turun dan meliuk-liuk. Lumayan berat jika berkendara sendiri.

      Hapus
  5. masih dalam suasana piknik, bos. ha ha ha. keren ini. seperti biasa ya kalo ada mural pasti langsung difoto. ditunggu cerita di goa tabuhannya. salam.

    BalasHapus
  6. pantainya bagus bangettt... dari dulu pengen ke pacitan tapi ngga sempet-sempet padahal ngga begitu jauh dari tempatku :(

    BalasHapus
  7. Mas adi.. Kubaru tau lho ada pantai namanya Pantai Teleng Ria. Ada sejarahnya ga sih dinamai begitu? Dan seumur umur saya blm singgah ke daerah Jawa Timur...SUATU saat nanti sepertinya harus bisa ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara administratif berada di Dusun Teleng, Desa Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jadi namanya Teleng dengan penambahan Ria sbg ungkapan sukacita... Teleng Ria. :)

      Hapus
  8. Wih.. mupeng banget mas lihat pantainya. Aku penasaran...

    BalasHapus
  9. lihat foto panoramanya
    bikin hati tenang
    nim,at tuhan mana lagi yang kau dustakan
    bener bener indah
    jadi kepengen kesana :

    BalasHapus
  10. Bagus juga ya pantainya ada banyak pohon cemaranya lagi, buat hunting foto bagus kayaknya. Kenapa gak ke pantai klayar aja? kan lebih bagus kayaknya XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Yusuf, spot cemaranya banyak dicari untuk hunting foto. Next time ke Klayar, kalau ada kesempatan. Penasaran sama Seruling Laut yg menjadi spot istimewa Pantai Klayar

      Hapus
  11. Lihat foto-fotonya..satu kata: mupeng!
    Bagus Pacitan yaa...Jadi pengen ke sana sekalian pas mudik Madiun Desember nanti. Aamiin..

    Makasih infonya Mas..Ini blognya rapi banget ya lay out foto dan teksnya..enak bacanya. Saya suka..saya suka:)

    BalasHapus
  12. Bagus banget, ya? :D Aku belum pernah sekali pun ke Pacitan. Jadi pengen ke sana.

    BalasHapus
  13. bagus juga tepi pantainya, pantai dikampung saya tidak sebagus itu.

    BalasHapus
  14. Pantainya bersih dan cocok sekali ya buat plesiran bersama keluarga, saya yang setiap mudik terkadang lewat Pacitan. Belum pernah mampir ke sini xixi, anak-anak pun happy banget nih. Family time sederhana tapi menyenangkan ya mas

    BalasHapus
  15. Mas Adi ini sepertinya pecinta mural ya hehe..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan pecinta, hanya penikmat saja. :)

      Hapus