Spot Wisata Keluarga Di Yogyakarta Berlarian Kesana-Kemari Di Pantai Teleng Ria Pacitan OMG, Ada Jajanan Dan Mainan Masa Kecil Di Mbokjajan Arung Jeram Di Sungai Progo Bersama Arus Progo Rafting Bahagia Bersama Keluarga Di Taman Rekreasi Selecta Berfoto Bersama Keindahan Pantai Siung Di Atas Batu Karang

Tuesday, 30 July 2019

Cara mengetahui informasi penyakit infeksi emerging via media online

adipraa.com - Salam Indonesia Sehat! Semoga kita sehat selalu ya kawan. Dewasa ini penyakit infeksi emerging (infem) mendapat perhatian khusus dan menjadi masalah kesehatan masyarakat serius. Masih teringat kasus cacar monyet (monkeypox) beberapa waktu lalu? Awal bulan Mei 2019 masyarakat Indonesia dihebohkan dengan ditemukannya kasus cacar monyet di Singapura, negara tetangga. Nah, cacar monyet ini adalah salah satu jenis penyakit yang masuk dalam kategori penyakit infem. 
Official Website of Infeksi Emerging | adipraa.com
Official Website of Infeksi Emerging

Apa itu penyakit infeksi emerging?

Sebelumnya mari kita pahami lebih dahulu definisinya. Penyakit infem merupakan penyakit yang muncul dan menyerang suatu populasi untuk pertama kalinya atau telah ada sebelumnya namun meningkat dengan sangat cepat, baik dalam jumlah kasus baru di dalam satu populasi ataupun penyebarannya ke daerah geografis yang baru.  

Kekhawatiran akan penyakit infem ini tidak hanya karena dapat menimbulkan kematian, namun juga karena dapat membawa dampak sosial ekonomi yang besar di era globalisasi dimana saat ini seluruh dunia dengan mudah saling terhubung. Fakta menunjukkan bahwa penyakit infem dapat dengan mudah menyeberangi perbatasan negara bahkan benua dan bergerak tanpa hambatan dari satu populasi ke populasi yang lain. 

Bagaimana cara mengetahui informasi penyakit infeksi emerging via media online?

Komunikasi dan manajemen risiko yang efektif memiliki peran penting dalam menjamin bahwa penyakit infem dapat diketahui sedini mungkin. Perlu adanya kesadaran yang diikuti aksi nyata tentang mengetahui, mencegah dan mengendalikan penyakit infem. Hal ini penting bagi semua pihak termasuk masyarakat, sehingga memiliki respon yang lebih baik pada saat harus menghadapi kejadian luar biasa penyakit infem.

Penyebaran informasi penyakit infem agar dapat diketahui secara dini salah satunya melalui media online dimana masyarakat dapat mengakses dengan cepat. Informasi resmi oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia terkait penyakit infem dapat dipantau di alamat infeksiemerging.kemkes.go.id. 

Sekilas tentang website infeksi emerging

Beragam artikel menarik seputar informasi terkini terkait penyakit infeksi emerging tersedia di website ini. Informasi jenis penyakit berdasarkan definisi, penyebab, cara penularan, cara pencegahan dan pengobatan, aspek laboratorium, daftar negara endemis, faktor risiko, penyebaran epidemiologis, dan informasi lainnya dapat kita temukan di website infeksiemerging.kemkes.go.id.

Selain itu, ada pula media unduhan seperti buku pedoman pencegahan dan penanggulangan penyakit infem tertentu, peraturan pemerintah, media KIE dan file unduhan lainnya yang dapat diunduh secara gratis. 

***

So, mari kita update informasi penyakit infeksi emerging untuk kewaspadaan dini. Paling tidak menambah wawasan tentang kondisi kesehatan terkini. Apalagi yang hobi berpergian, tentunya mengetahui informasi ini sangatlah penting sebagai langkah awal antisipasi agar terhindar dari penularan penyakit infem. Itulah salah satu cara mengetahui informasi penyakit infeksi emerging via media online. Semoga bermanfaat! FIN 
Previous Post
Next Post
Related Posts

7 comments:

  1. Situ punya pemerintah itu kan ya ,wah bisa dipercaya.
    Infem bisa menyebabkan kematian juga, aduh serem betul

    ReplyDelete
  2. Iya nih penyakit sekarang kok tambah hari tambah aneh" aja ya.. Penting bbgt emg buat yg suka pergi ke luar.. Kl liat monkey nya mah unyuk" kl penyakitnya mh jauh" dehh

    ReplyDelete
  3. Sekarang untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan makin mudah ya mas. Di era digital ini jumlah pengguna internet makin meningkat, dan inilah salah satu upaya pemerintah dalam menyebarkan informasi melalui media online. Semoga masyarakat banyak yang mengakses media ini sehingga pengetahuan mereka tentang penyakit infem ini tidak diterimanya setengah-setengah.

    ReplyDelete
  4. Banyak penyakit aneh bermunculan, akibat perbuatan manusia itu sendiri. serem banget kalo sampe bisa nyeberang negara kite ye... Semoga saja kita dan keluarga kita dan masyarakat RI dijauhkan dari wabah ini, aaamiiin

    ReplyDelete
  5. Baru denger ya ada infeksi emerging. Serem juga ternyata ada penyakit bisa migrasi dengan mudahnya. semoga bangsa kita sehat-sehat selalu.

    ReplyDelete
  6. sangat bermanfaat terimakasih info nya

    ReplyDelete