Friday 15 April 2022

Mengisi Ramadhan Dengan Kegiatan Tadarus Al Quran

adipraa.com - Saat Ramadhan, biasanya orang berlomba-lomba untuk mengisi kegiatan dan amalan-amalan dalam rangka meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Salah satunya adalah dengan membaca Al Quran bersama-sama atau istilahnya tadarus. Di tempat tinggal saya, mengisi ramadhan dengan tadarus Al Qur'an menjadi agenda rutin setiap tahunnya, dilakukan setiap hari setelah Shalat Isya dan Tarawih. Tadarus ini dilaksanakan di Mushalla. 

Tadarus sendiri berasal dari kata darasa (دَرَسَ) yang memiliki arti belajar. Kemudian disisipi huruf ta (ت) pada awal kata yang mengubah arti menjadi mempelajari bersama. 

Kegiatan tadarus melibatkan warga masyarakat di sekitar Mushalla. Artinya sebagian menyimak dan yang lain membaca dengan tujuan mempelajari atau menjaga bacaan dengan mengulang bacaan Al Quran yang salah. 
Mengisi Ramadhan Dengan Kegiatan Tadarus Al Quran
Mengisi Ramadhan Dengan Kegiatan Tadarus Al Quran

Dalam kegiatan tadarus Al Qur'an ini terdapat beberapa keutamaan. Berikut ini beberapa keutamaan tadarus Al Qur'an: 
  1. Memperbaiki bacaan Al Quran, "Tadarus merujuk pada sebuah aktivitas pembacaan Al Quran dengan tujuan memelihara dan memperbaiki hafalannya"; 
  2. Menjaga hafalan Al Qur'an Tadarus adalah momen yang tepat untuk menjaga hafalan Al Qur'an. Kegiatan ini bisa dilakukan karena ada orang lain yang akan menyimak dan mendengarkan bacaan kita;
  3. Memaknai dan mengamalkan isi Al Qur'an Saat tadarus jangan lupa memperhatikan, menggali, dan mendalami makna ayat-ayat Al Qur'an; 
  4. Menjalin ukhuwah islamiyah Tadarus Al Qur'an dapat dimanfaatkan untuk menjalin dan mempererat ukhuwah islamiyah antar muslim.

Tadarus Al Quran, itulah salah satu kegiatan untuk mengisi bulan puasa atau ramadhan yang sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun di tempat tinggal saya. Meskipun saat ini kegiatan di bulan ramadhan masih cukup dibatasi karena adanya covid-19, namun tentu saja masih ada berbagai kegiatan yang juga masih diperbolehkan untuk dilakukan dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Kalau di tempat tinggal kalian, ada Tadarus Al Quran juga tidak, share di kolom komentar yuk! Selamat Menunaikan Ibadah Puasa. Terimakasih.
Previous Post
Next Post
Related Posts

2 comments:

  1. Udh lama banget ga tadarus bareng gitu. Trakhir kayaknya zaman sekolah. Kalo skr ini, baca Alquran sih selalu, tapi memang sendiri, ga rame2 tadarus. Kangen sih suasana saling kumpul dan baca Alquran bergantian gitu ❤️

    ReplyDelete
  2. Tadarus Al Qur'an adalah kegiatan ibadah yang banyak pahalanya, namun banyak sekali godaan untuk mengabaikannya. Aku sendiri ga rajin mas hihihihi.. Perlu memperbaiki kualitas nih dan istiqomah.

    ReplyDelete