Spot Wisata Keluarga Di Yogyakarta Berlarian Kesana-Kemari Di Pantai Teleng Ria Pacitan OMG, Ada Jajanan Dan Mainan Masa Kecil Di Mbokjajan Arung Jeram Di Sungai Progo Bersama Arus Progo Rafting Bahagia Bersama Keluarga Di Taman Rekreasi Selecta Berfoto Bersama Keindahan Pantai Siung Di Atas Batu Karang

Sunday, 4 June 2017

Manis Dan Asamnya Rasa Wajik Salak

Manis dan Asamnya Rasa Wajik Salak | adipraa.com
Manis dan Asamnya Rasa Wajik Salak
Adipraa.com - Saat berkunjung ke rumah orang tua, saya ditawari oleh ibu satu kuliner yang baru pertama kali melihat dan mendengar. "Mau wajik salak ga, Di!" begitu kata beliau. Mungkin teman-teman ada yang sudah pernah melihat, mendengar atau bahkan mencicipinya. 

Salak pondoh merupakan salah satu komoditas hasil perkebunan masyarakat Sleman, khususnya di daerah Turi. Buah satu ini memang menjadi salah satu oleh-oleh khas Jogja. Sekali mencicipi, tak akan cukup satu buah untuk dinikmati. Kali ini, kita akan membahas makanan olahan berbahan dasar salak ya. 
Wajik Salak | adipraa.com
Wajik Salak
Ragam menu makanan dari buah berkulit mirip sisik ular itu bernama Wajik Salak. Wajik salak dibuat dari daging buah salak pondoh asli. Dari informasi yang saya dapatkan dari ibu saya, Cara membuatnya cukup simpel. Komposisi bahannya terdiri dari Salak, gula dan kelapa. 

Cara membuatnya, pertama salak dikupas dan dibuang isi bijinya. Lalu salak dan kelapa diparut dan dihaluskan hingga lumat. Kemudian diuleni bersama gula hingga merata dan berair. Adonan itu lalu disangrai hingga menjadi kental dan pulen. Nah, ini yang paling penting, selagi panas adonan dibentuk bulat-bulat. Karena saat dingin akan mengeras dan susah untuk dibentuk. 
Tekstur Wajik Salak | adipraa.com
Tekstur Wajik Salak
Makanan olahan berbahan salak ini dikemas dalam plastik kecil layaknya permen. Saat saya cicipi, teksturnya keras dan kasar tapi rasanya enak. Cita rasa salak yang manis namun sedikit asam sangat terasa dilidah. 

Kata Ibu, Wajik Salak awet disimpan hingga satu bulan. Sangat cocok disajikan untuk tamu yang berkunjung di rumah atau sekedar teman santap saat bersantai bersama keluarga. Segerrrr.
Previous Post
Next Post
Related Posts

13 comments:

  1. Wah, saya baru tau ada wajik dengan bahan dasar salak. Keren

    ReplyDelete
  2. Waaahhh baru tau.. Kalo salak pondohnya sendiri sih doyan banget mas... Kalo dijual harga wajik salaknya berapaan mas? Kalo ke jogja nanti pgn cari deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Informasi yg saya dapat dari ibu, per bungkusnya isi 10 biji dibanderol harga 7500-an Mbak. Enak jg kok mbak.

      Delete
  3. Baru tau ada wajik salak. Pas ke Jogja kemarin gak nemu nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smg lain waktu nemu mbak saat berkunjung ke Jogja lagi

      Delete
  4. Sama dengan semua komentar di sini, saya pun baru tau ada wajik salak. Sebetulnya saya gak pernah suka dengan wajik apapun. Tapi keluarga saya banyak yang suka. Kalau dioleh-olehin wajik biasanya pada senang :)

    ReplyDelete
  5. Baru tau salak bisa dibuat wajik, saya taunya dibuat manisan, dirujak atau dimakan segar saja

    ReplyDelete
  6. Wah, cocok nih buat hidangan tamu pas lebaran, itu sama nggak ya ama jenang salak atau jenang buah lain mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bedanya kalau jenang itu cenderung empuk atau kenyal. Wajik salak bertekstur kasar dan keras, mbak.

      Delete
  7. Kesukaan saya banget neh. Temenku sering banget kirim, bahkan dia membuatnya sendiri.

    ReplyDelete
  8. Baru tau kalo ada wajik salak...hahaa

    ReplyDelete
  9. kalau di tempat saya selain salak Pondoh yang terkenal satu lagi itu Salak Padang Sidempuan. Selama ini cuma pernah icip olahan salah yang versi manisan, kalau Wajik gini belum

    ReplyDelete
  10. di jl kaliurang di mbak carik ada mas...makanan kas jawa bingit...di amerika gak ada loh... :)

    ReplyDelete