Thursday 30 March 2023

INFO ACAK TENTANG KETUPAT

adipraa.com - Assalamualaikum. Ngepantun dulu ya, Kang Djangkaru Bumi makan dengan cepat, Makannya kok sambil melompat, Yuk semuanya segera merapat, ada info acak tentang ketupat. Hahay.

Info Acak Tentang Ketupat
Info Acak Tentang Ketupat

Sesuai pantun di atas, postingan kali ini tentang ketupat ya gaes! Secara global ketupat merupakan hidangan khas Asia Tenggara maritim. Di Indonesia sendiri, ketupat diperkenalkan pertama kali oleh Sunan Kalijaga. Beliau memperkenalkan ketupat kepada masyarakat Jawa. Kala itu, ketupat diperkenalkan dengan cara tradisi bakda.

Secara simbolis, sebuah ketupat memiliki makna kesucian dan kesalahan. Simbol kesalahan/ dosa tergambar dari rumitnya anyaman ketupat, sedangkan isinya yang berwarna putih dapat diartikan sebagai lambang kesucian hati.

Selain di Indonesia, ketupat dapat dijumpai pula di Malaysia, Brunei dan Singapura. Kalau di Filipina ada yang mirip ketupat, namanya Bugnoy, namun pola anyamannya berbeda. Ada dua bentuk utama ketupat yaitu kepal bersudut 7 (lebih umum) dan jajaran genjang bersudut 6. Masing-masing bentuk memiliki alur anyaman yang berbeda.

Oke gaes, sekian info acak kali ini. Yuk, bikin pantun tema ketupat versimu di kolom komentar. Terimakasih. Semangaaaat....

Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: