Thursday 20 October 2022

Indonesia Sustainability dan Tips Bisnis Bertahan

adipraa.com - Bisnis yang bisa tahan lama atau sustain merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Sehingga tidak hanya memberikan keuntungan dalam waktu singkat saja, tetapi juga penting untuk menjaga agar bisnis tersebut dapat bertahan dalam waktu yang lama. Bisnis yang sustainable tersebut membutuhkan banyak langkah dan tips yang bisa digunakan. Hal tersebut penting karena lebih dari 70% perusahaan biasanya tutup dalam waktu lima tahun pertama setelah berdiri. Sedangkan hanya sekitar 30% yang mampu untuk bertahan dan berkembang dalam waktu yang lama.

Indonesia Sustainability dan Tips Bisnis Bertahan
Indonesia Sustainability dan Tips Bisnis Bertahan

Untuk dapat bertahan panjang tersebut, bisnis dapat menerapkan tips berikut ini: 
  • Pertama adalah dengan menentukan visi dan misi yang dipunyai sejak awal. Hal ini akan menjaga koridor bisnis berada di track yang tepat; 
  • Selanjutnya bisa membuat komite yang membantu untuk mengembangkan usaha; 
  • Selanjutnya dapat untuk menyusun strategi dengan memperhatikan berbagai faktor yang dipunyai agar bisnis dapat berkembang;
  • Selanjutnya perlu untuk mempunyai komunikasi yang baik dan secara rutin untuk mempunyai strategi yang berkelanjutan;
  • Dapat untuk membuat perusahaan bergerak bersama ke arah perkembangan yang diinginkan;
  • Dapat untuk melakukan evaluasi dan inovasi sehingga tidak ketinggalan dari kompetitor;
  • Dapat untuk memberikan penghargaan pada karyawan yang penting dalam kelangsungan bisnis.

Salah satu langkah yang perlu diperhatikan di jaman sekarang ini juga perlu untuk peduli terhadap lingkungan bisnis. Bagi yang sudah konsisten untuk hal tersebut diterapkan dalam bisnisnya bisa mendapatkan penghargaan dari Indonesia Sustainability. Penghargaan ini merupakan proyek gabungan dari Indonesia dan Eropa untuk memberikan B20 Sustainability 4.0 Awards. Latar belakangnya sendiri adalah untuk memberikan support kepada bisnis yang mengembangkan sustainable di Indonesia.

Apa itu sustainable? Adalah meningkatkan efisiensi, meningkatkan keuntungan, dan juga menjaga keberlangsungan linkungan. Sehingga orientasi bisnis tidak hanya terpaku pada keuntungan besar yang didapatkan tetapi juga pada orang serta lingkungan yang mempunyai dampak bisnis tersebut dapat berlangsung panjang atau tidak. Program B20 Sustainability 4.0 Awards ini memberikan beberapa kategori penghargaan yang diberikan pada perusahaan dan UMKM yaitu improving access to clean water, reduction or reuse of plastic, dan women leading di dalam bisnis.
Previous Post
Next Post
Related Posts

1 comment: