Kamis, 17 Agustus 2017

Semarak Kegiatan RW. 02 Minomartani Rayakan Kemerdekaan Indonesia

Adipraa.comHeyho, sahabatku! Pada bulan Agustus, tepatnya pada tanggal 17 (tujuh belas) tiap tahunnya, merupakan hari yang sangat istimewa. Karena pada tanggal tersebut Indonesia merdeka. Dan hingar bingar perayaan di berbagai daerah dengan seabreg kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pun tiba. Tak terkecuali kampung dimana saya tinggal yaitu di wilayah RW. 02 Minomartani, Ngaglik, Sleman, D. I. Yogyakarta. 

Setiap tahunnya warga masyarakat di wilayah RW. 02 Minomartani merayakan hari bersejarah ini dengan melaksanakan berbagai macam kegiatan. Mulai dari yang muda sampai tua, semuanya guyub rukun turut berpartisipasi menyemarakkan Hari Kemerdekaan Indonesia. Apa aja semarak kegiatan yang dilakukan saat perayaan hari kemerdekaan, check this out:

Kerja Bakti membersihkan lingkungan

Pada momen istimewa ini, biasanya warga di wilayah RW. 02 memanfaatkannya dengan melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar. Mulai dari membersihkan lingkungan rumah masing-masing sampai ke sarana prasarana dan jalan umum yang ada. Sapu, cetok, arit dan pacul menjadi barang bawaan warga yang biasa digunakan untuk kerja bakti. 
Penambalan Jalan Berlubang | adipraa.com
Penambalan Jalan Berlubang
Pengecatan Gardu (Cakruk) RT. 08 RW. 02 Minomartani | adipraa.com
Pengecatan Gardu (Cakruk) RT. 08 RW. 02 Minomartani
Penambalan jalan berlubang dan pengecatan cakruk (gardu) menjadi beberapa target perbaikan lingkungan. Tak ketinggalan umbul-umbul dan rontek dengan bendera warna-warni siap dipasang agar lingkungan sekitar tampak meriah. Dari kerja bakti membersihkan lingkungan ini dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan antar warga di wilayah RW. 02 Minomartani. Sendiri kita adalah setetes, Bersatu kita adalah lautan.

Mengibarkan Bendera Merah Putih
Salah satu gang di wilayah RT. 10 RW. 02 Minomartani | adipraa.com
Salah satu gang di wilayah RT. 10 RW. 02 Minomartani
Kemeriahan Hari Kemerdekaan tampak dari bendera merah putih yang mulai berkibar di tiap-tiap rumah di seluruh Indonesia. Tau kan gaes! Pemasangan bendera merah putih ini sudah diatur dalam Pasal 7 UU No. 24 Tahun 2009 Ayat 4, yang bunyinya, “Bendera Negara Wajib dikibarkan pada setiap peringatan Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus oleh warga negara yang menguasai hak penggunaan rumah, gedung atau kantor satuan pendidikan, transportasi umum dan transportasi pribadi di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan di kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.” Pastinya kamu sudah pasang bendera di bulan Agustus kan? Yuk, kibarkan bendera merah putih di rumah masing-masing!
Warna-warni Gang Tongkol III di wilayah RT. 09 RW. 02 Minomartani | adipraa.com
Warna-warni Gang Tongkol III di wilayah RT. 09 RW. 02 Minomartani
Selain bendera merah putih, umbul-umbul dan rontek bendera warna-warni juga turut menghiasi wilayah RW. 02 Minomartani. Bahkan ada juga yang memasang lampion dan lampu kerlap-kerlip demi meriahnya peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia .

Jalan Sehat Bersama

Pelaksanaan jalan sehat bersama selalu menjadi agenda rutin di kampungku. Dimulai jam 7 pagi, warga di wilayah RW. 02 berbondong-bondong berkumpul pada satu tempat untuk mengikuti Jalan Sehat Bersama. Tua maupun muda berbaur menjadi satu, ada pula yang membawa serta anak cucu yang masih bayi dan balita dengan kereta dorong. 
Jalan Sehat dibuka secara simbolis oleh Ketua RW. 02 Desa Minomartani | adipraa.com
Jalan Sehat dibuka secara simbolis oleh Ketua RW. 02 Desa Minomartani
Dengan rute singkat yang telah dibuat oleh panitia penyelenggara, banyak warga datang mengikuti kegiatan Jalan Sehat Bersama. Biasanya, setelah Jalan Sehat, ada hidangan istimewa, pembagian doorprize dan sedikit hiburan yang menambah semarak kegiatan ini. Cerita selengkapnya di "Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, RW 02 Minomartani Gelar Jalan Sehat"

Semarak Lomba saat hari kemerdekaan

Senang sekali bisa merasakan kemeriahan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan mengikuti berbagai macam lomba yang diselenggarakan. Yang terpenting bukan hadiahnya, namun kebersamaan yang membuat kegiatan ini menyenangkan. Selain itu, dapat mempererat tali silaturahmi antar warga. 
Lomba Catur | adipraa.com
Lomba Catur Antar RT Se-RW.02 Minomartani
Lomba Tenis Meja Antar RT Se-RW.02 Minomartani | adipraa.com
Lomba Tenis Meja Antar RT Se-RW.02 Minomartani
Berbagai macam lomba diadakan untuk bapak-bapak, ibu-ibu maupun anak-anak untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Ada lomba tenis meja, bulutangkis, catur, tumpeng, mewarnai, dan masih banyak lagi. Tak kalah meriahnya lomba-lomba yang juga dilaksanakan di tingkat RT. Menambah keseruan di moment kemerdekaan Indonesia. 

Tirakatan Mengenang Perjuangan Para Pahlawan
Bernyanyi bersama di Malam Tirakatan | adipraa.com
Bernyanyi bersama di Malam Tirakatan
Kalau kegiatan satu ini biasanya dilaksanakan di masing-masing Rukun Tetangga (RT) di wilayah RW. 02. Untuk RT dimana saya tinggal, tirakatan diisi dengan urun rembug warga yang bercerita tentang perjuangan masa lalu, sekarang dan masa depan. Dalam kegiatan tirakatan ini, ada pula hiburannya, yaitu organ tunggal yang penyanyinya dari warga untuk warga sendiri. Sederhana namun memberi makna.

Upacara Penghormatan Bendera Merah Putih

Upacara Bendera menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Meskipun hanya Upacara Penghormatan Bendera Merah Putih, namun kegiatan ini selalu rutin dilakukan di wilayah RW. 02 Perumnas Minomartani.
Pemenang Lomba diumumkan di Upacara Penghormatan Bendera Merah Putih | adipraa.com
Pemenang Lomba diumumkan di Upacara Penghormatan Bendera Merah Putih
Upacara Penghormatan Bendera Merah Putih dilakukan di sore hari agar tidak mengganggu aktivitas warga yang bekerja. Kalau warga banyak yang ikut upacara kan semakin seru gaes! Apalagi setelah upacara diumumkan pemenang lomba. 
Nah, kegiatan demi kegiatan tersebut dari tahun ke tahun selalu rutin dilakukan dalam rangka Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Semua itu dilandasi "Kerja Bersama" dari warga RW. 02 Minomartani untuk memajukan Indonesia. Bagaimana dengan kemeriahan perayaan di tempat tinggalmu? Pasti tak kalah semarak. Berbagi cerita di kolom komentar ya. MERDEKA! maturnuwun.
Previous Post
Next Post
Related Posts

4 komentar:

  1. wah gotong royong memang karakter bangsa kita yg perlu dipertahankan ya, keren

    BalasHapus
  2. Di tempatku ada aksi gotong royong bersihkan perumahan. Tapi yang ikut bapak bapak aja. Ibu ibu hanya ikut bantu kirim makanan dan minuuman. Hhehee

    BalasHapus
  3. KAlau kayak gini, kalah atau menang semua senang :)

    BalasHapus
  4. Gotong royong memang seru ya. Itu kegiatannya keren banget. Dikampungku ga serame tahun kemarin.

    BalasHapus