Thursday, 8 November 2018

Menu Masakan Jawa Paling Populer di Indonesia

adipraa.com - Membahas masakan Jawa berarti kita membicarakan ribuan jenis makanan yang mungkin tak habis dikupas dalam sehari. Sebagai gambaran masakan khas Jawa yang kini mendunia, kita akan coba mengangkat beberapa menu diantaranya. Supaya lebih adil kita ambil makanan dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan JawaTimur. 
Menu Masakan Jawa Paling Populer di Indonesia | adipraa.com
Menu Masakan Jawa Paling Populer di Indonesia

Jawa merupakan pulau terluas di Indonesia sehingga wajar jika Jawa kaya akan kuliner yang beragam. Citarasa yang unik dan cara penyajian yang menarik merupakan ciri khas masakan Jawa yang terkenal bahkan hingga mancanegara. 

Menu masakan Jawa apa yang paling populer di Indonesia saat ini? Ini dia beberapa diantaranya.

Nasi Lengko 

Nasi Lengko merupakan olahan makanan asli Jawa Barat yaitu perpaduan nasi dengan bermacam-macam isian seperti sayuran maupun gorengan. Adapun yang biasa dijadikan isian Nasi Lengko yaitu tauge, daun kucai, mentimun, tempe dan tahu goreng.

Untuk menambah kelezatan masakan ini biasanya ditambah dengan saus kacang yang disiram di atasnya. Jika Anda penggemar makanan pedas Nasi Lengko juga bisa disantap dengan bumbu pedas dari cabe rawit pilihan. 

Lontong Kari 

Sama seperti Nasi Lengko, Lontong Kari juga masakan khas Jawa Barat. Komposisi Lontong Kari terdiri dari lontong ditambah bumbu kari, daging sapi, telur, dan bumbu kacang. Sebelum disajikan terlebih dulu ditaburi bawang goreng. Karena dipadukan dengan aneka bumbu dan bahan tambahan lainnya, rasa Lontong Kari ini sangat enak. 

Jika mengunjungi kota Bandung atau kota-kota lain di Jawa Barat sempatkan mencicipi hidangan lezat yang satu ini. Harganya sangat murah, dengan sekitar Rp 10.000 cukup untuk mengobati penasaran dengan kelezatan Lontong Kari. 

Nasi Gandul

Beranjak ke daerah Jawa Tengah kita coba masakan jawa populer lainnya yaitu Nasi Gandul. Nasi Gandul merupakan masakan favorit masyarakat Jawa Tengah terutama daerah Kabupaten Pati. 

Selain rasanya yang enak, cara penyajiannya sendiri cukup unik. Berbeda dengan masakan lain yang disajikan menggunakan piring, Nasi Gandul disajikan dengan daun pisang. Aroma alaminya tentu sangat menggugah selera. 

Komposisi Nasi Gandul terdiri dari nasi putih, daging sapi ditambah telur dan kuah santan bumbu kuning. Rasa makanan ini makin sempurna jika disantap bersama kerupuk udang. 

Soto Babat Lamongan

Soto Babat adalah masakan khas Jawa Timur yang berasal dari Kabupaten Lamongan. Saat ini soto khas Lamongan dijual di hampir seluruh daerah di Indonesia. Namun Soto Babat dengan kelezatan original hanya bisa ditemui di Lamongan. 

Cara membuat Soto Babat Lamongan memang sedikit berbeda dari tempat lain. Perpaduan Babat Sapi dengan aroma yang khas, juga bumbu rempah dan takaran santan yang pas menghasilkan Soto Babat dengan citarasa berbeda. Lebih nikmat dan lebih kuat rasanya. 

Rawon

Rawon termasuk masakan Jawa Timur paling populer seperti halnya Soto Babat. Makanan ini berupa sup daging sapi dengan ciri khas kuah hitam. Warna kuah yang hitam ini berasal dari bumbu kluwak yang dicampur bersama bahan-bahan lain. 

Komposisi masakan Rawon terdiri dari daging sapi rebus yang dipotong dadu kecil-kecil. Bumbu yang digunakan adalah campuran beberapa bumbu tradisional seperti kluwak, ketumbar, bawang merah, bawang putih, kunyit, garam, gula jawa, dan serai. 

Untuk menyempurnakan kelezatannya Rawon disajikan bersama sambal dan taburan tauge mentah. Sebagai pelengkap tak lupa kerupuk juga wajib disediakan saat menyantap masakan khas Jawa Timur ini. 

Soal masakan Jawa mungkin lidah kita memang tidak bisa bohong. Dimanapun kita menyantapnya, semua makanan asli Jawa memang paling enak dan mantap.
Previous Post
Next Post
Related Posts

16 comments:

  1. Kita tuh wajib bersyukur tinggal di Indonesia ya, semua jenis kuliner ada. Cocok pula buat segala musim.
    Soto dan kari bikin meriah hari raya pula. Ah, gagal diet pokoknya...

    ReplyDelete
  2. Masakan Jawa selalu nikmat karena faktor bumbu yang begitu kuat disebabkan karena ketersediaan rempah-rempah yang melimpah. Menjadikan banyaknya jenis dan resep masakan yang begitu banyak.

    ReplyDelete
  3. Dari semua yang aku suka nasi babat Lamongan. Nasi Lengko tahu pas ke Ke Cirebon, nasi gandul baru tahu. Nice info kak

    ReplyDelete
  4. kalo soto babat ini rasanya emang enak, mas. menang di racikan bumbunya. di pinggiran jalan di tempatku banyak yg jual, terutama di tempat makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaiyalah di tempat makan, mosok di bengkel. Wik wik wik...

      Delete
  5. Waaah, aku belom pernah nyoba tuh Nasi Gandul sama Soto Babat ini. Jadi penasaran pengen nyicip. Enak kayaknya. :D

    ReplyDelete
  6. Sampai di bagian Nasi Kari aku sukses dibikin kangen sama Bandung.

    ReplyDelete
  7. Jadi pengen pulang kampung euy...kangen Ama masakan Simbah...

    ReplyDelete
  8. Eh iya bener klo dh terbiada dengan kasakan jawa lidah dh enak aja.. gk bisa di bohongin y mas

    ReplyDelete
  9. Di Ende, masakan Jawa paling pertama (karena memang hanya orang Jawa yang menjualnya) adalah bakso dan gado-gado, diikuti rujak cingur (cuma seorang pun yang jual ini/satu warung), rawon, tahu tek :D siomay juga dink!

    ReplyDelete
  10. Daku belum pernah coba Nasi Lengko dan Lontong Kari. Kalau yang lain udah, waktu di tempat kerja dulu, ngangenin

    ReplyDelete
  11. Ah iyaa masakan jawa memang cucok juga nih buat lidahku. Terurama yg dominan manis..rata2 memang cenderung manis ya

    ReplyDelete
  12. Aku suka semuanya. Endolitah.... Apalagi klo huntingnya pagi pagi pas maen kr pasar tradisionalnya. Semacam sedep mantep semua deh. Selamat maaaakaaaaan

    ReplyDelete
  13. Sebagai orang jawa saya bangga lho karena masakan jawa paling bisa diterima lidah manusia, tapi memang bener lho mas, waktu aku kuliner di luar pulau jawa, rasanya enak karena baru pertama coba, tapi masakan jawa entah kenapa lebih ngangenin hehe

    ReplyDelete
  14. Ngomongin makanan di tanah jawa, menmang nggak ada matinya. Banyak banget dan bersyukur dengan mudah mendapatkannya tidak terlalu sulit asal mau rajin berkelilin.

    ReplyDelete
  15. masakan jawa ya aku paling cocok.. secara suka sama yg manis lezat, kalo kurang bisa tambah sambal .. overall kusuka semuanya , wabilkhusus rawon,, yumm

    ReplyDelete