Monday, 20 February 2023

Info Acak Tentang Lato-Lato

adipraa.com - Tek tok tek tok tek tok.... suara lato-lato mulai meramaikan daerah tempat tinggal adipraa. Bagaimana dengan tempat tinggal teman-teman? Mulai risih dengan suaranya ga? By the way, yuk kita bahas lato-lato di postingan kali ini.

Info Acak Tentang Lato-Lato
Info Acak Tentang Lato-Lato

Dari mana asal nama lato-lato? Kata lato-lato diduga terserap dari bahasa Bugis, "Kajao-kajao" yang artinya nenek-nenek. Eh, kok bisa ya! Dari Kajao menjadi Lato. Hehehe.

Penasaran nih, apakah lato-lato juga dimainkan di Negara AS? Di Amerika Serikat, lato-lato sering disebut sebagai Newton's Yoyo maupun Clackers Ball. Mainan ini sudah dimainkan sejak tahun 1960-an di negara tersebut.

Kalau di AS sejak tahun 60-an, nah di Indonesia sejak kapan ya? Meski baru populer akhir-akhir ini, sebenarnya mainan lato-lato telah eksis sejak dahulu, tepatnya pada tahun 1990-an. Lato-lato termasuk permainan tradisional yang sudah ada di Indonesia. Mainan yang umumnya dimainakan oleh anak-anak di kawasan pedesaan. 

Kiranya hanya ini info yang adipraa ketahui tentang lato-lato, ada info lainnya yang teman-teman ketahui tentang lato-lato, yuk tambahin di kolom komentar. Terimakasih. 



Previous Post
Next Post
Related Posts

1 comment:

  1. baru baru ni ada cermin hadapan mobil pecah akibat lato lato. entah siapalah pelakunya. terbang $$$$

    ReplyDelete