Sunday 30 July 2023

780 Meter Bendera Merah Putih Terbentang Di Pedukuhan Karang

adipraa.com - Pedukuhan Karang di Nanggulan, Kulon Progo, menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 dengan penuh kebanggaan dan semangat patriotisme yang membara. Masyarakat di daerah ini memilih cara yang unik untuk merayakan momen bersejarah tersebut dengan membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 780 meter.
Bendera Merah Putih Sepanjang 780 Meter
Bendera Merah Putih Sepanjang 780 Meter

Pada pagi hari yang cerah, hari sabtu (29/7/2023), semangat kemerdekaan sudah terasa menyelimuti Pedukuhan Karang. Masyarakat berdatangan dari berbagai sudut, bekerja sama membantu menaikkan bendera Merah Putih yang telah dipersiapkan sebelumnya. Semangat gotong-royong tercermin dari kegiatan ini, di mana semua warga turut berperan aktif dan berkontribusi untuk memasang bendera merah putih.
Gotong Royong Warga Pedukuhan Karang
Gotong Royong Warga Pedukuhan Karang

Rangkaian bendera Merah Putih yang telah disiapkan dengan penuh cinta dan kehormatan segera dinaikkan ke atas, diikat dengan erat di tiang-tiang yang telah disiapkan sebelumnya. Setiap jengkal bendera melambangkan semangat kebangsaan dan kemerdekaan yang tak tergoyahkan. Tangan-tangan yang berbeda bahu-membahu mengangkat rangkaian bendera tersebut, mencerminkan persatuan dan persaudaraan yang mengalir di antara warga Pedukuhan Karang.

Sorak-sorai kegembiraan bergema di udara ketika bendera Merah Putih berhasil terbentang dari ujung utara hingga ujung selatan wilayah Pedukuhan Karang. Keheningan sejenak membungkus seluruh kehadiran saat bendera tersebut berhasil dinaikkan mencapai ukuran panjang penuhnya. Semangat patriotisme membara dalam diri setiap individu, menegaskan komitmen mereka untuk terus menjaga keutuhan negara dan memperjuangkan kemerdekaan.

Bendera Merah Putih yang mengibarkan semangat nasionalisme juga menjadi saksi bisu dari sejarah perjuangan bangsa. Ia mewakili perjuangan para pahlawan yang telah berkorban jiwa dan raga untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari cengkeraman penjajahan.

Saya pun merasakan langsung semangat kemerdekaan yang membara dari dalam hati masyarakat setempat dengan mengabadikannya dalam bentuk artikel di blog ini.
Bendera Merah Putih di malam Hari
Bendera Merah Putih di malam Hari

Membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 780 meter di Pedukuhan Karang, Nanggulan, Kulon Progo, menjadi bukti nyata dari rasa cinta tanah air dan kebersamaan yang mengalir dalam setiap nadi warga. Momentum bersejarah ini mengajarkan kita untuk menghargai nilai-nilai persatuan, gotong-royong, dan semangat kebangsaan sebagai fondasi utama dalam membangun bangsa yang maju dan harmonis. Semoga semangat ini tetap menyala dan menjadi api suci yang mengobarkan semangat bangsa Indonesia, selalu dan sepanjang masa. Merdeka!
Previous Post
Next Post
Related Posts

30 comments:

  1. Wow sudah persiapan buat tujuh belas agustus

    ReplyDelete
  2. Bulan Agustus bulannya merah putih. Ada bangga di dada memandang sang merah putih berkibar dengan gagah, apalagi ini sepanjang 780 meter ya

    ReplyDelete
  3. Semasa kecil saya senang jika masuk bulan Agustus, letupan-letupan nasionalisme dalam diri seolah terbangun dari tidur. Namun saya seringkali menulis bahwa hal-hal seremonial seperti itu mesti selaras dengan integritas dalam diri. Jangan sampai tiap daerah menampkan gambaran "cinta tanah air" namun jiwa dan perilakunya jauh dari nilai-nilai Pancasila. Seperti halnya tiap tahun upacara bendera, setiap tahun pula kasus korupsi terjadi. Tiap tahun buat beragam atraksi tapi tiap tahun juga urus kebutuhan membutuhkan recehan. So, perayaan penting, tapi jauh lebih penting lagi membumikan substansi.

    ReplyDelete
  4. wihh.. panjang bener bendera-nya sampe 780 meter, pasti ribet bgt masangnya.. untung aja gotong royong kerja bareng2.. hehee

    ReplyDelete
  5. Wah dikampungku juga sama mbak, sudah banyak aksesoris merah putih yang terpasang disepanjang jalan dan dikantor2 juga sama, cuma gak ada sehebat di Pedukuhan Karang yang membentangkan merah putih sepanjang 780 meter. Wah benar-benar butuh kerjasama yang luarbiasa ya karena memasang nya aja butuh waktu dan tenaga banyak pastinya. Merdeka!

    ReplyDelete
  6. Orang2 yang pernah hidup di masa penjajahan akan merasa terharu dengan suasana itu.. dimana dulu, menurut cerita kakek nenek saya, sangat sulit mengibarkan bendera merah putih walau bendera kecil sekalipun. Jika ada yang berani, ditembak penjajah dengan kejam. Apalagi di zaman penjajahan Jepang, keadaan sungguh mencekam. Maka bersyukurlah kita hidup di alam kemerdekaan.

    ReplyDelete
  7. Di lingkungan saya mulai malam Minggu ini menghias dengan umbul umbul dan bendera .

    ReplyDelete
  8. Kereeeen. Sumpah ini tuh keren banget dan kenapa di kampung saya gak dibikin kek gini, padahal bisa lebih panjang dari ini.

    ReplyDelete
  9. Waah gokil bangettt udah persiapan kemerdekaan. Bendera merah putihnya panjang bangettt :' terharu sendiri lihatnya..

    ReplyDelete
  10. Wah kreatif sekali. Di daerah tinggal saya juga sudah persiapan agustusan. Kerukunan dan kebersamaan warga jadi terlihat dan semakin hangat.

    ReplyDelete
  11. Sekarang sedang viral menolak Panjat Pinang karena berbahaya. Dan saya setuju, Panjat Pinang dicoret dari daftar permainan Agustusan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kasihan yg dibawah ya, menahan beban berat. Dan kalau sdh di atas jg perlu hati2 kalau jatuh bisa wassalam....

      Delete
  12. Keren di ulang tahun Indonesia nanti yang ke-100, bakal 1 kilometer nih panjangnya. Selalu terharu sama masyarakat yang menyambut kemerdekaan dengan begitu antusias dengan caranya masing-masing.

    ReplyDelete
  13. Kalau membaca kata kulonprogo, saya langsung teringat dengan menjamurnya desa-desa wisata yang cantik di sana. Keren dan salut dengan Nanggulan, Kulonprogo yang sukses membentangkan sang merah putih hingga 780 meter. Terbayang meriahnya perayaan 17an nanti di sini.

    ReplyDelete
  14. Wow! Merinding lo aku pas pertama kali lihat gambarnya. Keren banget ini gotong royongnya. Wah semoga perayaan Agustusan tahun ini lancar dan bisa membawa kebaikan bagi semua pihak ya kak. Keren.. Keren...

    ReplyDelete
  15. Keren banget bendera merah putih panjangnya sampai 780 meter, pasti perayaan HUT RI ke-78 di DI Yogyakarta akan sangat meriah. Selamat hari kemerdekaan Indonesia.

    ReplyDelete
  16. Unik jg nih cara ngerayain HUT ke-78 RI. Mgkn kl 78 meter jadinya kyk pendek bgt ya. Kalo 780 meter kan emg bs menjangkau satu dukuh. Mgkn itu jg blm mencakup 1 dukuh tuh.

    Jayalah Indonesia.

    ReplyDelete
  17. memasuki bulan Agustus feelnya memang beda ya, terasa banget meriahnya menyambut HUT RI
    di lingkungan rumahku dari minggu lalu, sudah diinstruksikan untuk memasang bendera di depan rumah, satu gang terlihat meriah, kompak semua dengan bendera merah putih
    apalagi nanti pas ada lomba lomba, heboh banget pokoknya

    ReplyDelete
  18. Wah. Seruuuuuuuu! Pemandangan yang begini nih yang bikin jiwa nasionalisme semakin membara. Merdekaaaa!

    ReplyDelete
  19. Langsung kebayang panjangnya bendera yang terbentang dan dibumbui rasa semangat menyambut hari kemerdekaan. Seru banget tiap daerah punya keunikan tersendiri pada momen 17an

    ReplyDelete
  20. bendera Merah Putih sepanjang 780 meter di Pedukuhan Karang, Nanggulan, Kulon Progo ini sangat mengagumkan
    Bikin suasana menyambut hari kemerdekaan semakin meriah ya kak

    ReplyDelete
  21. Wiiih keren! Beda dari yang lain. Biasanya sepanjang jalan benderanya dikibarkan banyak dan diberi jeda sekian meter. Ini langsung pasang satu bendera sepanjang itu. Warganya pasti kompak banget deh

    ReplyDelete
  22. Wah, panjang banget! jadi terkenang-kenang nih Agustusannya. Di desaku masih yang biasa aja sih. Nanti nunggu 17-an baru ramai dah sama acara lomba dan lainnya

    ReplyDelete
  23. Senang sekali kalo lihat warga kampung masih semangat aktif dalam hal positif memeriahkan bulan kemerdekaan, ah jadi kangen kampung halaman....

    ReplyDelete
  24. Keren banget membentang sepanjang itu.
    Di tempat daku masih dihiasi dengan umbul2 sih kak.
    Yang penting semangat merah putih jangan pernah pupus yak, merdeka!

    ReplyDelete
  25. Baca tulisan ini jadi inget belum pasang bendera di depan rumah.. :) Harus segera, nih.. Gak kerasa udah menjelang 17an lagi. Keren banget, kompak warganya pasang bendera sampai sepanjang itu.. :)

    ReplyDelete
  26. Wawwww luar biasaaa...
    780 meter aku nggak bisa bayangin itu panjangnya semana :D

    ReplyDelete
  27. Luar biasa ini semangat 45 untuk kemerdekaan Indonesia karena kita sendiri yang akan memajukan negeri ini dan membanggakan kepada dunia

    ReplyDelete
  28. Memasuki bulan kemerdekaan memang nuansanya beda ya. Terasa semangat dan kegembiraan yang khas. Dari bendera yang terpasang dan kegiatan-kegiatan khususnya.

    ReplyDelete