Tuesday, 15 January 2019

Enjoy Mural Jogja: Spot Wisata Paling Berkesan

adipraa.com - Semangat pagi sahabat! Semoga sehat selalu. Mengawali label yang lama tidak update, "Enjoy Mural Jogja" hadir kembali. Dan tema kali ini adalah Spot Wisata Paling Berkesan

Mengunjungi berbagai spot wisata memang memberikan pengalaman dan momen mengesankan. Apalagi jika lokasinya menyimpan kenangan indah yang tak pernah dilupa. Seperti beberapa spot wisata yang tergambarkan dalam mural berikut ini, masing-masing memiliki memori indah yang paling berkesan buat saya, check this out:

Tamansari

Mural Tamansari

Semasa sekolah dulu, saya paling sering mengunjungi spot wisata sejarah satu ini. Tamansari, sebuah bangunan warisan budaya yang memiliki arsitektur bernuansa Eropa dan Jawa. Bercengkerama bersama sahabat menghabiskan sore melihat matahari terbenam di atas puing-puing bangunan eksotik yang disebut Pulo Kenanga. 
Ukiran Bangunan Tamansari

Atau menyusuri gang kampung sekitar Tamansari yang dikenal dengan nama Kampoeng Cyber, perjalanan asik menuju masjid bawah tanah. Di Kampoeng Cyber ini, kita akan menemukan mural-mural menarik. Salah satunya adalah mural asik yang bergambar bangunan Tamansari yang memiliki ukiran bernilai seni tinggi ini. Jadi kangen main ke Tamansari. Yuk dolan bareng ke tamansari!

Tugu Jogja

Siapa yang tak kenal dengan bangunan monumen ini, bangunan yang menjadi simbol eratnya hubungan antara raja dan rakyatnya. Bukan sembarang tugu, bangunan bersejarah ini memang memiliki keistimewaan tersendiri. Tak lengkap rasanya kalau ke Jogja tidak mengunjungi Tugu Jogja.
Mural Tugu Jogja | adipraa.com
Mural Tugu Jogja

Saya pribadi memiliki kenangan indah tak terlupakan di bangunan herritage satu ini. Menilik beberapa tahun lalu, di lokasi Tugu Jogja inilah saya berkata "Will you marry me!". Ya, di tempat inilah saya melamar pacar yang sekarang menjadi istri saya. Kalau melintasi Tugu Jogja dan teringat momen kala itu, saya kadang suka senyum sendiri.

Kembali ke mural, ada banyak sekali mural yang menggambarkan Tugu Jogja. Salah satunya saat berada di Komplek Kantor Balaikota Kota Yogyakarta, saya menemukan mural dengan gambar Tugu Jogja ini. Tergambar apik bersama Gunung Merapi dan Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat. Saya pun pernah mengulas Enjoy Mural Jogja bertemakan Tugu Jogja, cek aja di "Enjoy Mural Jogja: Tugu Jogja".

Candi Borobudur 

Mural Stupa

Spot wisata paling berkesan yang terakhir adalah Candi Borobudur. Obyek wisata satu ini menjadi lokasi liburan saya bersama keluarga di penghujung tahun 2018. Mengapa berkesan, karena saya mengajak serta keluarga, khususnya simbah dari anak lanang. Sangat jarang saya bisa berpergian bersama orang tua, terlebih setelah berkeluarga. Melihat kedua orang tua saya menikmati liburannya bersama cucunya, saya pun merasa bahagia. Dan Sepenggal cerita liburan di Candi Borobudur ini saya tulis di blog.
Stupa Candi Borobudur | adipraa.com
Stupa Candi Borobudur

Gambar stupa berongga berbentuk jajaran genjang ini saya temukan di Jalan Affandi atau lebih femes dikenal dengan Jalan Gejayan, tepatnya di sebelah selatan Waroeng Steak. Dan kalau melihat mural stupa ini, saya jadi teringat akan Candi Borobudur yang megah.

***

Itulah beberapa spot wisata paling berkesan yang tergambar dalam beberapa mural. Kalau melihat mural-mural itu, ada memori indah yang selalu dikenang. Semoga di tahun 2019 ini, saya bisa mengunjungi spot-spot wisata seru lainnya, mengenalkan kepada anak lanang tempat-tempat baru yang belum diketahui olehnya.

Ngomongin spot wisata baru yang belum pernah dikunjungi anak lanang, ada satu spot wisata yang mungkin menarik untuk dikunjungi bersamanya. Yakni sebuah spot wisata geologi yang ada di Cepu, Blora, Jawa Tengah. Obyek wisata yang berada di perbukitan dan di tengah-tengah kawasan hutan jati ini menyuguhkan wisata edukasi terkait ilmu kebumian yang berhubungan dengan tambang minyak dan gas bumi. Ah, sepertinya menarik. Semoga bisa liburan ke Cepu, cek tiket bus di Traveloka dulu ya... Klik di sini.

Sekian "Enjoy Mural Jogja" kali ini, bercerita tentang spot wisata paling berkesan lewat beberapa mural yang saya lihat di Jogja. Terimakasih sudah berkunjung di blog ini. Jangan lupa "lik" dan "subret" ya... :D
Previous Post
Next Post
Related Posts

22 comments:

  1. Mas Adi jeli juga ya lihat spot-spot mural di sudut kota Yogya .., keren itu, mas 👍

    Coba ntar pas aku ke Yogya kulihat lokasi muralnya, pengin berfoto disana.

    ReplyDelete
  2. Wah spesifik sekali ini menjelaskan sudut-sudut yang jarang terjamah wisatawan. Apalagi menawarkan kreasi mural yang ciamik. Nice mas.

    ReplyDelete
  3. Seringkali saya bergumam, yang lebih penting itu bukan pergi ke mana, melainkan pergi dengan siapa.
    Nah, di sini, sudah pergi ke tempat yang indah dan mengesankan, ditambah lagi perginya bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

    Lengkap sudah kebahagiaan.

    Salam sehat dan sukses selalu, Mas

    ReplyDelete
  4. Jogja emang never ending story city ya Mas? Mimpi saya yang belum terwujud di Jogja adalah, begadang sampai pagi di sudut-sudut kota Jogja...Haha..

    Semoga secepatnya ke sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. Begadang boleh saja, kalau ada perlunya. *malah nyanyi

      Delete
    2. Begadang boleh nih sambil nonton bola. aseeeeeek ....

      Delete
  5. yg di tugu jogja bakalan jadi tempat berkesan seumur hidup tuh, mas. tempat melamar sang pacar yg kini sudah menjadi istri.

    ReplyDelete
  6. Fokus ke tulisan "will you marry me di Tugu Jogja."
    Saya malah bayangin, pegang tangan pacar sambil bilang begitu di tengah jalan, di depan Tugu Jogja. Pas lagi banyak kendaraan lalu lalang.
    Untung pacarnya denger Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak seperti yang dibayangkan. Namanya juga anak muda, hangout di malam hari menikmati suasana Jogja. Rame ga papa, yang penting pesannya tersampaikan. :p

      Delete
  7. Keren keren muralnya, warga jogja memang kreatif ya :)

    ReplyDelete
  8. Muralnya keren-keren Mas...
    Memperhatikan dengan detil muralnya, saya jadi pengen banget main lagi kesana.

    Salam dari saya di Sukabumi.

    ReplyDelete
  9. Serunya bisa liburan bersama ortu juga anak... happy family

    ReplyDelete
  10. Pengen ngajak keluarga jalan2 ke jogja, tpi blom sempat aja nih

    ReplyDelete
  11. Muralnya keren-keren yaaa nampak 3D begitu.

    ReplyDelete
  12. bikin coba membuat mural di belakang kelas cari tutorialnya dulu , aduh kapan ya ke Yogya pingin banget ke Malioboro

    ReplyDelete
  13. emang orang Jogja nih banyak yang jadi seniman ya. Takjub dengan mural-mural ciptaannya.

    ReplyDelete
  14. Asyikk..
    di tugu ngelamar istri..
    mantap..

    saya malah ga pernah kesampain foto di tugu jogja mas, padahal 5 tahun tinggal di jogja..
    wkwkwkwk..
    maklum, dulu ga ada smartphone bagus..
    kamera ga ada.
    lengkap sudah..
    hehe

    ReplyDelete
  15. wah wajib di singgahi nih kalau ke jogja lagi

    ReplyDelete
  16. wah wajib disinggahi kalau saya ke jogja lagi aslinya jogja itu ngangenin semua hal tentang jogja

    ReplyDelete
  17. Beberapa sudah sempat dikunjungi...
    Penasaran ma muralnya. Kemaren 4 hari di sana terkunci jadwal acara yang padat

    ReplyDelete
  18. aku juga udah kena, sayangnya gak foto-foto dikarenakan aku ketinggalan jadi gk bisa banyak berenti ambil foto. Next kalau ke Jogja mampir lagi biar bisa pamer sama mas adi. hahahahaha

    ReplyDelete