Saturday, 20 April 2019

Diary of Onthel Rider #2: Pemilu 2019

adipraa.com - Hari pencoblosan telah berlalu, saatnya ngonthel! Hohoho. Rute kali ini saya meluncur ke Stadion Kridosono. Berangkat jam enam kurang lima belas menit, saya kayuh sepeda onthel dengan santai menuju tempat paling favorit untuk menikmati mural. Karena masih dalam suasana Pemilu 2019, #door kali ini sembari update #enjoymuraljogja ya, bersepeda santai keliling Jogja menikmati mural bertemakan Pemilu 2019 di Stadion Kridosono. 
Diary of Onthel Rider #2 | adipraa.com
Diary of Onthel Rider #2

Ngomongin Pemilu 2019 kemarin, kalian tidak golput kan! Saya ingin sedikit menceritakan pengalaman saya menjadi salah satu Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di wilayah Sleman. 
Baca cerita lain tentang aktivitas Ngonthel disini: Diary Of Onthel Rider #1: Simpang Empat Jalan Kaliurang
Sebagai ujung tombak penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) di tingkat bawah, pekerjaan KPPS ternyata cukup berat. Tugasnya mulai dari menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS), melayani pemungutan suara, penghitungan suara hingga menyerahkan hasil penghitungan suara ke tingkat Kabupaten/ Kota ataupun Kecamatan. Bayangkan, ada lima surat suara yang berbeda yang harus dihitung sekaligus dengan cermat. Pemilu 2019 kali ini menggabungkan antara pemilihan eksekutif dan legislatif.

TPS 26 adalah tempat dimana saya dan kawan-kawan KPPS lainnya menyelenggarakan pemungutan suara di wilayah Minomartani. Mulai pukul 7 (tujuh) pagi hingga 3 (tiga) pagi esok harinya, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas di TPS 26. Hampir 24 jam nonstop kerjanya, begadang gaes! Demi lancarnya penyelenggaraan Pemilu 2019, pemilih berdaulat negara kuat.

Sayangnya terdapat sedikit permasalahan di Tingkat KPU Sleman, ada keterlambatan dalam pembayaran honor untuk petugas KPPS. Semoga saja masalah ini segera terselesaikan agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dan keresahan dari petugas KPPS.

Itulah pengalaman saya menjadi anggota KPPS, kembali ke #door ya gaes! Rute perjalanan ngonthel kali ini melewati Jalan Suroto Kotabaru. Kawasan cagar budaya Kotabaru Yogyakarta ini telah direvitalisasi dan memiliki wajah baru.

Di sepanjang pedestrian dan boulevard Jalan Kotabaru dilengkapi fasilitas pendukung seperti lampu taman yang bentuk desainnya disesuaikan dengan konsep kawasan cagar budaya Kotabaru. Ada pula bangku-bangku taman yang dipercantik dengan berbagai hiasan lampu dan bunga. Menambah apik kawasan ini.
Wajah Baru Kotabaru | adipraa.com
Wajah Baru Kotabaru

Minggu pagi (21/4/2019), mengolah raga untuk menjaga stamina, perjalanan ngonthel saya lanjutkan menuju Stadion Kridosono yang jaraknya hanya selemparan bola bekel. Dan beberapa waktu lalu, mural yang ada tempat ini telah di update. Banyak mural-mural baru bertemakan hajatan pesta demokrasi yang telah kita laksanakan bersama. Ya, mural-mural tersebut adalah hasil dari lomba mural yang diselenggarakan oleh KPU DIY dalam rangka menginformasikan Pemilu 2019 kepada masyarakat luas dengan cara yang berbeda, lewat seni mural. Berikut beberapa mural apik yang bisa saya bagikan untuk sahabat semua, check this out:
Memilih untuk masa depan bangsa | adipraa.com
Memilih untuk masa depan bangsa
Jangan golput | adipraa.com
Jangan golput
Tunggal sedulur sing padha akur | adipraa.com
Tunggal sedulur sing padha akur
 Masyarakat yang cerdas, tidak golput | adipraa.com
Masyarakat yang cerdas, tidak golput

Okey, itulah beberapa mural yang bisa saya jepret saat ngonthel di kawasan Kotabaru, tepatnya di dinding Stadion Kridosono. Dan beberapa foto lainnya saya kolaborasikan dalam video rute relive berikut ini: 


Sekian dulu #door kali ini, sedikit analisis bersepeda onthel kali ini, jarak yang ditempuh sejauh 15.3 km, dengan total waktu 1:06:06. Cukup berkeringatnya. Salam onthelis jogja! #diaryofonthelrider #door #jogjaistimewa
Previous Post
Next Post
Related Posts

10 comments:

  1. Ngontel pake sepeda juga bisa bikin langsing kan ya.. Ok, patut dicoba, sambil ekspedisi kuliner pake sepeda, semoga aman ban-nya *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bannya keliatannya aman mbak, mungkin yang ga aman sadelnya karena kontak langsung dengan bodi. #nyepedabikinlangsing

      Delete
  2. Jogya emg kota seni ya
    ..buat pemulu aja sempet"nya buat mural bertemakan pemilu.. Smg siapapun yg terpilih membawa Indonesia aman dan damai... Apalgi sambil kwliling naik sepeda onthel.. Dapet sehat sekalgus nyegerin mata.

    ReplyDelete
  3. Mas aplikasi yang bisa menampilkan rute jalan di video itu aplikasi apaan ya? kayaknya kok keren...

    ReplyDelete
  4. Membaca honor telat dibayar, aduh jadi miris sekali. Semoga menjadi ladang pahala ya

    ReplyDelete
  5. wah konsisten ngontel nih, hebat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, demi konsisten ngeblog juga. Wkwkwkckakak.

      Delete
  6. Senang membaca diary 'pahlawan pemilu'.
    Pemilu kali ini memang super berat ya. Dan sangat melelahkan pastinya.

    ReplyDelete