Wednesday 14 August 2019

Enjoy Mural Jogja: Yang Merdeka Yang Bersyukur

adipraa.com - Kalau Mang Maman blogger ganteng pemilik blog saungmaman.com khusus menyambut hari kemerdekan RI dengan membuka pendaftran gratis mitra CAR 3i untuk 5 orang pertama, bapi semangat nasionalisme melalui beberapa mural yang ditemui di Jogja. Seperti biasa, update artikel "Enjoy Mural Jogja" beraksi kembali. Kali ini dengan judul "Yang Merdeka Yang Bersyukur".

Di bulan Agustus, banyak daerah di Indonesia yang merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan beragam kegiatan. Ada lomba-lomba, kerja bakti membersihkan lingkungan, jalan santai dan masih banyak lagi. Tak lupa Bendera Merah Putih berkibar di tiap-tiap rumah. Lingkungan sekitar pun dihiasi dengan beragam ornamen yang menarik untuk dipandang. Semua itu sebagai wujud syukur dan ungkapan kebahagiaan karena Indonesia telah merdeka.
Soekarno | adipraa.com
Soekarno

17 Agustus 1945, itulah hari kemerdekaan kita. Hari merdeka, nusa dan bangsa. Hari lahirnya bangsa Indonesia.... Eh, ini kan lirik lagu kebangsaan. Yup, tanggal 17 Agustus 1945 merupakan titik awal lahirnya negara Republik Indonesia. Teks Naskah Proklamasi yang dibacakan oleh Bung Karno atas nama Bangsa Indonesia adalah moment penting dalam kemerdekaan Indonesia.
Nikmati mural menarik di Jogja lainnya disini: Enjoy Mural Jogja: Tugu Jogja
Berikut isi proklamasi tersebut: 

Proklamasi 

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja. 


Djakarta, 17 Agustus 1945
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/ Hatta.



Sekian tahun berlalu setelah naskah proklamasi kemerdekaan tersebut dibacakan, maka kita sebagai generasi penerus bangsa yang menerima tongkat estafet kemerdekaan ini harus bisa mempertahankannya.
Perjuangan | adipraa.com
Perjuangan

Perjuangan tersebut harus dimaknai dan dilanjutkan oleh generasi muda dan sudah menjadi kewajiban kita untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan tersebut. Berbeda dengan perjuangan masa lalu yang berperang melawan penjajah, kini perjuangannya adalah mengisinya dengan membangun negara Indonesia yang maju. Caranya pun beragam.
Gotong Royong | adipraa.com
Gotong Royong

Pembangunan itu sukses karena satu orang, imposible! Pembangunan dapat berhasil jika semua komponen masyarakat dapat bersatu-padu. Semua ini harus dilandasi dengan semangat kebersamaan, semangat gotong royong. Bahwa kita semua menjadi bagian dalam pembangunan. Disengkuyung bersama. Dengan semangat gotong royong kita pertahankan kemerdekaan ini. Yang Merdeka Yang Bersyukur. FIN.
Previous Post
Next Post
Related Posts

23 comments:

  1. Semoga anak muda seperti saya ini bisa melanjutkan ya
    Mengisi kemerdekaan dengan sebaik mungkin. Indonesia tetap bersaru dalam keberagaman

    ReplyDelete
  2. lama perhatiin mural gotong royong, apa ya makna eyang Semar membuka tirai...
    biasanya kan seniman suka bikin sesuatu yang tersirat he.. he.., jadi nebak2 deh..

    ReplyDelete
  3. Mantap muralnya ya, mudah2an gambarnya dapat menghidupkan jiwa patriotisme anak muda sekarang, setidaknya gambar tidak dihapus sampai setahun ke depan :)

    ReplyDelete
  4. Merdeka! Yang pasti bersyukur banget bisa hidup saat keadaan negara sudah jauh dr peperangan. Teknologi sudah maju, dan infrastruktur sudah bagus2..

    ReplyDelete
  5. Bulan ini bulan-bulan nasionalisme meningkat, tapi semoga di bulan-bulan berikutnya rasa nasionalisme enggak turun.. Jogaja ni keren ya banyak mural..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  6. Saya suka mural yang bergambar semar itu, paling keren dari yang lain. Jogja keren!

    ReplyDelete
  7. Belakangan ini sebagian kalangan masyarakat Indonesia kembali "dijajah" pemikiran radikal yang nggak sesuai dengan karakteristik bangsa Indonesia yang beragam.

    Btw muralnya keren-keren! Ada di sebelah mana nih?

    ReplyDelete
  8. Kereen nih yogya ada mural kaya gini. Next klo ke yogya samperin ahh

    ReplyDelete
  9. Mural Yogya ini menarik, ya, acaranya. Suka dengan Quotenya Pak Soekarno yang menyatakan bahwa Kita belum hidup Dalam sinar bulan purnama

    ReplyDelete
  10. Mural2 yg cakep.. Berapa lama ya pembuatan mural2 seperti ini? Jadi penasaran..hehe..

    ReplyDelete
  11. Mural positif bertemakan perjuangan ini semoga bisa menumbuhkan rasa nasionalisme masyarakat, terutama para kawula muda. Pesan perjuangan pun bisa disampaikan melalui mural ya Mas... Good idea, terus lanjutkan mural berisi pesan positif seperti ini

    ReplyDelete
  12. Bagus juga nih konsepnya..menyalurkan kreatifitas lewat gambar mural. Dan dalam suasana peringatan hut ri gambar muralnya pun bertemakan kemerdekaan. Merdeka!

    ReplyDelete
  13. Ngga kebayang kalau para pejuang ngga berjuang merebut kemerdekaan Indonesia dari penjajah, gimana nasib kita dan generasi penerus bangsa yaa

    ReplyDelete
  14. Iya...kemerdekaan hasil perjuangan semua kelompok. Bukan satu orang, apalagi satu kelompok. Semoga kita tetap bersatu dengan keberagaman kita.

    ReplyDelete
  15. Tidak mudah menyebarkan dan percaya pada berita hoax merupakan salah satu cara memajukan bangsa ini di jaman sekarang *IMHO*

    ReplyDelete
  16. Jogja memang nyeni. Semoga mural ini jadi pengingat kita semua tentang patriot dan gotong royong. Merdekaaaa!

    ReplyDelete
  17. Seneng ya melihat cara mengisi kemerdekaan dengan cara seperti ini. Semoga kita semua mampu mengisi kemerdekaan dengan cara yang baik

    ReplyDelete
  18. waaaahhh muralnya keren-keren semua. Dan lagi syarat akan makna jugaa

    ReplyDelete
  19. Btw arti sengkuyung itu apa? Hehe maklum bukan orang Jawa.

    Iya betul pembangunan itu melibatkan berbagai komponen masyarakat sehingga harus kerja bersama untuk maju bersama.

    ReplyDelete
  20. Yess... kita harus bahu membahu mensukseskan pembangunan. gak bisa kalo sendiri.. Muralnya kaya dengan filosofi ya... Jadi pengen ke Jogja

    ReplyDelete
  21. Di Jogja memang banyak mural, kan warganya pun nyeni :) Bagus dong berekspresi melalui lukisan mural ini. Bikin kita semangatt ketika memandang mural. Apalagi momen dan gambarnya pas memriahkan Hari Kemerdekaan RI :)

    ReplyDelete
  22. Aku baru aja menikmati mural di Solo. Di Jogja juga ada yang bagus ternyata. Kapan kapan ke sana ah...

    ReplyDelete
  23. Aduh mohon maaf baru sempat mampir dimari setelah 2 tahun postingan yang keren ini tayang.

    Mural itu salah satu bentuk karya seni yang tidak mudah dilakukan ya, mas. Hanya mereka yang memiliki jiwsa seni tinggi saja yang sanggup membuat mural yang menarik. Hasil karya mereka membuat orang yang melihat berdecak kagum karena keunikan karyanya.

    ReplyDelete