Spot Wisata Keluarga Di Yogyakarta Berlarian Kesana-Kemari Di Pantai Teleng Ria Pacitan OMG, Ada Jajanan Dan Mainan Masa Kecil Di Mbokjajan Arung Jeram Di Sungai Progo Bersama Arus Progo Rafting Bahagia Bersama Keluarga Di Taman Rekreasi Selecta Berfoto Bersama Keindahan Pantai Siung Di Atas Batu Karang

Saturday, 18 August 2018

Malam Tirakatan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73

adipraa.com - Seperti yang telah diketahui bersama, bulan ini merupakan bulan yang bersejarah dimana pada tanggal 17 Agustus diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Segudang kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI pastinya mewarnai setiap daerah di seluruh penjuru tanah air.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pada peringatan ke-73 tahun Kemerdekaan RI ini di daerah tempat tinggal saya, juga memiliki beragam kegiatan. Salah satunya adalah acara "Malam Tirakatan". Kalau pada tahun sebelumnya diagendakan di masing-masing RT, malam tirakatan tahun ini digelar di tingkat RW. 

Malam tirakatan keluarga besar RW. 02 Perumnas Minomartani dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73 ini digelar di depan Balai RT. 08. Di tempat inilah seluruh warga RW. 02 berkumpul bersama mengikuti acara demi acara yang telah dipersiapkan pada malam itu. Tak hanya diikuti oleh orang dewasa saja melainkan juga remaja dan anak-anak. Guyub rukun...
MC Membuka acara Malam Tirakatan | adipraa.com
MC Membuka acara Malam Tirakatan

Dibuka oleh Mbak Diaz selaku MC pada malam itu, kemudian malam tirakatan pun diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya secara bersama-sama. Dipimpin oleh Ibu Susilowati, menyanyikan Lagu Indonesia Raya berjalan dengan khidmat.
Tarian Daerah | adipraa.com
Tarian Daerah
Permainan Biola | adipraa.com
Permainan Biola
Tembang Macapat | adipraa.com
Tembang Macapat

Ada beberapa pementasan seni persembahan warga RW. 02 yang memeriahkan acara pada malam itu. Dimulai dari aksi permainan biola, tarian daerah hingga tembang macapat menghiasi acara Malam Tirakatan HUT Kemerdekan RI ke-73.
Pemenang Lomba Menyanyi Lagu Wajib Nasional | adipraa.com
Pemenang Lomba Menyanyi Lagu Wajib Nasional
Pemenang Lomba Kebersihan Lingkungan | adipraa.com
Pemenang Lomba Kebersihan Lingkungan

Di Malam Tirakatan ini, diumumkan pula para pemenang lomba yang telah dilaksanakan sebelumnya. Lomba-lomba tersebut antara lain ada lomba menghias sepeda, lomba menyanyi anak, lomba kebersihan lingkungan dan lomba olahraga (Catur, bulutangkis dan tenis meja). Khusus untuk lomba kebersihan lingkungan, hadiah yang diberikan cukup menarik, yakni berupa perkakas seperti sekop, pacul dan lain sebagainya.
Pemotongan tumpeng oleh Ketua RW. 02 | adipraa.com
Pemotongan tumpeng oleh Ketua RW. 02

Tak ketinggalan, tradisi pemotongan tumpeng menjadi salah satu agenda yang dilaksanakan pada acara Malam Tirakatan. Tumpeng yang dilengkapi ingkung ayam utuh tersebut kemudian dipotong oleh Ketua RW. 02 sebagai perwakilan sesepuh warga dan kemudian diberikan kepada perwakilan remaja.
Prof. Dr. Pramono | adipraa.com
Prof. Dr. Pramono

Usai pemotongan Tumpeng, seluruh warga yang hadir di malam tirakatan kala itu bersama-sama menikmati "dahar kembul" sembari ngobrol santai bersama Prof. Dr. Pramono. Beliau membagikan pengalaman dengan bercerita tentang "Perjuangan Masa Lalu, Kini dan Esok".
Pemutaran film bertemakan perjuangan | adipraa.com
Pemutaran film bertemakan perjuangan

Di akhir acara Malam Tirakatan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73, warga RW. 02 dihibur dengan pemutaran film bertemakan perjuangan yang merupakan karya dari salah satu warga RW. 02. Mungkin karena jadwal pemutaran filmnya ditaruh di paling akhir, jadinya yang nonton sedikit. Banyak warga terutama yang sudah sepuh pulang ke rumah masing-masing setelah acara ditutup terlebih dahulu.
Kepoin kemeriahan peringatan HUT Kemerdekaan RI lainnya disini: Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, RW 02 Minomartani Gelar Jalan Sehat
Itulah salah satu kegiatan di wilayah RW. 02 Minomartani di bulan Agustus tahun ini. Tradisi malam tirakatan yang digelar di malam 17 Agustus dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73. Tentang semangat pejuangan yang telah dilakukan para pendahulu untuk mewujudkan kemerdekaan indonesia. Semangat yang harus ada dan terpatri di dalam hati warga Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kobarkan semangat persatuan. Merdeka!
Previous Post
Next Post
Related Posts

28 comments:

  1. menyenangkan juga membaca kekompakan sudah terbina sejak lingkungan rukun warga.. benar2 menyesap nilai2 persatuan dan kesatuan

    ReplyDelete
  2. malam tirakatan bisa jadi ajang kumpul2 buat yg luang. saya kadang gak bisa ikut karena massuk kerja shift malam. tapi tahun ini ada waktu luang.

    ReplyDelete
  3. Di daerah saya juga ada malam tirakatan tapi untuk penampilan tidak ada hanya doa kemudian pemotongan tumpeng dan makan-makan bersama

    ReplyDelete
  4. Penting banget kalau menurut saya acara tirakatan kayak gitu, selain meninggikan semangat nasionalisme juga menambah rekatnya silaturrahim antar tetangga. Di tempat saya juga ada acara tirakatan yang isinya pengajian dan makan-makan bersama :D

    ReplyDelete
  5. Hadiah lomba kebersihan lingkungannya unik. Bermanfaat juga untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya.

    ReplyDelete
  6. Jadi inget dulu kalau ikut lomba 17an terus dibagiin hadiahnya kaya gini di acara puncak 17an ada hiburan juga sih kaya nari2 gitu.

    ReplyDelete
  7. Iyes berbagai macam cara ya orang meraykan hut RI intinya adalah sama. Jaga terus NKRI jangan mau terpecah belah. Karena musuh Indonesia dulu keliatan sekarang justru ada disekitar kita dan nggak kekiatan.

    ReplyDelete
  8. Penasaran sama film hasil buatan warga nya. Kreatif ya. Bisa dipublikasi tuh. Siapa tahu jadi viral dan dia jadi produser nantinya

    ReplyDelete
  9. Di komplek rumahku juga gitu ada malam tirakatan tapi tingkat RT.. Kalau tingkat RW nanti di akhir Agustus malam puncaknya.

    ReplyDelete
  10. Senengnya tiap tujuhbelasan ada malam tirakatan. Kalau di rumahku di Sby tiap tgl 16, kalau di rumah Cilebut tgl 18 hahahaha. Udah lama gk nonton film kyk gtu, dulu pas kecil sering, di Sby disebutnya "layar tancap"

    ReplyDelete
  11. Arti tirakat itu apa sih ya sebenarnya? Aku lum tau. Kontemplasi bukan?

    ReplyDelete
  12. Seneng banget ya kalo malam tirakatannya diisi dengan pentas budaya segala. Ada nyetel film perjuangan segala. Ini baru bener-bener malam tirakatan. Bukannya yang malah diisi karaoke dangdutan dan bikin saya jadi lieur. Hehehe...

    ReplyDelete
  13. Baru tahu ada tirakan gini d HUT RI menarik juga .. seru juga klo setiap tahun kyk gii nambah silatuhrami

    ReplyDelete
  14. Wah asyik ya punya lingkungan yvbs kompakan terus :)

    ReplyDelete
  15. Wah meriah banget ya... Seneng deh masih ada antusiasme warga dalam memperingati hari kemerdekaan, semoga antusiasnya bisa bertahan selamanya ya. .Bukan tahun ini aja..

    ReplyDelete
  16. Wah keren, masih deket sama lingkungan. Kan banyak tuh zaman sekarang udah jarang ikut acara sekitar rumah, jarang ada yang ngadain pula. Hehe

    ReplyDelete
  17. aku pas malam 17an juga di jogja
    seru ternyata ada acara nonton film perjuangan
    pantes sorenya karang taruna pada bawa LCD
    habis itu ada acara keliling kampung sekitar jam 9an
    ya allah seru banget

    ReplyDelete
  18. Bagus banget acaranya, kalau di RT saya acara tumpengan, doa dan makan bersama dgn seluruh warga RT. Rame banget

    ReplyDelete
  19. Tirakatan itu apa sih, Mas? Macam acara syukuran gitu ya? Biasanya kan setau saya tirakatan identik sama sesembahan. Maaf nih kalau saya salah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang bilang Tirakat berasal dari bahasa arab yaitu thariqat, yang berarti suatu proses perjalan mencari kebenaran. Ah tapi tak perlu terlalu dipermasalahkan, hanya sebuah tradisi acara menyambut HUT Kemerdekaan RI dengan kegiatan positif. Yang penting warga guyub rukun... :)

      Delete
  20. malam perayaan HUT RI yang unik dan berfaedah ini, semoga bisa menyambung silaturahim, kekompakan dan pastinya juga persatuan..seru sekali

    ReplyDelete
  21. Sederhana, bermanfaat dan seru tentunya berkat kekompakkan para penyelenggara dan warga... patut jadi percontohan buat wilayah lain

    ReplyDelete
  22. Mbak Diaz nya cantik juga jadi ingin kenalan nih. Lagu macapat, saya suka sekali. Ternyata masih ada yang mau melestarikannya.

    ReplyDelete
  23. Hadiahnya lombanya sangat menarik juga ya mas.. Malam tirakatan dulu pernah ikut di Jogja doang, klo di jakarta belum pernah nemu

    ReplyDelete
  24. Acaranya meriah ya, Mas Adi, malam tirakatannya, ada pemutaran film bertema perjuangan karya warga segala. Saya mengenal tradisi malam tirakatan ini ya setelah tinggal di Jogja.

    ReplyDelete
  25. Asik nih, seru juga ya, Mas. Nah momen seperti inilah yg bisa d.jadikan kmpul2 bagi yg luang ya, Mas..

    ReplyDelete
  26. Keren acaranya mas, bisa jadi inspirasi nih

    ReplyDelete
  27. Kalo di tempat saya yang sekarang sudah gak ada lagi acara seperti itu.
    Jangankan tirakatan, lomba 17an aja tidak ada.
    Beda soal di tempat tinggal saya yang lama. Huhu.

    ReplyDelete