Friday, 21 June 2019

Mau Sarapan Soto? Ini rekomendasi Warung Soto Lezat di Sleman

adipraa.com - "Daerah yogja ono papat kabupatene... Gunungkidul, Sleman, Bantul, Kulonprogo batese". Mengawali artikel kali ini, saya sedikit mengutip lirik lagu jadul tentang Jogja, yakni lagu yang berjudul Ngayogyakarta milik Genk Kobra. Sebenarnya tidak ada hubungannya dengan tema artikelnya ya, Hahaha. Lha wong kali ini cuma mau bahas rekomendasi kuliner soto di Sleman doang pake nyebutin semua kabupaten di Jogja. Judulnya pun mainstream banget, "Mau Sarapan Soto? Ini rekomendasi Warung Soto Lezat di Sleman". Simak ya gaes!

SOTO PAK SHOLEH AL-BAROKAH
Soto Pak Sholeh Al-Barokah | adipraa.com
Soto Pak Sholeh Al-Barokah
Daging sapinya joss, empuk dan rasanya juga segar. Itulah yang saya rasakan pertama kali mencicipi Soto Pak Sholeh Al-Barokah yang beralamat di Jalan Godean KM. 9 Sidokarto, Godean, Sleman. Selain daging sapi, di dalam seporsi soto ini ada bihun, kecambah, kol, wortel, daun bawang, dan bawang goreng. Saya hampir sering mengunjungi warung ini saat mengantar istri silaturahmi ke Kulon Progo.

SOTO MBOK DJINTEN
Soto Mbok Djinten | adipraa.com
Soto Mbok Djinten

Lokasi warung soto ini beralamat di Jalan Cempaka No. 119A Gempol, Condongcatur, Depok, Sleman. Warung ini berdiri sejak kehabisan kursi, itulah kalimat yang terpampang di sudut dinding warung ini. Hahaha. Saya paling sering tumbas (baca: beli) di warung ini untuk sarapan pagi, pasalnya dekat dengan rumah. Hidangan soto yang berkuah bening garapan Mbok Djinten memang Joss!

SAOTO BATHOK MBAH KATRO
Saoto Bathok Mbah Katro | adipraa.com
Saoto Bathok Mbah Katro
Berada tak jauh dari Komplek Candi Sambisari, warung soto ini penyajiannya menggunakan tempurung kelapa atau lebih kondang disebut dengan "Bathok". Untuk menemani menu utama sahabat bisa memilih aneka lauk berupa tempe goreng, sate usus atau sate telur puyuh. Setelah menikmati indahnya arsitektur Candi Sambisari, beristirahat dan makan di warung soto dengan suasana khas "ndeso" adalah pilihan yang tepat.
   
SOTO AYAM KAMPUNG PAK DALBE
Soto racikan Pak Dalbe memang banyak peminatnya. Soto istimewa berkuah bening ini awalnya berada di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di seberang Bank CIMB Niaga. Namun, kini sahabat bisa juga menikmatinya di warung cabangnya yang salah satunya berlokasi di Jalan Afandi Gejayan ujung utara.
Baca rekomendasi panganan di Jogja lainnya disini: Bakso Hunter! Ini Rekomendasi Kuliner Bakso Lezat Langgananku Di Jogja
Dalam seporsi soto ada nasi, irisan kol, tauge, bihun, daun seledri, bawang goreng, dan pastinya suwiran daging ayam kampung yang empuk. Jika mau lauk lainnya, warung soto ini juga menyajikan menu tambahan seperti gorengan, sate-satean, kepala ayam, bahkan sayap ayam. Yummy! Penasaran sama preview seporsi soto milik Pak Dalbe? Cuz deh meluncur ke warungnya. :p

***

Oke gaes! Itulah beberapa rekomendasi warung soto di daerah Sleman yang biasa atau sering saya sambangi dikala lapar melanda. Kalau sahabat suka soto dan tiba-tiba lapar pas lagi di Jogja khususnya daerah Sleman, mampir deh ya! Lezat pokoknya. Selamat menikmati. Maturnuwun. 
Previous Post
Next Post
Related Posts

17 comments:

  1. Kalo di Sleman memang sotonya bening ya.. Tapi sepertinya menu tambahannya mantap, ada gorengan, sate juga. Mantap dah

    ReplyDelete
  2. kayaknya yang paling deket dengan Rumah Simbahku yang di Sidokarto itu mas, jangan2 saya pernah makan soto di sana yah hihihi...

    ReplyDelete
  3. Soto kuah bening dan daging sapi, sangat suka sekali. Bisa dua mangkok saya mah.

    ReplyDelete
  4. Kok bening kabeh kuahe? Jogja bangeeett.

    ReplyDelete
  5. Kelihatanya segetr banget nih gan

    ReplyDelete
  6. ciri khas soto wong wetan, maksudnya timur Banyumas Raya, rata2 pakai nasi, soalnya kalau di sini pakai ketupat, apalgi soto bancar purbalingga yang porsinya banyak banget

    ReplyDelete
  7. Saya paling suka soto daging sapi...bikin badan segaaar ,kuahnya disrupuuut

    ReplyDelete
  8. Baru tadi sarapan, baca tulisan ini jadi laper lagi.
    Baca baca aja dulu deh, mungkin suatu saat ada kesempatan ke Sleman xD

    ReplyDelete
  9. Waaahh belum pernah makan soto di Jogja, cuman di mana ya dulu, yang rasanya sekilas kayak sup deh, saking beningnya.

    Makanan soto atau sup di Jogja eh dan bakso sih, saya suka.
    Soalnya lebih soft kuahnya, nggak kebanyakan bumbu :)

    Bahkan, saya lebih suka masakan seperti itu ketimbang gudeg.
    Alhasil, berkali-kali ke Jogja, sedikitpun belum pernah nyobain gudeg di sana hahaha

    ReplyDelete
  10. Wah kalo yanh namanya soto aku jarang ketemu disini
    Tapi dulu sering banget
    Itu lihat sambel nya menggoda

    ReplyDelete
  11. wah bener bener recommended nih warung soto nya ;)

    ReplyDelete
  12. Mbok Djinten aja nih yg belum pernah. Harus aku cari. Thanks rekomendasinya.

    ReplyDelete
  13. Wah, bisa jadi referensi ini kalau mau nyoto pas dolan ke Jogja.

    ReplyDelete
  14. Belum pernah mencicipi. Padahal sering tugas di Sleman. Waah referensi yg harus segera dicoba

    ReplyDelete
  15. Halo :) Aku juga doyan banget soto ayam kampung yang kuah bening. Kuah santan juga suka sih. Yang penting pakai sambal, jeruk nipis dan sedikit kecap. Enak tuh ada toge mungil. AKu kadang sotonya dicampur nasi kadang dipisah. Boleh juga kalau ke Sleman nyobain makanan berkuah yang satu ini. Ditemenin tempe goreng atau mendoan makin nikmat ya :D

    ReplyDelete