Monday, July 24, 2017

2 Jenis Kuliner Jadul Yang Ingin Kunikmati Di Pasar Kangen Jogja

adipraa.com - I love monday! Bagi pegawai kantoran, biasanya hari senin adalah hari yang membosankan. Namun tidak bagi saya, karena hari senin (24/7) ini saya sedang sumringah (baca: senang). 
Pasar Kangen Jogja | adipraa.com
Pasar Kangen Jogja
Ngopo je kok sumringah? Bahagia itu sederhana. Akhirnya bisa mengunjungi event seru yang digelar di Taman Budaya Yogyakarta. Namanya "Pasar Kangen Jogja", sebuah acara tahunan yang membawa kita mengenang tempo dulu. Acara yang telah memasuki tahun ke-10 ini berlangsung selama sepekan mulai 22 Juli 2017 hingga 29 Juli 2017. 
Salah Satu Stand Jajanan Lawas di Pasar Kangen Jogja | adipraa.com
Salah Satu Stand Jajanan Lawas di Pasar Kangen Jogja
Keramaian di Pasar Kangen Jogja | adipraa.com
Keramaian di Pasar Kangen Jogja

Pasar Kangen Jogja menyajikan aneka jajanan dan makanan tradisional jaman dulu yang kini sudah jarang ditemui seperti gatot, tiwul, klepon, sego wiwit, mides, geblek, serabi kocor, sate kere, dan masih banyak lagi. kuliner jadul ini bisa kamu nikmati sembari nostalgia mengenang masa lalu. Selain itu diramaikan pula dengan barang-barang kuno dan antik yang dipamerkan dan dijual di stand-stand yang tertata rapi.

Memasuki kawasan Taman Budaya Yogyakarta, tampak keramaian orang memadati acara ini. Bercengkrama membahas kenangan masa lalu bersama teman dan keluarga sambil menikmati beragam kuliner jadul yang ada. Diiringi alunan musik yang enak didengar dari aksi panggung musisi Jogja menambah syahdu suasana di Pasar Kangen Jogja. Mantap.

"Ayah jadi mau cari Sate Kere sama Es Gandhoel ga?" tanya istri saya. 

"Jadi dong!" jawabku. 

Ya, ada 2 (dua) jenis kuliner jadul yang ingin kunikmati di Pasar Kangen Jogja ini. Apa aja tuh! Check this out :

Sate Kere
Stand Sate Kere | adipraa.com
Stand Sate Kere
Pertama, Sate Kere. Sudah pernah nyobain sate kere? Bahan dasar Sate Kere adalah gajih atau koyor (lemak sapi). Mungkin terdengar asing di telinga, namun panganan ini menjadi salah satu primadona kuliner Jogja yang istimewa di Pasar Kangen Jogja. Stand-stand yang menjajakan Sate Kere banyak dipadati pengunjung yang rela antri demi menikmati jajanan jadul satu ini. 
Siap-siap, kepulan asap akan datang! | adipraa.com
Siap-siap, kepulan asap akan datang!
Sate Kere | adipraa.com
Sate Kere
Saat dibakar, sate ini menghasilkan kepulan asap yang banyak. Aroma sangit yang khas membuat banyak orang penasaran dengan panganan satu ini. Di Pasar Kangen Jogja, satu porsi sate kere ini dibanderol harga Rp. 10.000,-. Per porsinya berisi 3-4 tusuk sate saja. 

Masa kecil dulu, ada pedagang asongan yang menjajakan sate kere dengan menggunakan sepeda onthel yang lewat di depan rumah. Dan saya sering minta uang jajan kepada ibu untuk membeli sate kere ini. Indahnya nostalgia masa lalu. Kangen!

Es Gandhoel Tali Merang
Stand Es Gandhoel Tali Merang | adipraa.com
Stand Es Gandhoel Tali Merang
Lanjut hunting kuliner jadul kedua, berikutnya adalah es gandhoel. Kuliner satu ini semacam es serut yang dicetak dengan tutup gelas pipih dan diberikan sirup manis berbagai rasa. Untuk pegangannya, digunakan tali merang yang merupakan bagian dari padi yaitu batang padi. Selain tali merang, bisa juga request pegangan es gandhoelnya dengan menggunakan stick es.
Es Gandhoelnya mas! | adipraa.com
Es Gandhoelnya mas!
Es Gandhoel Tali Merang | adipraa.com
Es Gandhoel Tali Merang
Es gandhoel tali merang ini sangat legendaris dan sudah ada sejak jaman perjuangan dulu. Dewasa ini, untuk mencari kuliner satu ini sudah susah alias langka. Beruntung bisa menikmatinya di Pasar Kangen Jogja. Es Gandhoel Tali Merang ini bisa kamu nikmati dengan harga lima ribu, gaes!
Sate kere dan Es Gandhoel Tali Merang, itulah 2 Jenis kuliner Jadul yang ingin kunikmati di Pasar Kangen Jogja. Kamu mau? Buruan datang ke Pasar Kangen Jogja.
Previous Post
Next Post
Related Posts

24 comments:

  1. Es gandhoelnya kok engga digandul2?
    Mahal y 1 porsinya 10000 cuma ada 4 tusuk sate doang, terus satenya mana?

    ReplyDelete
  2. Aku udah lama banget nggak ke Yogya. Terakhir tahun 2008. Padahal yo nggak jauh2 banget lo dari kotaku. Pengen deh ngajak anak-anak jalan2 ke Yogya.

    ReplyDelete
  3. We o we... yang ngantri sate kere banyak amaaaat :D
    Jogja jogja... olwes in nay hart dah

    ReplyDelete
  4. Waah menarik sekali kalau banyak jajanan pasarnya.

    ReplyDelete
  5. Sate kere enak banget tuh mas...pernah coba sekali waktu ke jogja..

    ReplyDelete
  6. penisirin banget dengan sate kerenya pasti enak ya

    ReplyDelete
  7. Jupuk dewe, etong dewe. Tapi ojo ngutil, hahaha..

    Sate kere sepertinya enak, tapi awas kolesterol!!

    ReplyDelete
  8. Saya juga pegawai tai tetep semangat tiap hari karena kerjanya menyenangkan! :D

    Alangkah baiknya ya kalau Pasar Kangen ini nggak jadi event sementara, tapi jadi satu tempat permanen. Bagus lho buat pariwisata dan melestarikan budaya. Btw, biasanya digelar kapan ya? Kok tiap kali mudik ke Jogja, kayaknya nggak pernah ada.

    thetravelearn(dot)com

    ReplyDelete
  9. duh es serut itu ngingetin ke jaman sd, hahah sekarang udah gaada yg jualan :D

    ReplyDelete
  10. Makanan jaman dulu lebih nikmat dan lebih sehat karena menggunakan bahan alami gak pakai kimia-kimia'an :)

    ReplyDelete
  11. Aku juga jadi pengen nyobain kulinernya, berarti sudah jarang ada ya 2 kuliner itu

    ReplyDelete
  12. yah gk smpat kesana waktu liburan di jogja.. tpi bgus nih rekomendasinya kalo ksana lgi berikutnya

    ReplyDelete
  13. sate kere is the best
    gak tahu kenapa setiap ke jogja suka banget nyariin nih sate padahal dibilang daging juga enggak tapi enak

    ReplyDelete
  14. Nama-nama makanannya aneh ya mas. Agak susah dicerna sebenernya itu makanan apa. Hehehe

    ReplyDelete
  15. Aku kemarin waktu gowes ke Bantul expo, nyoba tuh sate kere, ko rasanya gimana gitu ya, suka sih tapi gak begitu..hehe

    Paling seneng kalau udah ketemu jajanan pasar, biking kangen. Mau gowes ke FKY yang di piramid, tapi belum sempet..

    ReplyDelete
  16. ngecesss to the max, jadi pengin ke jogja T_T

    ReplyDelete
  17. Wih mas, saya jadi ngebet pengin ke Jogja. Oya, lemak sapi itu maksudnya tetelan, ya?

    ReplyDelete
  18. Wah bener-bener nostalgia banget yaaa... Kalau di Malang ada yang namanya Malang Tempoe Doeloe, meskipun eventnya nggak seputar kuliner aja. Aduuuh jadi pengen ke jogja nih,,, bahagia itu memang sederhana, benar.. :)

    ReplyDelete
  19. Bener2 ngobatin kangen klo ini ya Mas..
    Sate kere, baunya bnr2 menggoda. Klo Es gandhoel..jaman aku SD ada mas, tapi nggak pke merang. Udah model stik es krim itu kayaknya

    ReplyDelete
  20. jadi pengen nyobain es gandhoel

    ReplyDelete
  21. ngomongin jogja jadi ingat sama lalapan di jogja yang nikmat hehee

    ReplyDelete