Friday, October 6, 2017

Icip Bakso Pikul Tradisional Pak Gino

adipraa.com - Nyicipin bakso legendaris di Jogja nih gaes! Gimana ga legend, berjualan bakso sejak tahun 1975. Sugino Kamtomiharjo, nama pemilik warung Bakso Pikul Tradisional yang berlokasi di Jalan AM. Sangaji No. 55A Yogyakarta. Kalau dari Hotel Tentrem ngesot aja ke arah selatan dikit. Tepatnya berada di sebelah selatan Komando Distrik Militer (Kodim) 0734 Kota Yogyakarta. 
Pak Gino dan Pikulan Baksonya | adipraa.com
Pak Gino dan Pikulan Baksonya
Awalnya pria yang kerab disapa Pak Gino menjajakan bakso dengan berkeliling menggunakan pikulan tradisional. Namun sejak tahun 2006 lalu, Pak Gino memutuskan untuk berhenti keliling dan membuka warung bakso saja. Faktor usia yang menjadi alasan utamanya. Bayangkan, Pak Gino yang sudah berumur 60 tahun lebih membawa pikulan yang cukup berat berkeliling menjajakan bakso. Pilihan tepat untuk pensiun dari keliling pak!

Kini Pak Gino setiap harinya meracik bakso sembari duduk bersama pikulannya yang setia menemani di warung dengan spanduk bertuliskan "Bakso Pikul Tradisional Pak Gino".
Tampak Pak Gino yang sudah berumur | adipraa.com
Tampak Pak Gino yang sudah berumur
Memasuki warung Bakso Pikul Tradisional Pak Gino, sambil menunggu, melihat-lihat daftar menu dan harga yang tertera. Untuk pesanan saya, satu mangkok bakso seharga Rp. 8.000,- dan Es Jeruk seharga Rp. 2.500,-. 
Icip Bakso Pikul Tradisional Pak Gino
Isian dalam satu mangkoknya rame gaes! Yang mencolok ada bakso sapi berukuran kecil-kecil dengan jumlah jamak. Saya hitung ada 8 (delapan) bakso dan 2 (dua) bakso goreng. Itupun masih ditambah dengan beberapa koyor atau tetelan sapi. Ini mau makan atau ujian matematika sih. Pakek diitung-itung segalah! Lanjut ke isian lainnya ada tahu, sawi, bihun dan mie kuning. Foya-foya komplitnya.  
Mau panganan bakso lezat lainnya! Baca juga artikel ini: Bakso Hunter! Ini Rekomendasi Kuliner Bakso Lezat Langgananku Di Jogja
Icip bakso sapinya yang memanjakan lidah, walau ukurannya kecil tapi empuk ginuk-ginuk. Sekali lahap habis. Bakso gorengnya pun tidak keras saat digigit. Meminjam istilah dari temen blogger, Dep Sedep! ^.^ Bakso Pikul Tradisonal Pak Gino, Mau!
Previous Post
Next Post
Related Posts

27 comments:

  1. Wah.. Jogja ki..
    Boleh dicoba kapan-kapan..

    ReplyDelete
  2. bakso pikul sudah mulai berkurang ya, skrng mamang bakso pakai motor

    ReplyDelete
  3. AM sangaji, SMA 11 ya
    wah belum coba aku
    biasanya bakso pikul emang rasanya khas

    ReplyDelete
  4. Murah juga mas, ada bakso dengan harga 8000, lha di tempatku bakso udah 15rebu aja per mangkok, itupun kita harus keluar menuju tempat jualan dulu hehe

    ReplyDelete
  5. Eh..murah bener. Rata2 bakso di jogja, udah 12 ribu padahal ya.

    Penasaran pengen nyoba. INi jualannya mapan ato pindah2 lokasi mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mapan Mbak, buka warung di Jalan AM Sangaji Yogyakarta

      Delete
  6. Lho, ini beneran harganya 8.000? Murah banget berarti.

    Rasanya pasti mantab. 🤓

    ReplyDelete
  7. Bakso makanan paling populer di Indonesia. Di setiap pelosok ada. Harganya pun bervariasi. Kan setiap Tukang Bakso punya resep khusus, seperti Pak Gino yang punya basis pelanggan sendiri, resep rasanya pasti berbeda sedikit dari warung sebelah.. Semoga pak Gino semakin sukses dengan warung baksonya. Umur tidak menghalangi manusia untuk berkarya

    ReplyDelete
  8. Wah bahas bakso lagi nih mas. Suka banget sama bakso ya? Hehe :D

    Murah banget tuh baksonya. Dengan uang Rp8.000 bisa dapat bakso seramai itu dalam satu mangkok hehe. Semoga suatu saat saya bisa ke Jogja dan mencicipi bakso Pak Gino ini hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bakso lover ni mas, selain itu jg buat support artikel sebelumnya. Biar linknya kuat. Sekuat Machann... :p

      Delete
  9. Kapan-kapan tak coba beli lah, semalam juga lewat jalan A.M Sangaji, tapi tak tahu kalau ada yang jual bakso daerah situ..hehe

    ReplyDelete
  10. Gleeek aduh salah baca ginian di jam-jam kelaparan huvt. Aku ngileeeeeeerrr

    ReplyDelete
  11. duhhh menggoda selera banget
    Kayaknya enakkk

    ReplyDelete
  12. potonya burem bang, jadi ga keliatan itu enaknyaaa T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Burem ya. Maaf cm foto pake hape. Cup cup cup

      Delete
  13. Weeee, aku sering lewat depannya situ lhoo, tapi baru tau bakso pikul ini, boleh neh, boleeeh.... :)

    Makasih ya, Mas, infonya.

    ReplyDelete
  14. sukses ya untuk pak gino....hebat 60 tahun lamanya jualan di pikulan...

    ReplyDelete
  15. Replies
    1. Samenika sampun magrok. Pikul namung jeneng pasarane baksonipun Pak Gino...

      Delete
  16. oalahhh....pantesan aku gak tau warungnya, padahal sempat tinggal di dekat situ...ternyata buka sejak 2006, sebelumnya kelilingan...jangan2 pas dia keliling aku pernah beli ya? tapi enggak tahu namanya...

    ReplyDelete