Friday, 4 October 2019

Mulai dari Bawang Putih hingga Salmon, Inilah Deretan Makanan Penurun Kolesterol paling Ampuh

adipraa.com - Dapat menyantap berbagai jenis makanan enak pastinya sangat menyenangkan, tetapi jangan lupa bahwa menjaga kesehatan tetap menjadi prioritas nomor satu. Perlu diketahui bahwa mengkonsumsi makanan apapun jenisnya itu perlu dibatasi, karena suatu hal yang berlebihan akan berdampak tidak baik bagi tubuh. 
Mulai dari Bawang Putih hingga Salmon, Inilah Deretan Makanan Penurun Kolesterol paling Ampuh | adipraa.com
Mulai dari Bawang Putih hingga Salmon, Inilah Deretan Makanan Penurun Kolesterol paling Ampuh

Nah, salah satu contohnya yaitu ketika Sahabat mengkonsumsi terlalu banyak makanan berminyak yang justru berakibat pada meningkatnya kolesterol dalam tubuh. Meskipun kolesterol itu sendiri memiliki manfaat yang begitu baik bagi tubuh, namun jika sudah dalam jumlah banyak pastinya akan berdampak tidak baik. 

Bagi yang belum tahu, kolesterol merupakan jenis lemak yang ditemukan pada semua sel tubuh. 20% Bersumber pada makanan produk hewani, namun tubuh itu sendiri sebenarnya juga mampu memproduksi kolesterol yang berfungsi sebagai penyeimbang. Kolesterol menyebar di dalam tubuh melalui aliran darah dalam bentuk lipoprotein yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol HDL atau yang dikenal sebagai kolesterol baik dan kolesterol LDL yang dikenal sebagai kolesterol jahat.

Tubuh yang kekurangan kolesterol akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan, begitu pula tubuh yang kelebihan kadar kolesterol. Maka dari itu, sangat disarankan apabila setiap tubuh memiliki kadar kolesterol yang normal. Lalu apa yang harus kita lakukan apabila kolesterol di dalam tubuh justru meningkat? 

Sahabat tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah semakin banyak jenis makanan penurun kolesterol yang dapat Sahabat konsumsi untuk mengembalikan angka kolesterol itu sendiri ke angka normal. Bagi yang belum tahu, apa saja sih makanan penurun kolesterol yang paling ampuh? Yuk kita pelajari bersama-sama. 

Jenis Makanan Penurun Kolesterol Paling Ampuh 


Bawang Putih
Untuk yang senang bergelut di dunia dapur, pastinya tidak asing lagi dengan salah satu rempah ini. Dapat dikatakan bahwa bawang putih hampir selalu digunakan atau merupakan rempah-rempah pokok di dalam sebagian besar makanan Indonesia. Selain menjadi penyedap di setiap makanan, bawang putih juga ternyata merupakan salah satu makanan penurun kolesterol yang berkhasiat dalam mencegah terjadinya pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, serta melindungi jantung dari kontaminasi kolesterol jahat. 

Minyak Zaitun
Masih tidak jauh dari dunia dapur, selanjutnya ada minyak zaitun yang dikenal sangat ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan tentunya menurunkan kolesterol. 

Bagi Sahabat yang gemar mengkonsumsi makanan berminyak, minyak zaitun sangat dianjurkan untuk dijadikan sebagai pengganti dari minyak goreng yang sering Sahabat pakai. Dengan minyak zaitun, mengkonsumsi aneka gorengan ataupun makanan berminyak lainnya sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi. 

Cokelat Hitam
Siapa disini yang senang ngemil cokelat? Faktanya, cokelat merupakan salah satu makanan penurun kolesterol paling ampuh lho. Mengandung theobromine, cokelat memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik, dalam arti, dengan mengkonsumsi cokelat maka Sahabat akan dapat menyeimbangkan kembali kadar kolesterol dalam tubuh. 

Teh Hijau
Selain menjadi minuman sehat, teh hijau ternyata juga telah terbukti dapat menyerap kolesterol jahat yang terdapat di saluran pencernaan serta mencegah terjadinya penumpukan plak di arteri. Bagi yang tengah menjalankan diet, teh hijau juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena mengandung antioksidan aktif yang mampu mengatur metabolisme serta membakar lemak dengan lebih cepat. 

Salmon
Yang gemar mengkonsumsi sushi, pastinya salmon akan menjadi salah satu makanan penurun kolesterol paling favorite. Mengandung asam lemak omega 3 yang disebut dengan EPA dan DHA, mengkonsumsi salmon secara rutin juga dapat menurunkan trigliserida serta meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi salmon setidaknya 2 porsi setiap minggu, Sahabat sudah dapat menjaga kesehatan jantung lho. 

***

Selain kelima jenis makanan penurun kolesterol yang telah disebutkan sebelumnya, pastinya masih banyak lagi jenis makanan penurun kolesterol yang bisa Sahabat jadikan pilihan. Perlu diingat bahwa meskipun mengkonsumsi makanan enak memang sangat menyenangkan, usahakan untuk tidak berlebih, karena sesuatu yang berlebih tidak akan baik bagi tubuhmu. 

Masih mencari jenis makanan penurun kolesterol yang Sahabat sukai? Baca saja informasi lebih lanjutnya di https://www.cekaja.com/info/ini-daftar-makanan-penurun-kolesterol-cek-yuk/ dan mari kita mulai hidup sehat
Previous Post
Next Post
Related Posts

2 comments:

  1. Saya lebih suka bawang putih. Langsung saya kunyah.
    Karena bahannya mudah didapatkan dan murah pastinya

    ReplyDelete
  2. Beneran coklat ampuh? kirain coklat malah sebaliknya.. trims infonya mas Adi

    ReplyDelete