Monday 28 December 2020

Kemanakah Larinya File Jika Kita Menghapusnya di Recycle Bin?

Kemanakah Larinya File Jika Kita Menghapusnya di Recycle Bin
Kemanakah Larinya File Jika Kita Menghapusnya di Recycle Bin?

Adipraa.com - Hai, Semangat Pagi Semua! Apa kabarnya hari ini. Semoga sehat selalu ya. Artikel kali ini saya ingin membahas satu pertanyaan yang mungkin bisa memberikan sedikit informasi buat kalian. Pertanyaannya adalah:

Kemanakah Larinya File Jika Kita Menghapusnya di Recycle Bin?

Berkas yang kita delete di perangkat komputer larinya akan ke Recycle Bin, nah kalau kita menghapus Recycle Bin maka berkasnya akan hilang kemana? Jawabannya adalah Berkas itu tidak terlihat lagi oleh OS, tapi sebenarnya data tersebut masih ada di HDD. 

Perintah "Empty Recycle Bin" hanya menghapus file penanda (semacam header) sehingga file tersebut tidak dibaca oleh OS lagi. Berkas ini bisa di over-write pada saat penulisan file baru. Apabila diibaratkan ketika kita mengecat dinding yang ada gambarnya, gambar yang sebelumnya ada ditimpa oleh cat yang baru sehingga permukaan dinding terlihat bersih kembali. Dan gambar itu akan tetap tersimpan di balik cat.

So, sangat disarankan untuk menghancurkan storage, dan bukan hanya sekedar format/ reset factory setting ketika banyak data sensitif dan tidak ingin file kita tersebar. Semoga bermanfaat! Thanks

Previous Post
Next Post
Related Posts

5 comments:

  1. Ooo begitu ya.
    Terus mengenani sisa ruang kosong itu gimana. Harusnya jika filenya masih ada memenuhi ruangan nya dong.

    ReplyDelete
  2. Lalu, cara menghancurkan storage gimana? Berarti file kita masih bisa diakses,meski sudah gak ada di recycle bin?

    ReplyDelete
  3. Menghancurkan storage itu bagaimana maksudnya mas? Apakah kita menghancurkan misalnya hardisk kita? Memory card semacamnya?

    ReplyDelete
  4. Maen pisan tulisane kiye. Pokoke lanjutkan!

    ReplyDelete
  5. Iya ya, kadang ada artis yang hanya menghapus file video nya saja tanpa hapus total jadinya filenya bisa muncul lagi dan jadi viral.😂

    ReplyDelete