Monday 9 January 2023

INFO ACAK TENTANG JAGUNG

adipraa.com - Mari kita update lagi INFO ACAK, kali ini TENTANG JAGUNG. Yuk, simak fakta menarik tentang jagung. :)

Info Acak Tentang Jagung
Info Acak Tentang Jagung

Bicara tentang jagung, saya jadi kepo nih, negara mana yang menjadi penghasil jagung terbesar di dunia? Dan setelah learning by google, ternyata jawabannya adalah Amerika Serikat. pada periode 2021/ 2022 ternyata negara yang disingkat AS itu berhasil mematenkan diri menjadi penghasil produksi jagung terbesar di dunia dengan angka sekitar 383.94 juta metrik ton. Uwuw.

Negara lain selanjutnya yang juga menjadi peringkat teratas penghasil jagung terbesar adalah Tiongkok dan Brazil.

Banyak pendapat dan teori mengenai asal tanaman jagung, tetapi secara umum para ahli sependapat bahwa jagung berasal dari Amerika Tengah atau Amerika Selatan. Jagung secara historis terkait erat dengan suku Indian, yang telah menjadikan jagung sebagai bahan makanan sejak 10.000 tahun yang lalu. 

Pernahkah kalian iseng menghitung berapa biji yang ada di satu buah jagung? Hahaha. Rata-rata biji pada satu buah jagung adalah 800 biji dan jumlahnya selalu genap. Mengapa demikian? Susunan biji jagung pada tongkolnya berbentuk spiral dan membentuk baris-baris. Biji jagung selalu terdapat berpasangan, sehingga jumlah baris atau deret biji selalu genap. Kenapa selalu genap? Jumlah baris jagung selalu genap karena biji jagung terbentuk dari spikelet (bunga jantan) yang terserbuki oleh putik dan setiap spikelet yang terserbuki menghasilkan sepasang biji jagung. Karena itulah jumlah baris biji jagung selalu genap.

Oke, sekian INFO ACAK TENTANG JAGUNG kali ini. Semoga bermanfaat.


Previous Post
Next Post
Related Posts

2 comments:

  1. saya kepingin mau makan jagung warna purple

    ReplyDelete
  2. Fakta yang sangat menarik, baru tau kalo biji jagung selalu genap.

    ReplyDelete