Monday 21 December 2020

PENGALAMAN MENJADI KPPS PEMILIHAN LURAH MINOMARTANI

adipraa.com - Hai! Semangat pagi sahabat. Apa kabarnya hari ini. Semoga sehat selalu ya. Amin. Kesempatan kali ini, saya ingin berbagi cerita nih. Cerita pengalaman menjadi KPPS untuk Pemilihan Lurah di Desa Minomartani.
TPS 17 Pemilihan Lurah Desa Minomartani


Minggu, 20 Desember 2020, saya mendapat kesempatan menjadi Anggota KPPS Pemilihan Lurah Minomartani. Sungguh, Pandemi Covid-19 ini memang merubah tatanan dunia. Tak terkecuali tatanan pemilihan lurah kali ini. 

Saya akan cerita mulai dari pemeriksaan COVID-19 saja ya. Seminggu sebelum hari H pemilihan, KPPS diwajibkan untuk melakukan Rapid Diagnostic Test (RDT). Jika reaktif, calon anggota KPPS akan lanjut untuk pemeriksaan Swab.
Swab dan PCR tak terpisahkan dalam metode tes untuk menegakkan diagnosis Covid-19. Swab adalah cara untuk memperoleh bahan pemeriksaan (sampel). Swab dilakukan pada nasofaring dan atau orofarings. Pengambilan ini dilakukan dengan cara mengusap rongga nasofarings dan atau orofarings dengan menggunakan alat seperti kapas lidi khusus. (https://kawalcovid19.id) 

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, pandemi ini sangat mempengaruhi pelaksanaan Pemilihn Lurah. Bagaimana tidak, di TPS 17, tempat dimana saya menjadi KPPS, warga yang masuk di Daftar Pemilih Tetap banyak yang tidak menggunakan hak pilihnya. Ya, meskipun protokol kesehatan wajib diterapkan di TPS, memakai masker, jaga jarak, memakai sarung tangan. Tetap banyak yang tidak datang karena pertimbangan Pandemi ini, dari 350-an jumlah pemilih yang ada di DPT, hanya 108 yang menggunakan hak pilihnya. 

Suasana di TPS 17


Alhasil, KPPS pun banyak nganggurnya. Saya yang menjadi KPPS 4 yiaitu petugas bilik pun banyak duduknya. Hehehe.

Yang menarik dari pemilihan lurah kali ini, sistem pemilihannya menggunakan E-Voting. Kita tinggal "menunul" Gambar calon Lurah di layar yang ada. penggunaan e-voting lebih efektif dibandingkan sistem konvensional di tahun-tahun sebelumnya.

Oke, sahabat. Saya sudahi dulu cerita kali ini. Berikan pendapat kalian di kolom komentar tentang Pemilihan Lurah di masa Pandemi ini. Makasih sudah berkunjung di blog ini. Terimakasih.


Previous Post
Next Post
Related Posts

2 comments:

  1. Keren mas Adi, sukses mengurus pilkada. Smg semua tim sehat dan aman ya

    ReplyDelete