Friday 23 June 2017

Bisnis Musiman Yang Muncul Jelang Lebaran

Adipraa.com - Menjelang lebaran, plat-plat nomer kendaraan yang wara-wiri di Jogja mulai bervariasi. Ah, tapi bukan itu yang akan kita ulas dalam artikel kali ini. Hehehe. Momen lebaran tinggal menghitung hari, tak sedikit bisnis dadakan bermunculan. Bisa juga dikatakan bisnis musiman karena muncul dikala bulan ramadan hingga menjelang lebaran. Dari hasil observasi ngalor-ngidul-ngetan-ngulon, berikut akan saya ulas beberapa bisnis musiman yang muncul menjelang lebaran, check this out:

Bisnis Kue Kering 
Bisnis Musiman "Kue Kering" | adipraa.com
Bisnis Musiman "Kue Kering"
Saat ramadan dan jelang lebaran, bisnis kue kering menjadi waktu yang tepat. Pasalnya tingginya permintaan kue kering membuat bisnis ini laris manis. Tak sedikit dari teman saya di kantor maupun tetangga dekat rumah ada yang menawarkan kue kering. Baik itu yang buat sendiri maupun yang hanya menjadi reseller saja. 

Kue kering merupakan makanan praktis yang menjadi andalan sebagai suguhan untuk tamu yang berkunjung ke rumah saat lebaran. Sudah beli kue kering belum, guys!

Bisnis Selongsong Ketupat

Hari Raya Idul Fitri selalu identik dengan hidangan ketupat opor. Menjelang lebaran, biasanya banyak bermunculan pedagang yang menjual selongsong ketupat yang dibentuk dari janur kelapa. Bisnis ini menjamur mulai H-3 Lebaran hingga malam takbiran.
Bisnis musiman "Selongsong Ketupat" | adipraa.com
Bisnis musiman "Selongsong Ketupat"
Pedagang selongsong ketupat mulai menggelar lapak-lapaknya di berbagai pasar tradisional. Bahkan ada yang menjual di pinggir jalan. Seperti yang ada di sepanjang Jalan Sultan Agung, Yogyakarta. Tepatnya berada di sekitar kawasan Pasar Sentul. Mulai dari pinggir jalan sekitar POM Bensin Sultan Agung sampai di depan Pura Pakualaman. Tumpukan-tumpukan selongsong ketupat mulai banyak menghiasi daerah tersebut.

Bisnis Lampion 

Panen rejeki mulai dirasakan para penjual lampion menjelang malam takbiran. Di sudut-sudut strategis Kota Yogyakarta mulai disuguhkan oleh pemandangan berbagai macam karakter lampion yang dijual. Seperti yang ada di Kawasan Alun-Alun Utara Kota Yogyakarta. 
Bisnis Musiman "Lampion" | adipraa.com
Bisnis Musiman "Lampion"
Lampion berbahan styrofoam dengan bentuk karakter-karakter kartun seperti Angry Birds, Spongebobs, Naruto, Marsha dan yang lainnya banyak dipajang di pinggir jalan sekitar Alun-Alun Utara Kraton Yogyakarta.

Karakter-karakter kartun memang banyak diminati sebagian besar anak-anak. Lampion-lampion ini menjadi aksesoris favorit yang harus dibawa saat takbir keliling. Jadi pengen liat takbir keliling, tapi sayang saya masuk shift jaga malam di kantor pas malam takbir. NelangsaHiks.

Jasa Penukaran Uang Baru
Bisnis Musiman "Jasa Penukaran Uang Baru" | adipraa.com
Bisnis Musiman "Jasa Penukaran Uang Baru"
Ada lagi nih, bisnis yang lain daripada lainnya. Uang kok diplastik dan dipajang berjajaran, mulai dari dua ribuan hingga dua puluh ribuan.

Yap, jasa penukaran uang baru juga menjadi salah satu bisnis musiman yang muncul jelang lebaran. Di Yogyakarta, bisnis ini menjamur di sepanjang jalan depan Obyek Wisata Taman Pintar, mulai dari timur hingga barat. Tak sedikit konsumen yang menukarkan uang baru disana untuk digunakan sebagai "angpao" saat momen lebaran.
Baca juga : Arung Jeram Di Sungai Progo Bersama Arus Progo Rafting
Itulah bisnis musiman yang muncul jelang lebaran. Sebenarnya masih banyak bisnis lainnya, namun menurut saya beberapa bisnis tersebut di atas paling menjamur. Yuk, share bisnis musiman yang muncul di kotamu jelang lebaran. Tapi jangan petasan alias mercon yak, itu berbahaya. By the way, follow blog ini ya. Thanks.
Previous Post
Next Post
Related Posts

56 comments:

  1. Bisnis kartu lebaran mulai marak lagi nih :D Di tengah era kirim-kirim pesan lewat WA, kartu lebaran jadi lebih berkesan gitu deh

    ReplyDelete
  2. Jelang lebaran rizki melimpah. Hehe

    ReplyDelete
  3. tidak ada yang salah jika kemudian lebaran disebut hari penuh berkah, soalnya ternyata banyak bermunculan bisnis musiman yang bisa jadi tambahan penghasilan keluarga.
    sipmirkisip mang artikelnya

    ReplyDelete
  4. Kalau yang penukaran uang itu apakah saat menukar nominalnya sama atau lebih gitu ya,hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih mas, kyknya sekitar 10% dari nominal yg ditukarkan. Kalo saya pribadi, saya tidak akan menukarkan disitu karena riba, haram hukumnya. Artikel ini hanya mengulas bisnis yg muncul musiman saja mas Andrie.

      Delete
  5. Untuk jasa penukaran uang itu banyak memang. Tadinya tertarik nukarin uang juga, begitu tahu lebih, saya milih nukarin ke warung tradisional terdekat deh. Hehe.

    ReplyDelete
  6. selain 4 bisnis diatas yang tidak kalah ngetrennya adalah bisnis parcel dan kartu ucapan idul fitri. Tapi diantara semuanya jasa penukaran uang paling laris manis tuh.

    ReplyDelete
  7. Kirain jasa penukaran uang cuma ada di Jakarta aje bang, ternyata di luar Jakarta banyak juga ya... Ada lagi bang, bisnis parcel, kartu lebaran,

    ReplyDelete
  8. Lebaran memang selalu penuh berkah ya. Rezeki darimana saja. Dan bisnis seperti ini selalu berhasil ya. Apalagi kalau bisnis baju.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baju baru, alhamdulillah, dipakai di hari raya... *malah nyanyi*

      Delete
  9. nah kalo ketupat aman mas... hehe kalo yg uang baru itu hehe kudu diwaspadai hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, betul sekali. Kudu diwaspadai hukumnya dalam agama. Berat....

      Delete
  10. langsung inget sama sagu keju kalo bahas lebaran, di tempatku ngga ada yg jual lampion, kebanyakan balon hehe

    ReplyDelete
  11. Yaps, bentar lagi mulai open order kue kering lumayan buat tambahan THR plus dapat kue gratis hehe
    udah dekat ya sekarang sudah rejab, terus sya'ban semoga disampaikan ke bulan Ramadhan aamiin

    ReplyDelete
  12. bisnis baju muslim dan turunannya, (jilbab, mukena kopiah, dan kawan2nya) juga banyak bermunculan euy..

    ReplyDelete
  13. Banyak yang nyari nastar hahahhaha

    ReplyDelete
  14. Bisnis anyaman ketupat itu paling banyak di tempatkan di Kalimantan. Secara disini makanan khasnya juga ketupat bersantan :D

    ReplyDelete
  15. kue kering.. mantepp...
    nastar, kacang mete, wajib ada setiap lebaran.

    ReplyDelete
  16. Hampir sama dengan Jakarta dan sekitarnya. Tapi di sini kayaknya gak ada yang jual lampion deh, wah harus digarap nih hahahaa.

    ReplyDelete
  17. Kalau kue kering sih sebenernya, nggak mesti nunggu lebaran. Karena masih banyak yang menjualnya.
    Tapi kalau selongsong ketupat itu iya. Berasa banget dah mau lebarannya, pas denger di komplek rumah ada yang jualan sambil bilang "kulit-kulit"😁

    ReplyDelete
  18. Petasan juga rame nih nanti. Tukang cukur h-5 lebaran udah full terus biasanya. Dan tukang jait ini yg bakal penuh juga.

    ReplyDelete
  19. Kalau lebaran aku punya tradisi buat kue sendiri hehhe. Walau kurang enak, bagikub dan keluarga enak aja. Karena buatnya sama-sama. Hehhee

    ReplyDelete
  20. Jelang lebaran bikin orang jadi makin kreatif ya mas. Alhamdulillahnya bisa bikin dapur ngebul juga :D

    ReplyDelete
  21. Oalah, baru tahu saya. Ternyata kalau di Jogja, lumayan rame juga ya ada bisnis jualan lampion pas ramadan. Itu lampionnya lucu-lucu ya. Ih, saya di tempat saya di Lamongan nggak ada begituan...

    ReplyDelete
  22. Sebenarnya bisnis-bisnis di atas bisa dikatakan tidak harus musiman karena harus tetap dilakukan secara berkelanjutan supaya semakin berkembang*

    #SemangatBerbisnis

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah ya Ramdhan bawa berkah buat semua termasuk buat pedagang2 musiman :D
    Saya paling seneng tu sama yang jualan kue kering. Btw satu bisnis lagi sebenrnya yaitu yg takjil pinggir jalan kalau sore hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, Takjil pinggir jalan kalau menjelang buka bersama juga menjamur...

      Delete
  24. Aku udh mulai ditawarin kue kering nih,, ini bisnis yg ckup subur saat bulan ramadhan.

    ReplyDelete
  25. Bisnis makanan dan pakaian memang yang paling menjanjikan saat bulan Ramadhan dan Hari Raya tiba :)

    ReplyDelete
  26. Kalau menjelang lebaran pasti busnis kue kring dan kartu lebaran nih yg menjamur, apalgi jualan pakaian thank infnya

    ReplyDelete
  27. Bisnis lampion karakter menurut ku itu unik
    ., Karen tak semua daerah ada..

    Lucu..

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah masyarakat Indonesia khususnya pedagang selalu menangkap peluang dengan cepat, cerdas,dan mandiri. Semoga para pedagang tersebut sukses.

    ReplyDelete
  29. Eh ada ya yg jual tukaran uang receh itu?

    Sekarang Bank2 juga banyak nyediain tukaran uang kalau jelang lebaran.

    ReplyDelete
  30. makin banyak sekarang bisnis musimannya yah apalagi menjelang lebaran gini

    ReplyDelete
  31. Lebaran memberi berkah bagi banyak orang... Asakan pandai memanfaatkannya ya mas...

    ReplyDelete
  32. Bisnis yg banyak muncul juga olahan buat takjil. Di kampung saya hampir semua rumah pinggir jalan pada jualan sirop, es buah dan gorengan.

    ReplyDelete
  33. Paling banyak dikotaku pedagang musiman bungkus ketupat.
    Terutama area didekat pasar, berderet penuh pedagangnya.
    Cakep deh warnanya hijau pupus gitu 😁

    ReplyDelete
  34. Masih kurang nih. Bisnis jualan baju lebaran. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Baju baru alhamdulillah, dipakai di hari raya, tak punya pun taka apa-apa, masih ada baju yang lama", malah nyanyi...

      Delete
  35. Die.. ditempat sih biasanya paling banter musim berburu ke pasar kaget.. itu lho pasar yang kalau pas ke sana mendadak kaget.. ternyata kudu datang pagi-pagi banget sedangankan saya datangnya jam 12 siang.. udah bubaaaar :((

    ReplyDelete
  36. Yang gak ada di Bandung bisnis lampion tuh :)

    ReplyDelete
  37. Soal penukaran uang itu aku ragu2 hehe, soalnya kalau soal ada tambahan dan pengurangan uang khawatir ma hukumnya. Lagian gak pernah kasi2 uang krn gk ada ponakan kecil2 sih hehe.
    Kalau kue kering ku suka, maksudnya bagian mesennya doank, gak bikin dewe hahahaha

    ReplyDelete
  38. Bisnis dadakan harus pandai melihat peluang yang tepat. Karena bisnis biasanya hanya saat itu saja

    ReplyDelete
  39. Memanfaatkan momen salah satu trik bisnis biar berhasil. Kalau ngga pandai pandai mah bisa ketinggalan ama yang lain. Aku juga sering bisnis memanfaatkan momen hehe

    ReplyDelete
  40. Betul banget mas... Mau lebaran pasti semuanya sibuk bikin ketupat, beli petasan dan baju lebaran.

    ReplyDelete
  41. Aku termasuk yang berkutat dengan bisinis musiman ini. Jual kue sama tukar uang. Lumayan buat nambah penghasilan. Hihihi

    ReplyDelete
  42. Sekarang musimnya es kepal milo mas wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Es Gabus berkata, "Isih enak jamanku to..."

      Delete
  43. Kalau yang nukeerin uang di BI itu, pakai lebihan juga enggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ga tau mbak, belum pernah nukerin uang di BI...

      Delete
  44. Bisnis penukaran uang baru ,ditempat saya lagi trend

    ReplyDelete
  45. Kalau penukaran uang ngeri tiba aja saya mah. Mending jualan barang

    ReplyDelete
  46. Eh kok malah banyak lampion kalo di yk ?

    ReplyDelete