Spot Wisata Keluarga Di Yogyakarta Berlarian Kesana-Kemari Di Pantai Teleng Ria Pacitan OMG, Ada Jajanan Dan Mainan Masa Kecil Di Mbokjajan Arung Jeram Di Sungai Progo Bersama Arus Progo Rafting Bahagia Bersama Keluarga Di Taman Rekreasi Selecta Berfoto Bersama Keindahan Pantai Siung Di Atas Batu Karang

Friday, 9 February 2018

3 Kuliner Nikmat di Sekitar Terminal Condongcatur

adipraa.com - Terminal Condongcatur, terminal yang menjadi salah satu lokasi transit bus Trans Jogja ini berjarak sekitar lima puluh meter sebelah utara simpang empat Jalan Padjajaran (Ringroad Utara dan Jalan Affandi (Gejayan). Secara administratif berada di wilayah Condongcatur, Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta. Terminal ini menjadi jalur bus Trans Jogja Trayek 1B, 2A, 2B dan 3A. Dewasa ini, terminal Condongcatur punya wajah baru, yakni gapura pintu masuk yang telah selesai direnovasi. 
Gapura Pintu Masuk Terminal Condongcatur | adipraa.com
Gapura Pintu Masuk Terminal Condongcatur

Bicara tentang Terminal Condongcatur, artikel kali ini akan membahas tempat kuliner yang berlokasi di sekitar Terminal Condongcatur. Ada banyak pilihan lho gaes! Buat yang kebetulan kesasar di terminal satu ini dan mendadak lapar tak tertahankan, saya punya solusinya. Simak 3 spot kuliner nikmat di sekitar Terminal Condongcatur berikut ini:

Bakso dan Mie Ayam Madholin

Bakso dan Mie Ayam Madholin | adipraa.com
Bakso dan Mie Ayam Madholin

Buat saya yang demen banget dengan bakso, warung satu ini tak luput untuk dikunjungi. Warung Bakso dan Mie Ayam Madholin lokasinya berhadapan langsung dengan Terminal Condongcatur, hanya dipisahkan oleh jalan Anggajaya I.
Hiasan di Warung Bakso dan Mie Ayam Madholin | adipraa.com
Hiasan di Warung Bakso dan Mie Ayam Madholin

Memasuki warung Bakso dan Mie Ayam Madholin, tampak tembok warungnya berwarna dominan hijau dengan dihiasi beberapa gambar mural menarik disemua sisinya. Di tengah warung, terdapat dua buah pagar yang membatasi ruangan, sengaja tidak dibongkar sebagai hiasan. 
Bakso Urat Madholin | adipraa.com
Bakso Urat Madholin

Ngomongin menunya, yang menjadi unggulan di warung ini adalah Bakso Spesial yang isinya meliputi urat, ati dan telur. Saya sendiri lebih sering menikmati menu bakso uratnya.  

Warung Pecel Lele Cak Amin Ilham

Cari makan di Terminal Condongcatur | adipraa.com
Warung Pecel Lele Cak Amin Ilham

Terminal Condongcatur berubah fungsi saat malam hari. Suasana di terminal ini menjadi ramai dengan warung-warung tenda yang berjajar rapi menjajakan aneka kuliner yang menggoda. Salah satu yang menjadi langganan saya adalah Warung Pecel Lele Cak Amin Ilham. Lokasi warungnya di belakang Halte Bus Trans Jogja.
Aneka lauk goreng/bakar di Pecel Lele Cak Amin Ilham | adipraa.com
Aneka lauk goreng/bakar

Di warung ini menyuguhkan aneka menu bakar dan goreng seperti ayam, bebek, lele, terong, dan masih banyak lagi. Untuk pilihan nasinya ada nasi uduk dan nasi biasa. Aneka sop dan oseng juga dapat dipesan di tempat ini. Cocok untuk menu makan malam bersama keluarga.
Menu Favorit di Warung Pecel Lele Cak Amin Ilham | adipraa.com
Menu Favorit di Warung Pecel Lele Cak Amin Ilham

Menu favorit saya di warung ini adalah sop ayam dengan lauk tempe bakar. Joss! Untuk sop ayamnya, ingredients yang paling mencolok berisi potongan wortel, kentang dan ayam. Potongan ayamnya ga pelit alias banyak dan besar-besar. Nah, untuk tambahan lauknya saya biasa pakai tempe bakar. Dimakan bersama sambal bawang, wadidaw nikmatnya.

Nasi Goreng Ena-Ena

Selain bakso, ada satu lagi menu kuliner yang menjadi favorit saya, yakni "nasi goreng". Ya, makanan khas Indonesia satu ini memang enak. Sangatlah pantas apabila kuliner satu ini menduduki peringkat dua dari daftar 50 makanan terenak di dunia versi CNN yang dirilis pertengahan tahun 2017 lalu.
Warung Nasgor Ena Ena | adipraa.com
Warung Nasgor Ena Ena

Nah, ada satu warung nasi goreng (nasgor) yang mungkin bisa dijajal kelezatannya saat berada di kawasan Terminal Condongcatur. Namanya Warung Nasgor "Ena Ena". Menu nasgor yang ada di warung ini beragam. Diantaranya ada Nasgor Kambing, Nasgor Sapi, Nasgor Paru, Nasgor Babat, Nasgor Ayam dan masih banyak lagi. Harganya mulai dari sembilan ribuan hingga tiga belas ribuan.
Nasi Goreng Kambing | adipraa.com
Nasi Goreng Kambing

Saya dan istri paling sering menyambangi Warung Nasgor satu ini. Lokasi warungnya berada tak jauh dari Terminal Condongcatur. Jalan saja menyusuri jalan Anggajaya I, berjarak sekitar seratus meter dari terminal ke arah utara. Sangat mudah ditemukan karena penampakan warungnya didominasi warna merah. By the way, menu favorit istri saya di Warung Nasgor Ena Ena adalah Nasgor Babat plus pete. Josss!
Baca juga rekomendasi kulineran lainnya disini: Makan Sore Di Zefa Soup Limasan
Itulah 3 kuliner nikmat di sekitar Terminal Condongcatur yang dapat saya rekomendasikan untuk sahabat semua saat berkunjung ke Yogyakarta. Sebenarnya masih ada lagi spot kuliner nikmat lainnya yang ada di sekitar Terminal Condongcatur. Namun untuk kesempatan kali ini 3 (tiga) dulu saja ya, nanti akan saya ulas kembali spot kuliner lainnya di edisi kedua. Ingat! "Makan Enak" itu hanya bungkusnya saja, yang penting utamakan "Sehat dan Begizi". Ono panganan ora cluthak! Maturnuwun.
Previous Post
Next Post
Related Posts

10 comments:

  1. wah terlambat saya bulan llau ke jogja ya nginepnya di daerah condong catur

    ReplyDelete
  2. Nasi goreng paling suka diantara bakso mie ayam dan pecel lele

    ReplyDelete
  3. Enak-enak tuh kulinernya.
    Jadi pengen makan nasi goreng dan sop ayam.

    ReplyDelete
  4. Nanya dong, berapa pasarannya harga nasi dengan lauk gorengan seperti warung pecel lele itu di Jogja?

    ReplyDelete
  5. Kalo ke jogja, jujurnya blm prnh k arah condong catur.. Itu kulinernya sederhana, tp justru biasanya paling nikmat memang :). Mungkin kalo aku kesana bakal cobain dulu nasi gorengnya mas :D

    ReplyDelete
  6. wa ini tempat makan pas transit magrib2
    nasi goreng ena2 juaranya
    aku suka nasgor parunya

    ReplyDelete
  7. Nasgor adalah makanan paling enak nomor 2 di dunia. Yang nomor satu apaan ya mas Adi?? Hehehe.. kepo.

    Makanan kaki lima, tapi rasa bintang lima, ini yang saya suka mas Adi, makanan rakyat. Kalo saya dari ketiganya, yang paling suka adalah mie ayam, nasgor dan pecel lele... *eh, ini mah semuanya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rendang is the best. Yg nomer 1 rendang mas Hendra Suhendra.

      Delete
  8. Setiap baca postingan seputar kota Jogja, ingatanku menari2 mengajak nostalgia di kota ini.. Ah ya, dlu beberapa kali ikut penyuluhan ke terminap condong catur ini.. Tp blm pernah cobain kulinerannya :$

    ReplyDelete
  9. Mantap Kulineran enak dan nyummy banget. Noted!

    ReplyDelete