Sunday 12 July 2020

Pengertian Data Center Beserta Penjelasan Lengkapnya

adipraa.com - Data Center merupakan sebuah ruangan yang telah melalui proses perancangan sedemikian rupa dimana menempatkan server komputer dan perangkat jaringan komputer yang memiliki keterhubungan dengan jaringan internet. 
Pengertian Data Center Beserta Penjelasan Lengkapnya | adipraa.com
Pengertian Data Center Beserta Penjelasan Lengkapnya

Ruangan data center indonesia tersebut harus memenuhi syarat tertentu agar aman dan stabil dari gangguan baik secara fisik maupun virtual sehingga data yang ditempatkan pada server di data center dapat selalu mudah dan cepat di akses oleh para pengguna. Dalam melakukan pembangunan data center maka memerlukan konsultan pelayanan data center yang berpengalaman dalam membangun data center indonesia seperti NEX. 

Juga terdapat tujuan pusat data atau data center indonesia adalah mudah di akses, cepat, stabil dan aman dari gangguan maka data center sehingga data center perlu memiliki kriteria sebagai berikut: 

  1. Lokasi terdapatnya data center ialah pada wilayah yang aman dari banjir, gempa bumi dan longsor, gangguan demo anarkis, dan gangguan lainnya. Ini sangat penting untuk memenuhi kriteria data center sebagai tempat yang aman dalam menjaga data perusahaan. Data center juga memerlukan kebutuhan pendinginan data center yang cukup besar, sudah seharusnya data center di letakan pada lokasi yang tidak sulit air sehingga dapat melakukan penghematan tanpa harus mengorbankan mutu pelayanan. Contoh pelayanan yang tepat mengenai lokasi adalah NEX yang terletak di lokasi strategis dan berada pada pusat bisnis Jakarta sehingga tidak sulit air. 
  2. Kehandalan yang ada, data center wajib memiliki kehandalan dalam rangka pengaksesan data oleh para penggunanya, contohnya dalam hal kecepatan jaringan internet fiber optik, keahlian dalam mengatur efisiensi jaringan juga sangat mempengaruhi kehandalan data center terutama untuk jasa colocation server yang di tawarkan. 
  3. Skalabilitas pada data center indonesia, data center biasanya memiliki fleksibilitas untuk memberikan layanan ke pelanggan, seperti kemudahan dalam mengatur skala penggunaan server. Tentunya perlu didukung pula struktur design data center yang dapat memberikan efisiensi serta pemilihan penggunaan perangkat di data center yang dapat mendukung fleksibilitas untuk skalabilitas secara cepat dan tepat. 
Beberapa service utama pada data center eberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembangunan, maintenance dan penggunaan server dari data center indonesia selain server security dan server administration adalah sebagai berikut:

Server performance metrics 

Untuk mengukur kinerja dari server diperlukan standar pengukuran yang diakui oleh masyarakat dan vendor-vendor IT yang ditentukan berdasarkan SPEC (Standard Performance Evaluation Corporation). Benchmark ialah sebuah standar ukuran kinerja yang telah diakui oleh masyarakat dunia. Terdapat beberapa aspek yang berpengaruh pada kinerja sistem adalah utilization, latency, throughput, resource efficiency. NEX juga memperhatikan mengenai evaluasi kinerja server serta analisis faktor yang mempengaruhi kinerja CPU. 

Server capacity planning 
Server capacity planning oleh NEX memiliki 2 hal penting, terdiri atas server sizing dan capacity planning. Server sizing kemudian diartikan mengenai bagaimana melakukan estimasi kebutuhan hardware pada server sesuai kebutuhan dari aplikasi dan aktifitas dari pengguna. Sedangkan capacity planning terdiri dari 2 fase dalam melakukan pengukuran terhadap utilization maupun performance, yang kedua ialah dalam hal perencanaan harus dapat mendukung beban kerja yang berat. Perlu dilakukan pengecekan memory secara berkala merupakan hal yang penting setelah server capacity planning dilakukan. 

Nah sekarang anda tidak ragu lagi bukan dalam membangun infrastruktur IT melalui penyedia layanan terpercaya dari NEX dimana selain pembangunan yang memperhatikan kriteria juga akan melakukan maintenance dan penggunaan server dari data center indonesia yang baik.
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: