Thursday 1 December 2022

Apa itu KTT G20? Simak penjelasan Lengkap Beserta Manfaatnya

adipraa.com - Apa itu KTT G20? Pasti sebagian dari Anda masih bertanya-tanya terkait hal ini. KTT G20 adalah sebuah forum internasional yang difokuskan pada koordinasi kebijakan di bidang ekonomi dan pembangunan untuk merepresentasikan kekuatan ekonomi dan politik dunia. Tujuan dari agenda ini adalah untuk mewujudkan pertumbuhan global yang kuat dan juga berkelanjutan. 
Apa itu KTT G20? Simak penjelasan lengkap beserta manfaatnya
Apa itu KTT G20? Simak penjelasan lengkap beserta manfaatnya

Manfaat dari KTT G20

KTT G20 kali ini mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger” yang diangkat berdasarkan kondisi dunia dalam tekanan akibat pandemi COVID 19. Oleh karena itu diperlukan sebuah upaya bersama dan inklusif untuk mencari jalan keluar serta pemulihan dunia. Sebenarnya apa manfaat dari agenda KTT G20 bagi setiap negara? 

1. Untuk Menghadapi Krisis 

Global Dunia sekarang ini dalam tekanan pandemi, sehingga perlu adanya sebuah tingkatan untuk menanggulangi pandemi. Selain itu, diperlukan juga sebuah cara untuk memperbaiki kesehatan global akan lebih kuat lagi. Sehingga bisa memiliki daya tanggap serta kapasitas yang baik dalam mengatasi krisis kesehatan global kedepannya. 

2. Sebagai Transformasi Digital 

Manfaat KTT G20 yang kedua adalah sebagai Transformasi Digital yang menjadi solusi utama untuk menggerakkan ekonomi saat pandemi. Hal ini bisa menjadi sumber perekonomian baru yang berfokus pada peningkatan kemampuan digital. Seperti halnya digital skills, dan digital literasi untuk transformasi dan inklusif seluruh negara. 

3. Sebagai Transmisi Energi 

KTT G20 selalu mendorong transmisi energi untuk menuju energi baru dan terbarukan. Hal ini bertujuan untuk mengedepankan keamanan energi yang ada di seluruh negara. Sehingga bisa memberikan aksesibilitas dan keterjangkauan energi di berbagai negara dunia, termasuk juga di Indonesia. 

4. Mendorong Strategi Pemulihan 

Dalam keadaan pandemi, semua bidang berpengaruh, salah satunya adalah bidang ekonomi. Strategi pemulihan ekonomi ini dilakukan dengan pengembangan pariwisata serta dan beberapa sektor lainnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan penerimaan devisa negara yang sedang dalam kondisi pandemi. 

5. Menampilkan Kemajuan Pembangunan 

Manfaat KTT G20 yang terakhir adalah menjadikan momentum tersebut untuk menunjukkan bahwa Indonesia terbuka akan bisnis. Jadi dengan adanya KTT G20 ini Indonesia akan menampilkan kemajuan pembangunan di Indonesia, serta potensi investasi yang ada di Indonesia, salah satunya dari sektor wisata.


Itulah sekilas informasi mengenai apa itu KTT G20? serta manfaatnya bagi Indonesia yang tentunya memberikan peluang bagi perekonomian di Indonesia. Karena KTT G20 ini berkontribusi dalam sektor akomodasi, pariwisata, transportasi, UMKM lokal serta dalam sektor Ekonomi kreatif. 

KTT G20 ini dilakukan di Bali, jadi banyak yang mencari mengenai informasi tempat wisata hingga harga Kain Bali. Untuk mengeksplor tempat wisata di Bali, Anda bisa mencarinya dengan membuka situs indonesia.travel. Situs yang dikembangkan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini selalu menghadirkan informasi lengkap. Jadi, hampir semua informasi seputar wisata tersedia di sana. Cek sekarang juga!
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: