Tuesday 17 December 2019

Penyebab Infertiliasi Pada Pria

adipraa.com - Kemandulan merupakan sebuah kondisi yang banyak orang hindari, termasuk kaum pria. Hal ini akan menjadi masalah tersendiri jika kita sudah menjalani pernikahan namun tak kunjung mendapatkan keturunan. 

Walaupun pengobatan infertilitas pria dan wanita sudah banyak bermunculan, namun penyebabnya sendiri masih berasal dari gaya hidup dan juga makanan yang di konsumsi tak sehat.

Tidak hanya wanita saja yang bisa mengalami gangguan pada sistem reproduksi, pria pun jika memiliki masalah yang sama tergantung dari kondisi per individu. Tidak hanya kaum wanita saja yang boleh memeriksa kesuburannya, para pria pun juga bisa. Kita bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis andrologi dan urologi. Kenali penyebab infertilisasi berikut yang bisa menyerang kaum pria kapan saja:
Kenali Penyebab Infertilisasi Pada Pria | adipraa.com
Kenali Penyebab Infertilisasi Pada Pria

Gangguan Hormon
Masalah yang pertama bisa dari hormon yang terdapat di dalam tubuh. Contohnya hipotiroid sangat rendah dan mampu menurunkan kualitas sperma. Kemudian ada Hiperprolaktinemia yang menyebabkan tingginya kadar plolaktin sehingga berpengaruh pada air mani.

Gangguan Fisik
Selanjutnya ada gangguan fisik yang bisa mempengaruhi reproduksi, contohnya infeksi dari beberapa penyakit tertentu. Seperti radang testis yang dapat mengganggu kondisi sperma, dan mungkin bisa menghambat sperma. Dampak buruknya bisa menyebabkan penyakit menular seperti gonore dan raja singa.

Gangguan Fisik dan Psikologis
Ejakulasi dini masih menjadi gangguan besar di dalam masyarakat dan cukup berpengaruh bagi kesuburan. Selain itu ada impotensi yang juga terjadi karena kombinasi gangguan fisik dan psikologis yang dapat diperburuk dengan hal seperti stres, cemas, dan tidak percaya diri.

Penyebab Tertentu
Beberapa kemungkinan yang bisa menyebakan infertilisasi adanya kanker dan tumor yang mampu mempengaruhi organ reproduksi. Obat-obatan yang dikonsumsi juga bisa menjadi penyebab kemandulan beserta metode pengobatannya. Dan tindakan operasi yang pernah dijalani dan berpengaruh bagi sistem reproduksi.

Pada pengobatan infertilitas pria, kita bisa menanyakan kepada dokter bersama dengan pasangan. Jangan anggap kecil masalah seperti ini karena bisa berdampak buruk untuk kedepannya. Masalah ketidaksuburan saat ini akan berakibat fatal jika dibiarkan secara terus menerus. Dapatkan dokter yang tepat untuk berkonsultasi dan juga jalankan segala yang disarankan.
Previous Post
Next Post
Related Posts

11 comments:

  1. Hubungi dokter dengan pasangan memang solusi yang tepat, agar ada saling percaya sama pasangan.

    ReplyDelete
  2. Bemanfaat nih. Makasih ilmunya min

    ReplyDelete
  3. wahhhhh keknya aku harus jadikan bookmark page ini... penting banget soalnyaa....

    ReplyDelete
  4. Penting banget yaa... Apalagi kalo blom ada keturunan, pasangan hrs banget nih ke ahlinya

    ReplyDelete
  5. Mau komen apa yah, soale anak saya udah empat :)
    2x KB jebol hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Bang Day mah subur, ampe njebol2 segala....

      Delete
  6. faktor psikologis juga penting ya bang
    nice info banget nih,,
    makasih...

    ReplyDelete
  7. semoga mencerahkan para pria yang sedang mengalami infertilitas..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  8. Infertilitas memang bisa terjadi pada perempuan maupun laki-laki. Maka patut bagi pasangan yang belum memiliki keturunan untuk memeriksakan kesuburan bersama-sama agar bisa ditangani penyebabnya pula.

    ReplyDelete