Tuesday, 20 March 2018

Menentukan sumber pendapatan blog

adipraa.com - Layaknya bisnis, blog itu dapat menjadi sumber pendapatan. Tergantung dari cara mengelola dan mengembangkannya. Yang paling populer dimata para blogger salah satunya adalah Google Adsense (GA). Itu menjadi sumber pendapatan para blogger yang paling umum dan banyak digunakan.
Menentukan Sumber Pendapatan Blog | adipraa.com
Menentukan Sumber Pendapatan Blog

But, you must know it! Tidak ada traffic dari pengunjung (visitor) maka penghasilan pun rasanya akan menjadi nihil untuk didapatkan. Jadi, akan lebih baik jika merencanakan dari awal apa tujuan membangun sebuah blog. Dan bagaimana strategi kita untuk me-monetize blog yang dimiliki? Tentu saja pengalaman tiap orang akan berbeda dalam mengembangkan blognya. 

Sedikit orang membuat blog hanya untuk iseng-iseng semata, dan yang lainnya melakukan kegiatan blogging dengan tujuan yang jelas, salah satunya untuk menjadikan blognya sebagai sumber pendapatan. Dan saya pun tidak memungkiri kalau saya termasuk salah satu yang menjadikan blog sebagai sumber pendapatan. Yah, sekedar untuk menambah uang jajan anak lanang.

Saya pernah mendengar quote menarik yang mungkin dapat dijadikan motivasi, "Gagal membuat perencanaan berarti merencanakan kegagalan”. Jadi, buatlah blog dengan cara yang benar. Tulis konten yang berkualitas dan pastikan isi di dalamnya bermanfaat untuk orang lain, dalam hal ini pembaca blog. Dan strategi terakhir adalah mempromosikan blog dengan baik. Semangaaat!

Okey, sudahkah kamu me-monetize blog yang dimiliki? Metode apa yang digunakan? Dalam artikel kali ini akan mengulas cara yang saya gunakan dalam blog adipraa.com untuk mendapatkan uang, check this out:  

Jualan Produk

Jika ingin mencari pendapatan dari blog, mungkin dapat dipertimbangkan dengan cara menjual produk baik itu produk fisik maupun digital. Dengan berjualan produk secara mandiri melalui blog, kamu bisa mengatur sendiri keuntungannya. tidak dibagi dengan pihak lain. 

Sebagai blogger, sebaiknya memiliki rencana jangka panjang untuk membuat produk. Karena blog merupakan tempat yang paling baik untuk mempromosikan produk, apalagi kalau sudah memiliki pembaca yang loyal. Mereka akan setia membeli produk yang ditawarkan di blog. Saya sendiri mencoba menjual merchandise blog berupa produk fashion. Meskipun demikian cara saya mendapatkan uang dari jualan produk di blog ini masih belum mendapatkan hasil yang maksimal.

Publisher Iklan

Iklan yang saya maksud disini bukan hanya Google AdSense, karena saya sendiri belum pernah mencicipi legitnya iklan satu ini. Hehehe. Namun saya tidak patah semangat, masih banyak jaringan iklan lain yang bisa dipasang di blog. Manfaatkanlah secara maksimal. 
Zoteromedia.com | adipraa.com
Zoteromedia.com (Sumber: http://www.blog.zoteromedia.com) 

Blog adipraa.com ini saya daftarkan menjadi publisher iklan di beberapa jaringan iklan populer di Indonesia, salah satunya di Zoteromedia. Kepoin situsnya dengan klik link yang ada.

Jaringan iklan satu ini menawarkan dua sistem menarik untuk para publishernya, yakni PPC dan CPM. Caranya cukup sederhana, hanya dengan menampilkan iklan pada halaman blog/website dan dipastikan setiap klik validnya yang tercatat akan menjadi pendapatan tetap yang diterima.

Ada beberapa pilihan ukuran jenis iklan banner maupun iklan teks yang bisa dipasang di blog, antara lain berukuran 120×600, 160×600, 125×125, 300×350, 300×600, 320×50, 468×60, dan 728×90. Tinggal pilih dan sesuaikan dengan bentuk tampilan blog yang dimiliki.

Job review dan Content Placement

Ada banyak lho advertiser yang ingin agar bisnis mereka diulas di blog. Ini menjadi lahan yang menjanjikan untuk para blogger. Untuk sebuah artikel review, advertiser bersedia membayar sesuai negoisasi yang telah disepakati. 

Mungkin sama seperti pengalaman para blogger lainnya, saya mendapatkan job ini melalui email. Pihak advertiser menghubungi saya via email untuk dibuatkan artikel yang mengulas tentang bisnis mereka. Dari job review ini tentunya kita dapat memperoleh penghasilan dengan jalan menuliskan sebuah postingan review terhadap produk atau jasa dari pengiklan.

Selain job review, penawaran kerjasama lain yang saya dapatkan dari para advertiser adalah content placement, yaitu artikel yang telah disediakan oleh pengiklan untuk di-publish di blog dengan bayaran tertentu. Tak sedikit artikel yang ada di blog ini merupakan artikel titipan. 

Untuk mendapatkan job review maupun content placement ini memang tak semudah membalikkan telapak tangan, para advertiser tentunya memiliki beberapa pertimbangan untuk memilih blog yang ingin diajak kerjasama. Diperlukan usaha untuk meyakinkan advertiser dengan memperbaiki kualitas blog.

Yang ingin mendapatkan job review dan content placement, cobalah mendaftar sebagai influencer di Iblogmarket.com. Ada banyak thread tawaran job review dan content placement yang dapat kamu pilih. Dan jika beruntung kamu akan mendapatkan task secara langsung dari para advertiser untuk diajak kerjasama melalui situs ini.


***

Menjadi blogger itu punya kegiatan yang menyenangkan. Kita dapat memberikan berbagai informasi menarik kepada orang lain. Dan sembari melakukan hal positif tersebut, sekali kayuh dua tiga pulau terlampaui, kita pun juga bisa mendapatkan uang dengan cara menentukan sumber pendapatan yang tepat untuk blog.

Cara memperoleh uang dari blog memang bervariasi. Dan tidak semua orang cocok dengan metode monetize blog yang saya sebutkan di atas. Masing-masing punya cara sendiri dalam menentukan sumber pendapatan blog. Pilihan kembali pada tujuan ngeblog masing-masing! Monetize atau tidak. Semuanya perlu usaha dan doa. Santai sajalah, karena rejeki itu sudah ada yang mengatur. Happy blogging!
Previous Post
Next Post
Related Posts

23 comments:

  1. Happy blogging also.
    Info artikelnya bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Kalo GA di padukan sama zoteromedia itu bs ga mas !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punten saya kurang tau, mungkin nanti ada yg bisa bantu jawab di kolom komentar ini. :)

      Delete
  3. wihiii, iya. enaknya ngeblog, ya bisa nyambi kerja, juga mendulang rupiah dari hobi ini

    benar kata Ridwan Kamil: pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar

    ReplyDelete
  4. Asyik nih tinggal menargetkan seberapa besar yang ingin dihasilkan dari internet

    ReplyDelete
  5. Syaa melewatkan 2 tawaran content placement dari iblogmarket

    kalo saya ngeblog memang ada tujuan untuk bisa mendapatkan hasil
    bahkans pasang google ads dan facebook ads untuk promosi blog
    Kalo hasil si belum merasakan yang kayak orang2 rasakan mas

    ReplyDelete
  6. Sepakat, dunia blogging itu menyenangkan. Kita bisa berbagi apapun, duh apalah aku yg punya blog hanya sekedar tempat curhat, wkwk

    ReplyDelete
  7. Kalau masalah pendapatan dari blog, saya pengennya dapet dari lomba sama review atau content placement gitu mas. Masalah adsense, saya belum terlalu tertarik. Pernah baca, katanya kan syarat e lumayan berat (menurutku pribadi sih), kaya kudu konsisten nulis & pageviews per hari kudu stabil. Lah saya aja nulis masih kadang-kadang. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas Wisnu, saya juga nulisnya masih kadang-kadang *tosss

      Delete
    2. Yang penting masih tetap bisa berbagi lewat tulisan ya, Mas..

      Delete
  8. Di samping saya memang suka nulis, saya juga jualan beberapa produk melalui blog. Semoga sukses selalu ya, Mas Adi, dan banyak teman tentunya. Sebab, ini juga manfaat yang penting dari ngeblog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Pak Azzet. Banyak teman dan menambah silaturahmi. Makasih Pak.

      Delete
  9. enak bisa nulis sambil menghasilkan duit. cuma modal otak juga hahaha.

    ReplyDelete
  10. Saya tergolong ngeblog sekedar iseng-iseng sebenarnya. Eh tidak dinyana, ada yang ngajak kerjasama. Jadi malu sendiri sebenarya. Tapi seneng juga seh, sekarang ada pendapatan buat jajan dan jalan-jalan.

    ReplyDelete
  11. Iklan ppc lagi kurang cerah mas...mending dari sekarang jual an produk mas lewat blog juga bisa. Saya Baru mencoba 2 bln yang lalu jadi drop shipper dan sudah ada yang beli

    ReplyDelete
  12. Saia mah ngeblog cuman jadi tempat nulis.. haha

    Syukur-syukur ada konten berbayar yang temanya cocok..

    ReplyDelete
  13. Pekerjaan paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Salah satunya dengan hobi ngeblog, sekaligus bisa dapat penghasilan. Dan sumber penghasilannya pun dari beragam cara, tergantung si bloggernya itu sendiri, gimana dia ngelolanya. SIiiplah, semangat terus

    ReplyDelete
  14. kalau saya sih baru mencari traffic aja. tapi me monetize blog ini jadi gambaran saya untuk kedepanya

    ReplyDelete
  15. Job review menurutku yang paling menjanjikan jika pengunjung blog belum jutaan mah. GA memang sulit bngt, sya malh gak pernah PO, hehe..

    ReplyDelete
  16. Sekarang blog sudah mampu menjadi ladang penghasilan ya mas. Saya juga ikut merasakannya meski masih kecil2an. Sukses untuk blognya mas Adi.

    ReplyDelete
  17. kalau saya sich belum ada pendapatan mas, paling juga kalau ikut lomba itu juga jarang menang. wah mantap nich mas tipsnya bisa di ikutinya juga

    ReplyDelete