Monday 4 April 2022

Wajah Baru Lapas Kelas II A Yogyakarta

adipraa.com - Hai, semangat pagi! Apa kabar sahabat adipraa dimanapun kalian berada? Semoga dalam keadaan istimewa ya. Amin. Kesempatan kali ini saya hanya ingin berbagi info seputar Jogja. Ada pemandangan baru di Lapas Kelas II A Yogyakarta atau sebut saja Lapas Wirogunan. Fasad bangunan yang Setiap hari saya berangkat dan pulang kantor melewatinya ini telah berubah menjadi lebih menarik.

Fasad Bangunan Lapas Kelas II A Yogyakarta
Fasad Bangunan Lapas Kelas II A Yogyakarta

Meski tampilan baru namun kesan lawas terlihat jelas pada Fasad Lapas Wirogunan, bangunan ini didominasi cat warna putih dipadukan dengan hiasan kursi dan tiang-tiang lampu. Di atas pintu besar terdapat papan nama berwarna cokelat, papan ini bertuliskan "Gevangenis En Huis Van Bewaring". Ini merupakan nama pertama lapas pada zaman Belanda dulu. Tulisan ini artinya adalah Penjara dan Rumah Tahanan. Selain itu, ada pula tiang bertuliskan "Gevangenis Laan Wirogunan" yang berarti penjara Wirogunan. Di sisi satunya, ada tiang lagi bertuliskan "Lapas Kelas II A Yogyakarta".

Etalase Informasi Seputar Kepenjaraan
Etalase Informasi Seputar Kepenjaraan

Bergeser ke samping kiri dan kanan bangunan ini, terdapat etalase-etalase menarik yang memberikan informasi seputar kepenjaraan. Salah satunya ada informasi transformasi kepenjaraan. Dari etalase ini kita bisa mengetahui bagaimana sejarah perkembangan penjara ini dari masa ke masa.

Lukisan Timbul Tembaga
Lukisan Timbul Tembaga

Di sisi sebelah kiri terdapat lukisan timbul berbahan tembaga, memvisualisasikan tentang penjara dan pemasyarakatan. Kepenjaraan di masa lalu, menggambarkan kehidupan yang begitu kejam. Terdapat begitu banyak perlakuan yang tidak manusiawi. Mulai dari kerja paksa, hukuman gantung yang disaksikan langsung masyarakat, serta tindakan lain yang tidak memperlakukan manusia sebaimana mestinya. Namun kini, sistem kepenjaraan telah berubah menjadi sistem pemasyarakatan, dimana Hak Asasi Manusia (HAM) dimuliakan. Para narapidana atau sekarang disebut Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), mendapat berbagai perlakuan layak. Diantaranya mendapat pembinaan keterampilan agar menjadi manusia mandiri, mendapat pembinaan agama untuk meningkatkan ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Etalase Seragam
Etalase Seragam
Di sebelah lukisan tembaga, ada etalase seragam dan alat-alat kepenjaraan. Apakah ini seragam sipir penjara? Dan di seragam ini terdapat pin nametag bertuliskan "Soekarno". Apakah ini seragam milik presiden pertama Indonesia? Buat yang tau informasinya, boleh sharedi kolom komentar.

#EnjoyMuralJogja Lanjut ke sisi paling ujung, terdapat mural-mural menarik di dinding penjara luar yang bisa kita nikmati. Mural-mural ini bertemakan penjara atau rumah tahanan. Dan berikut hasil jepretan mural yang bisa adipraa bagikan untuk sahabat semua:

#EnjoyMuralJogja

Salah satu mural yang menghiasi dinding rumah tahanan
Salah satu mural yang menghiasi dinding rumah tahanan

Oke gaes! Sekian artikel kali ini. Akhirnya mereview Wajah Baru Lapas Kelas II A Yogyakarta. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan terkait wisata jogja. Kalau kalian melewati Jalan Taman Siswa, selamat menikmati bangunan ini. Terimakasih.

Previous Post
Next Post
Related Posts

3 comments:

  1. Jadi ini kayak museum atau tetep penjara cuma ada bagian yg terbuka utk umum ya mas? Enak bangetttt. Kalo penjara Salemba Ama Cipinang mah aku ga pernah tau bisa dimasukin 🤣🤣🤣. Padahal penasaran juga Ama sejarahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kalo bagian dalam lapas saya jg g tau isinya, mungkin bisa dimasukin oleh pengunjung yang mau besuk saja. kalau yang saya share ini hanya bagian luarnya saja yang dibuat menarik sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar lapas. Biar kesannya ga serem2 amat. Hehe

      Delete
    2. Coba kalo lapas Cipinang atau salmeba dibikin gini,. Aku mau sih datang 😄. Kan jadi menarik Yaa tempatnya. Biar dikata lapas, aku sendiri malah penasaran Ama sejarah tempat2 begini.

      Delete