Sunday, July 23, 2017

Depresi, segeralah curhat!

Depresi, segeralah curhat! | adipraa.com
Depresi, Segeralah Curhat!
adipraa.com - Kematian vokalis band musik rock yang sukses dengan albumnya Hybrid Theory membuat heboh publik. Yang lebih mengejutkan lagi, Chester Bennington pentolan Linkin Park ini dikabarkan mengakhiri hidupnya pada hari kamis (20/7/2017) dengan cara gantung diri akibat depresi. Sangat disayangkan! 

Aih, depresi! Memang satu penyakit yang unik. Karena uniknya, antara satu orang dengan yang lain penyebabnya akan berbeda-beda. Karena setiap orang memiliki masalah yang berbeda dan penyelesaiannya pun juga akan berbeda. 

Depresi bisa menimpa siapa saja, tua muda, pria wanita, kaya maupun miskin. Secara umum depresi adalah suatu keadaan yang melibatkan rasa sedih, emosi, pikiran negatif, merasa tidak dihargai, marah, pesimis dan gelisah luar biasa. Orang yang mengalami depresi berat akan cenderung berpikir untuk mengakhiri hidup mereka dengan cara bunuh diri. 
Lalu, bagaimana cara mengatasi depresi? Curhat dong. Ya, segeralah curhat secara terbuka tentang apa yang dialami. Bicaralah dengan orang di sekitar kita, baik itu dengan pasangan, orang tua, teman atau siapa saja yang bisa dipercaya. 

Yang menjadi teman curhat pun harus bisa mendengarkan ungkapan perasaannya. Berikanlah solusi yang baik. Karena memberikan dukungan positif kepada mereka yang mengalami depresi sangatlah penting. Dengarkanlah curhatnya tanpa menghakimi. Jangan malah menertawakan atau sampai dijauhi. 

So, saat mengalami depresi, segeralah curhat! Jangan lari atau dipendam sendiri, karena depresi akan bertambah parah. Curhat merupakan cara efektif mengurangi depresi mendalam yang dapat mengarahkan penderita ke upaya bunuh diri. 

Dengan intens komunikasi dan mendengar apa yang ingin disampaikan orang yang mengalami depresi akan mengurangi kecemasan dan membantunya merasa dipahami. Tetaplah berinteraksi untuk melihat kondisinya, dengarkan dengan pikiran terbuka dan tawarkan bantuan yang memungkinkan.

Jangan lupa untuk makan sehat, olahraga teratur dan istirahat cukup. Satu lagi, selalu positif thinking dalam hidup kita. Okay! Share artikel ini bila bermanfaat. Supaya tak ada lagi yang mati sia-sia dengan bunuh diri karena depresi. Fin.
Previous Post
Next Post
Related Posts

24 comments:

  1. Bener banget, depresi itu jangan dianggap enteng. Curhat bisa membuat rasa tenang dan nyaman. Bisa curhat dengan sahabat dekat, saudara atau bahkan istri ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya boleh dong curhat sama istri, tapi masalahnya saya belum beristri
      Apa bisa curhat sama istri orang lain?

      Delete
    2. Boleh aja, curhat dengan istri orang lain mas Niki. Asal dapat ijin dari suaminya. :)

      Delete
  2. Ya curhat dengan orang terdekat yang bisa dipercaya memang baik bagi yang sedang mengalami depresi. Dari beberapa berita yang saya baca tentang Chester pun kabarnya perubahan sikapnya terjadi sejak kematian sahabatnya yang juga bunuh diri pada bulan Mei.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, sahabatnya Chris Cornell pentolan Soundarden jg mati bunuh diri. Ngeri y mbak.

      Delete
  3. Saya jarang curhat ke orang lain mas kecuali kepada Allah, suami dan Ortu. Pernah sekali curhat ke orang lain malah embyer.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. curhat kepada suami dan ortu itu juga sama aja curhat ke orang lain kali mbak LFJ alias Jeng Yuni. Yang penting ga embyer.... hahaha

      Delete
    2. ahahaha aku ngikik baca komen ini :P

      Delete
  4. Naaah, itu diaa, aku mah ga bisa curcoool,tipe orang yang memendam. Nanti ada bom waktunya meledak, down deh hahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau modelnya bom waktu, bisa-bisa orang lain yang kena imbasnya. :)

      Delete
  5. semoga kita semua selalu dalam perlindungan dan bimbingan Allah swt, Amin
    jangan sampai kita depresi dan mengakhiri hidup kita dengan kesia-sia an ...

    ReplyDelete
  6. Sebenarnya kalau kita cermati lagu-lagunya Linkin Park itu malah sebuah curhatan :-)

    ReplyDelete
  7. iya karena apa yang dipendam lama-lama akan meledak hehehehe :)

    ReplyDelete
  8. Lagu LP emang mewakili banget buat orang2 yang sebenarnya juga depresi (ringan atau berat)... Aku seringnya curhat di WAG. Teman2 sering kasih solusi. Kalau pun dirasa gak bisa kasih solusi, mendengarkan saja sudah cukup membantu

    ReplyDelete
  9. Sedih dengar Chester mengakhiri hidupnya demikian. Jadi ingat dulu jaman SMA kalau lagi stress pasti muter kasetnya Linkin Park.. Benar depresi memang tidak bisa dianggap enteng.. Curhat pun kalau sudah nggak membantu, harus mau ke psikolog/psikiater biar terbantu secara tuntas.

    ReplyDelete
  10. Kadang ga semua orang mau curhat, ada sebagian yang memilih memendam perasaan. Jadi seperti itulah akbitanaya.

    RikyRamadhan

    ReplyDelete
  11. Setuju banget mas... kita harus terbuka pada orang lain tentang masalah yg kita hdapi !!!

    ReplyDelete
  12. setuju mas jangan sampai kita sia2kan masa muda kita dengan depresi ya ....

    ReplyDelete
  13. Setuju mas. Tapi gak gampang loh mas cuthat untuk orang intovert. Aku merasakan betul itu. Jadi hrs bener2 ketemu lawan bicara yang nyaman dulu baru bisa terbuka. Naaahhh nyari lawan bicara yang nyaman itu juga bukan hal mudah. Hihi

    ReplyDelete
  14. Setuju mas, tapi sekarang ini sayangnya orang-orang beranggapan kalau curhat tuh lebay. Minta saran seringkali di ketawain. Ya, gitu-gitulah. Trus populasi orang yang mau mendengarkan tuh, juga kayaknya udah mulai berkurang.
    Untuk mengurangi hal tersebut, kita harus memulainya dari diri sendiri. Belajar mendengarkan keluhan orang lain, bukan malah menghakimi atau menertawakan.

    ReplyDelete
  15. Pengalaman saya dulu depresi tapi takut mau curhat ke siapa, akhirnya cuma baca buku dan mendekatkan diri ke Allah, syukur nggak sampai ada pikiran mau bunuh diri mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg penting ada kawan or punya komunitas.. jd ada penyaluran hehehe

      Delete
  16. Kita mesti lebih peka pada orang-orang terdekat atau orang-orang di sekitar kita ya. Sering orang depresi malah diem aja, nggak mau cerita apa-apa, sehingga menurut kita "dia baik-baik aja". #notetomyself_sih

    ReplyDelete