Sabtu, 26 Agustus 2017

Yuk Dolan Bareng Ke Taman Sari Yogyakarta

adipraa.comNgubek-ubek foto-foto lama di laptop jadi teringat serunya dolan bareng temen semasa kuliah dulu. Gimana ya kabar kawan lama yang ada di beberapa foto berlatarkan objek wisata Taman Sari Yogyakarta ini? Masa lalu oh masa lalu. Baper nih! 

Tak terhitung sudah berapa kali saya mengunjungi tempat wisata sejarah di Jogja satu ini. Dan selalu ingin kembali lagi, lagi dan lagi. Ya, Taman Sari merupakan warisan budaya yang hingga kini masih dijaga kelestariannya. Lokasinya hanya berjarak setengah kilometer sebelah selatan Kraton Yogyakarta.
Arsitektur Bangunan Taman Sari | adipraa.com
Arsitektur Bangunan Taman Sari
Berfoto di Depan Pintu Masuk Kolam Air Taman Sari | adipraa.com
Berfoto di Depan Pintu Masuk Kolam Air Taman Sari
FYI, Taman nan indah bergaya arsitektur Eropa ini dibangun pada masa Sultan Hamengku Buwono I. Tamansari dirancang oleh arsitektur asal Portugis. Itulah mengapa bangunan Tamansari kental dengan perpaduan nuansa Eropa dan budaya Jawa. 
Kolam Air Taman Sari | adipraa.com
Kolam Air Taman Sari
Objek utama Taman Sari berupa kolam air dan bangunan istana seperti menara yang dikelilingi benteng setinggi 6 meter. Dahulu kolam air ini difungsikan sebagai tempat pemandian.
Berfoto di Kolam Air Taman Sari | adipraa.com
Berfoto di Kolam Air Taman Sari
Kolam pemandian air di area ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Umbul Kawitan (kolam untuk putri Raja), Umbul Pamuncar (kolam untuk para selir), dan Umbul Panguras (kolam untuk Raja). Konon pada masa itu, tempat ini digunakan oleh Sultan untuk melihat para istrinya ketika sedang mandi melalui bangunan menara tersebut. 

Lorong Taman Sari | adipraa.com
Lorong Taman Sari
Bagian lain dari Taman Sari yang juga merupakan bagian sakral adalah Pulo Kenanga, Pulo Cemeti dan Sumur Gumuling. Terdapat lorong yang menghubungkan beberapa lokasi sakral tersebut.
Berfoto di Lokasi Sumur Gumuling | adipraa.com
Berfoto di Lokasi Sumur Gumuling
Masjid Bawah Tanah | adipraa.com
Masjid Bawah Tanah
Di lokasi Sumur Gumuling terdapat mata air yang berada di tengah bangunan dan dikelilingi 5 (lima) anak tangga, 4 (empat) anak tangga bertemu dalam satu titik dan 1 (satu) anak tangga menuju lantai dua. Di lokasi ini juga dulunya difungsikan sebagai masjid bawah tanah. Bangunan masjid ini membentuk lingkaran dengan diameter 6 meter dan memiliki dua lantai. 
Bercengkrama bersama sahabat  di Pulo Kenanga Taman Sari | adipraa.com
Bercengkrama bersama sahabat
Berfoto dengan berbagai gaya menggunakan HP di Pulo Kenanga | adipraa.com
Berfoto dengan berbagai gaya menggunakan HP di Pulo Kenanga. Wkwkwk
Bergerak menuju Pulo Kenanga, yang kini hanya berupa puing-puing bangunan yang eksotik. Dulunya tempat ini menjadi tempat bersantap raja dan keluarga.
Berduaan menikmati suasana Kota Jogja dari Ketinggian Bangunan Pulo Kenanga | adipraa.com
Berduaan menikmati suasana Kota Jogja dari Ketinggian Bangunan Pulo Kenanga
Pulo Kenanga merupakan tempat tertinggi dari Kompleks Taman Sari. Di tempat ini kamu bisa nongkrong bercengkrama bersama sahabat, berfoto ria ataupun duduk berduaan melihat suasana pemukiman warga Kota Jogja. Romantisnya.

Itulah objek wisata Taman Sari, salah satu warisan budaya yang melebur menjadi satu dengan warga Yogyakarta yang bermukim di sekitarnya.

Bagaimana ya kondisi Taman Sari sekarang? Jadi pengen main kesana lagi. Calling my best friend in the past! Yuk Dolan Bareng  ke Taman Sari Yogyakarta. Maturnuwun
Previous Post
Next Post
Related Posts

33 komentar:

  1. Kangen jogja. Dari pas wisata sekolah tahun 2008 sampe sekarang belum pernah sedikitpun kesana...

    BalasHapus
  2. aku juga seneng mas ke sini. ada portabel TJ di deket pasar ngasem, jadi tinggal jalan aja, hehe

    BalasHapus
  3. Ihik.. Aku malah belum pernah maen ke sini. Padahal orang jogja...

    BalasHapus
  4. Jd bayangin suasana waktu raja bersantap di pulo kenanga, sambil nikmatin pemanfangan jg ndak ya,
    Ah kece deh pokoknya

    BalasHapus
  5. waah saya jadi lebih tahu detail ceritanya tentang taman sari, dulu waktu berkunjung kesana cuma tahu itu tempat mandi para putri keraton dan selirnya saja, bahkan saya lewat lorong itu, tapi ga tahu kaloa da masjidnya :D aah jadi pingin main ke Jogja lagi he he he

    BalasHapus
  6. aku jarang ke Jogja, paling ke malioboro kalau ke sana. Pingin euy main ke Taman Sari ^^

    BalasHapus
  7. Saya belum pernah kesana, baru hanya sebatas baca-baca saja

    BalasHapus
  8. Belum pernah ke Taman Sari, dulu ke Jogya paling ya ke malioboro. Ntar kalau ke Jogya mampir ah

    BalasHapus
  9. Wah, yang domisili Jogja malah belum bikin artikel tentang Taman Sari.. hehe

    BalasHapus
  10. Waah tamansari juga favorit nih. Skrg udh rame.

    BalasHapus
  11. Wow, taman sari...
    arsitektur nya unik, gaya eropa dgn penuh kearifan lokal

    jogja emg the best dah :D

    BalasHapus
  12. Tamansari itu jadi tempat asyik buat latihan motret :-)

    BalasHapus
  13. Aku dulu main ke Taman Sari dan terpesona bangeeet :D
    Sayangnya memory card kamera keformat dan ilang semua itu foto-fotonya :(((

    BalasHapus
  14. Di lorong itu (yang) ditutup konon langsung menuju ke masjid yang ada di bawah laut selatan. Bener gak sih mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konon katanya sih mbak, untuk kebenarannya mungkin hanya keluarga Kraton yang tau. Pas dulu saya main kesana, dijelaskan oleh guide-nya juga cuma katanya.

      Thanks for coming mbak Yuni.

      Hapus
    2. Sepertinya betul mas, soalnya ayah dan ibu mertua saya ketika masih hidup bercerita pernah ke sana melalui jalur ghaib dengan seseorang yang berjubah hijau yang jempol tangan kanannya tidak mempunyai tulang dan bau lumpur kata alm ayah metua saya...

      Hapus
    3. Wallahu A'lam Bishawab. Ngeri mbak ceritanya...

      Hapus
  15. Wahhhh mimpiku nih pengen keliling Jogja, paling banter ke Pekalongan aja

    BalasHapus
  16. Belum pernah ke Tamansari neh. Keren-keren ya

    BalasHapus
  17. Belum pernah ke Jogja :(
    dan selalu ingin ke sana..

    semoga bisa terwujud nanti :")

    BalasHapus
  18. Keren banget nih. Kemarin dari bandung hanya lewat. Andai saja mampir, pasti menyempatkan kesini.

    BalasHapus
  19. wah sumur gumulingnya pas sepi ya.. susah dpt yg pas sepi2 gitu :D

    BalasHapus
  20. Kota jogja memang terkenal tempat tempat nya

    BalasHapus
  21. belum pernah ke jogja omm 😂😂

    BalasHapus
  22. Udah lama banget gak ke taman sari, nanti coba kesana lagi sembari gowes lah..he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Isun diajakin dong kalo ngegowes. :)

      Hapus
  23. baca judulnya taman sari, saya langsung teringat cerita tersesat di taman sari sampe sore. Bayangin bro, tersesat di tempat wisata itu gak banget. Tapi seru juga sih dan saya akuin perjalanan yang tersesat kemarin jadi kenangan terindah saya buat taman sari jogjakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga g tersesat lg ya masbro, maaf kalo Jogja sudah bikin kenangan terindah buat mas Bimo. :) Makasih udah mampir mas

      Hapus
  24. Saya pernah ke sini tapi pas masih SD apa SMP gitu, deh :D

    BalasHapus
  25. Pengen dolan ke sini juga :D

    BalasHapus
  26. Lumayan unik spot tongkrongan puing-puingnya ya..

    BalasHapus
  27. aku pengen lagi sih balik ke taman sari belum puas dapat foto-fotonya mas

    BalasHapus
  28. Keren ulasannya manteps, sederhana dan runtut, salam kenal dari saya pak Adi Pra :)
    #HappyBlogging

    BalasHapus