Monday 27 March 2023

INFO ACAK TENTANG SARUNG

adipraa.com - Selamat pagi, siang atau pun malam untuk sahabat adipraa dimanapun kalian berada. Apa kabarnya nih? Semoga dalam keadaan istimewa ya. Amin. Mumpung bulan Romadhon, kita bahas tentang sarung yuk di info acak kali ini. Lets go...

Info Acak Tentang Sarung
Info Acak Tentang Sarung

Sejak kapan sarung ada di Indonesia? Sarung masuk ke Indonesia dibawa oleh pedagang Arab dan Gujarat pada abad ke XIV. Penggunaan sarung sangat identik dengan kebudayaan Islam. Penggunaan sarung sangat berkembang dengan pesat di Indonesia.

Setelah masuk ke Indonesia, kemudian sarung berkembang tidak hanya diidentikkan sebagai busana ibadah. Penggunaan sarung di beberapa daerah menjadi busana adat. Sebagai contoh daerah Betawi dan Batak yang sampai saat ini konsisten menjadikan sarung sebagai busana adat.

Sarung sendiri asal muasalnya dari Yaman, disana sebutannya adalah futah. Sarung menjadi oleh-oleh khas Yaman sampai saat ini. Masyarakat Oman menyebut sarung dengan nama wizaar, sedangkan Arab Saudi menamai busana sejenis sarung dengan izaar. Di beberapa negara sarung dikenal dengan nama Ma'awis.

Ok, itulah sekelumit info acak tentang sarung. Sekian dan terimakasih. Semangaaat....

Previous Post
Next Post
Related Posts

4 comments:

  1. Aku tambahin mas, sarung di Myanmar, biasa dipake sebagai pakaian khas laki2 di sana, disebut longyi. Walopun bahannya masih lebih enak sarung kita sih 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap. Makasih mbak udah nambahin infonya, biar makin komplit datanya.

      Delete
  2. Dulu lagi kecil saring suka dipakai buat jadi ninja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sekarang yang lagi viral dipakai buat perang sarung...

      Delete