Monday 28 August 2023

Menikmati Gembel, Salah satu menu kuliner di Cafe Tinitah Alam Kulon Progo

adipraa.com - Kuliner Indonesia terus menggoda lidah dengan berbagai macam hidangan yang lezat dan menggugah selera. Di tengah kekayaan kuliner tanah air, ada satu jajanan yang menjadi perpaduan sempurna antara cita rasa gurih dan sensasi pedas yang memikat, namanya "Gembel". Singkatan dari "Geblek Sambel", Gembel adalah jajanan khas Menoreh, Kulon Progo.
Menikmati Gembel, Salah satu menu kuliner di Cafe Tinitah Alam Kulon Progo
Menikmati Gembel, Salah satu menu kuliner di Cafe Tinitah Alam Kulon Progo

Mengenal Gembel 

Gembel adalah perwujudan kekayaan kuliner dan tradisi dari daerah Menoreh, Kulon Progo. Jajanan ini diawali dengan kulit luar dari geblek yang dibuat dari bahan tepung tapioka dan bumbu bawang yang digoreng gurih. Kemudian yang memberikan citarasa menarik dari Gembel ini adalah isiannya, sambal tempe yang pedas dan menggugah selera. Sambal tempe dalam Gembel merupakan kombinasi sempurna antara kepedasan dan kelezatan, menghadirkan perpaduan rasa yang tak terlupakan. 

Menikmati Gembel di Tinitah Alam Kulon Progo 

Semua pasti mengamini jika Jogja memiliki ribuan potensi wisata yang tersebar di setiap sudut daerahnya. Kita bisa dengan mudah bertemu dengan berbagai jenis wisata yang ada di kota ini mulai dari kuliner hingga wisata alamnya yang indah. 



Tahukah kalian apabila terdapat sebuah destinasi wisata kuliner baru yang ada di Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo,  tempat kuliner satu ini bernama Tinitah Alam. Tempat yang cocok untuk kulineran dengan pemandangan alam yang menawan. Sayangnya, saya berkunjung ke tempat satu ini selepas maghrib, jadi pemandangan alamnya sudah tak terlihat. Jadi, kita nikmati saja menu kuliner yang ada di Tinitah Alam. 
Gembel
Gembel

Salah satu menu jajanan yang menarik perhatian adipraa adalah Gembel. Kuliner satu ini menyuguhkan sensasi gurih pedas yang menggugah selera. Setiap gigitan Gembel mengajak kita untuk merasakan lezatnya sambel tempe yang pedas yang dipadukan dengan kulit luar dari geblek, perpaduan garing di luar dan lembut di dalam, yummy

Ok, sekian artikel singkat ini, review panganan unik yang bernama "Gembel". Ketika sahabat berada di Kulon Progo, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi sensasi rasa gurih pedas yang disajikan oleh Gembel. Terimakasih.
Previous Post
Next Post
Related Posts

8 comments:

  1. Masalah kuliner Indonesia memang luar biasa. Namanya yang unik (gembel) dengan review yang menarik mengundang selera untuk mencicipinya.

    ReplyDelete
  2. Ya ampuuun namanya yaa, eye catching banget 😂😅👍. Bikin penasaran juga. Aku tau kuliner geblek, tapi blm pernah coba mas. Ini kalo dr deskripsiny, 90% bakal suka sih 😄. Secara aku penyuka pedes dan gurih. Udah cocok kayaknya nyicipin gembel ini 😁. Ntr kalo ke Jogja lagi pengen aku datangin 👍

    ReplyDelete
  3. Pertama baca judul...kukira gembel yang anu mas...tapi ternyata singkatan geblek dan sambel...kalo geblek akupun tau mas..karna di sinipun sesekali masih beli geblek..tapi tanpa sambel..rasanya emang enak..gurih..saya suka tekstur nya walau agak kenyal"gimana gitu...makanan langka dan jadul ini udah..patut di lestarikan

    ReplyDelete
  4. pertama kali makan geblek itu ketika berada di purworejo. Rasanya sangat enak, terasa gurih dan pedas.
    Daerah nanggulan banyak wisata atau tempat makan baru. aku langsung menyukai pemandangan sawah dan barisan perbukitan menoreh ketika pertama kali datang ke sana.

    ReplyDelete
  5. Namanya gembel ya. Saya baru tahu ini. Jadi penasaran ingin mencobanya kalau nanti ke Kulonprogo. Makasih banyak share kulinernya ya. Mantap. Bikin penasaran :)

    ReplyDelete
  6. Weleh weleh iki menu ne opo tah,,,,tapi ini menu pas dicoba kena banget, pedass nya sesuai seleraku banget.

    ReplyDelete