Wednesday 21 April 2021

TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 5 SAMPAI DENGAN 6 BULAN

adipraa.com - Masa emas usia Si Kecil hingga 12 bulan adalah masa yang paling menyenangkan dan tidak ingin dilewatkan oleh orang tua. Setiap bulannya, pasti Moms dan Dads menghitung kepintaran apa saja yang dimiliki Si Kecil yang ingin selalu diabadikan dan kalau perlu dibawa ke semua orang. 

TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 5 SAMPAI DENGAN 6 BULAN
TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 5 SAMPAI DENGAN 6 BULAN

Untuk itu memilih popok bayi baru lahir sangat penting untuk dilakukan. Memasuki usia lima bulan, tentu Si Kecil semakin pintar dan duduk tegak agar siap makan pada usia enam bulan. Nah, kalau Moms penasaran terhadap apa saja tahap tumbuh kembang bayi yang akan terlihat pada Si Kecil saat usianya lima dan enam bulan? Yuk simak bersama!

Kemampuan Motorik 

Kalau Moms rajin mengajar Si Kecil tengkurap, boleh jadi Si Kecil akan lebih cepat dalam berguling untuk tengkurap dan sebaliknya. Ada kalanya, Si Kecil saat lima bulan juga sudah bisa berfungsi tanpa ditopang. Alih-alih memaksakan Si Kecil, cobalah latih terus Si Kecil dengan cara yang mengasyikan, bisa berikan Ia mainan agar termotivasi untuk bergerak dan berlatih rajin untuk duduk. Untuk membantu menstabilkan urutannya, posisikan kedua kakinya dalam daftar huruf V. Tempatkan mainan di hadapannya untuk dimainkan dan tempatkan bantal di sekelilingnya. Perkembangan ini menandakan bayi siap untuk merangkak beberapa bulan kedepan. 

  • Usia 5 Bulan, memegang botol susu secara mandiri

Pada usia lima bulan Si Kecil juga sudah pintar bermain dan asyik dengan mainan itu sendiri, hingga memegang botol susunya sendiri. Meski demikian, sebaiknya hindari meninggalkannya seorang diri saat dia minum dari botol. Susu yang tersendat dan tidak tertelan dapat masuk ke saluran yang terhubung kebagian belakang tenggorokan dengan bagian tengah telinga. Kondisi ini berisiko menyebabkan infeksi telinga. 

  • Usia 6 Bulan, mulai merangkak 

Di saat Si Kecil berusia enam bulan, dirinya semakin pintar dengan otot-otot yang semakin kuat. Misalnya, otot lengan yang makin kuat membuat Si Kecil mulai bisa merangkak. Sebagian bayi pada awalnya merangkak ke belakang, kemudian setelah itu dapat merangkak ke depan. Tidak perlu khawatir selama Si Kecil terlihat bersemangat menjelajahi sekitarnya. Si Kecil mulai dengan mudah mengangkat benda dengan satu tangan dan memindahkan ke tangan yang lain. 

Selama masa ini, Si Kecil akan semakin lincah dan tidak bisa diam. Penting agar Ibu memakaikan popok yang nyaman bagi Si Kecil bisa bergerak secara optimal. Seluruh karet popok Merries telah didesain khusus agar lembut & fleksibel sehingga nyaman digunakan. 

Selain itu, seluruh karet pada popok Merries juga tidak terasa mengganjal dan tidak mudah dilorot dengan Teknologi "Flexi Fit", sehingga cara popok akan tetap tertahan di pinggang dan nyaman digunakan Si Kecil di cara apapun. Ibu jadi tidak perlu khawatir popok bergerak dan bisa bocor. Permukaan popok terluar yang mampu mengeluarkan apan dari dalam popok sehingga popok tidak pengap meskipun Si Kecil berkeringat ekstra karena aktif bergerak. Popok dengan teknologi tinggi yang bernapas ini membuat Merries menjadi popok pilihan No. 1 oleh Moms di Jepang. 

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sejak usia tiga bulan, biasanya Si Kecil akan memasukan apa pun ke dalam mulutnya. Namun tahan dahulu hingga usianya enam bulan untuk mulai makan makanan padat, sesuai anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Namun, siapkan juga diri Moms agar tidak khawatir akan beberapa perubahan termasuk poop Si Kecil. Hingga memasuki usia enam bulan, Si Kecil hanya mengkonsumsi air susu ibu (ASI) atau susu formula sehingga biasanya kotoran Si Kecil lancar-lancar saja. 

Namun, tidak begitu saat Si Kecil sudah mulai makan-makanan pendamping (MP) ASI. Saat mulai MPASI, poop-nya akan berubah dari lunak, lembek dan ringan menjadi tebal, gelap dan. Jangan kaget jika poop mereka mencerminkan makanan terbaru dalam warna atau teksturnya. Katakanlah, warna kotoran Si Kecil tampak oranye terang setelah makan wortel. Itu terjadi karena sistem pencernaan bayi yang tidak matang terkadang mengubah makanan dalam prosesnya. Jika kotoran bayi berwarna coklat keras atau jika mereka menyebabkan sakit atau perdarahan, itu kemungkinan merupakan tanda sembelit pada bayi. 

Pastikan Si Kecil dalam pengawasan Ibu agar tidak ada tonggak sejarah Si Kecil yang selalu dan berikan Si Kecil kenyamanan untuk tumbuh dengan popok terbaik dari Merries! 

Previous Post
Next Post
Related Posts

1 comment:

  1. anak saya sekarang umurnya 9 bulan. masih nunggu kapan kata pertama dari mulutnya. harus sabar :D

    ReplyDelete