Tuesday, 20 February 2018

OMG, ada jajanan dan mainan masa kecil di Mbokjajan

adipraa.com - OMG, ada "YOSAN" di Omah Mbokjajan. Anak 90-an pasti mengenal jajanan hits satu ini. Ya, permen karet ini femes di kalangan generasi sembilan puluhan dimana Lupus masih ngetren. Dan saya masih penasaran dengan misteri huruf "N" yang saya sendiri belum pernah menemukannya di balik bungkus permen karet ini. Tiap beli permen karet satu ini, huruf yang saya dapat kebanyakan hanya Y, O, S dan A saja. 
Permen Karet "YOSAN" di Mbokjajan | adipraa.com
Permen Karet "YOSAN" di Mbokjajan

Beberapa hari yang lalu, tepatnya hari minggu (18/2), saya diminta untuk mengantarkan istri kepoin Omah Mbokjajan. Berkunjung ke tempat ini berhasil membawa kembali kenangan masa kecil ke dalam ingatan. Gregetan rasanya, nostalgia jajanan dan mainan masa kecil.
Omah Mbokjajan | adipraa.com
Omah Mbokjajan
Suasana di dalam Omah Mbokjajan | adipraa.com
Suasana di dalam Omah Mbokjajan

Lokasi Omah Mbokjajan sendiri berada di Jl. Ireda No. 181A Yogyakarta. Kalau dari simpang empat Pojok Beteng (Jokteng) Wetan, jalan saja ke arah timur. Sampai di kiri jalan ada Apotek PANJI kemudian belok kiri masuk gang ke arah utara, posisi Omah Mbokjajan berada di kanan jalan dan di pinggir jalan. Tempat kece badai satu ini buka setiap hari mulai dari jam sembilan pagi hingga lima sore.
Mbokjajan, surganya jajanan dan mainan jaman baheulak.
Ada banyak sekali mainan tempoe doeloe baik itu untuk anak laki-laki maupun anak perempuan. Karena saya laki-laki tulen, jadi yang saya sebutin mainan anak laki-laki ya, Hahaha. Diantaranya ada mainan terjun payung, yoyo, topeng-topengan dan masih banyak lagi.
Koleksi mainan tempoe doeloe di Mbokjajan | adipraa.com
Koleksi mainan tempoe doeloe di Mbokjajan
Apakah kamu melihat mainan masa lalumu? | adipraa.com
Apakah kamu melihat mainan masa lalumu?

Bahkan mainan gameboy yang lebih femes diucapkan dengan kata "gembot" juga ada. Semuanya mainan jaman baheulak dimana teknologi canggih masih belum menjajah dunia anak.
Mainan Gigi Vampir Palsu di Mbokjajan | adipraa.com
Mainan Gigi Vampir Palsu di Mbokjajan

Kenangan masa kecil pun kembali hadir saat saya melihat ada mainan gigi vampir palsu. Jaman Sekolah Dasar (SD) dulu, saya sering bermain vampir-vampiran bersama adik saya. Dengan kostum jubah sarung kotak-kotak diikat di leher, pakai gigi palsu ini kemudian beraksi layaknya vampir. Sampai klomoh menggigit gigi palsunya. LOL.
Jajanan snack jadul di Mbokjajan | adipraa.com
Jajanan snack jadul di Mbokjajan
Kwaci Cap Gadjah | adipraa.com
Kwaci Cap Gadjah

Selain mainan jaman baheulak, ada pula aneka ragam jajanan jadul yang bisa dibeli di tempat ini. Ada Krip Krip, Anak Mas, Coklat Payung, dan masih banyak lagi. Ketika saya menanyakan apakah ada es gabus? Ternyata ada gaes!
Kalau yang ini mainan hits anak jaman now, dibaca juga ya: Fidget Spinner, Mainan Hits Anak Jaman Sekarang
Es Gabus adalah minuman dari bahan tepung hunkwe yang dibekukan. Es Gabus termasuk jajanan anak jadul yang cukup populer. Biasanya banyak dijual di sekolah-sekolah, teksturnya empuk dan saat digigit akan terasa kenyal. Sensasi dingin-dingin empuknya terasa menyegarkan.
Menikmati Es Gabus di Mbokjajan | adipraa.com
Menikmati Es Gabus di Mbokjajan

Usai belanja jajanan yang ada, saya dan keluarga menikmati segarnya Es Gabus di gazebo yang berada di depan Omah Mbok Jajan, tempat nongkrong asik sambil bermain congklak, gembot atau masak-masakan. Sedap! Terimakasih Mbokjajan, sudah membuat saya teringat jajanan dan mainan masa kecil yang menyenangkan. FIN
Previous Post
Next Post
Related Posts

17 comments:

  1. Wah seru y Om jadi berasa kecil lagi kalo nikmatin makanan jaman baheula
    Tw g Om kenapa huruf n pada Yosan Engga ada?
    Itu karena udah saya pake huruf n nya buat jadi nama saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owalah, ternyata sudah Mas Niki akuisisi ya huruf N-nya. :)

      Delete
  2. Kenapa mainan untuk anak perempuan tidak disebutin, mas? Pembacanya adipraa kan ada yang perempuan.

    Saya juga suka tuh sama es gabus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supaya ada yang tanya dan berkomentar mbak Sitti, hehehe. Untuk mainan anak perempuan ada mainan busana orang-orangan kertas, rumah-rumahan, bongkar pasang, topeng sailormoon dan yang lainnya... :) Makasih udah baca dan berkunjung di blog ini mbak. :)

      Delete
  3. Omg semua nya si 90s hehehe.. tertarik demgan mug corak abri apa itu ya yang warna hijau.. oldschool tapi cantik mug nya.. btw di lotte mart gancy juga ada makanan 90s begini lengkap sama kaleng kerupuk ala ala nya hehehe jogja kejauhan

    ReplyDelete
  4. Ngeliat gambarnya aja bikin saya nostalgia lo mas Adi..
    kadang rindu juga mainan seperti itu, dimana gak ada gadget.

    ReplyDelete
  5. Wah jadi ingat waktu masa kecilku dulu hehe,, 😀

    ReplyDelete
  6. aku sampe ke surabaya dulu tahun 1997 buat cari huruf N
    kata temen ada di pasar Turi Surabaya
    aku ngerengek ke sana
    ya allah
    asyik mas nostalgia gitu

    ReplyDelete
  7. Yosaaan, permen kesukaan, sampel dipanggil Lupus Ama guru karena suka mlendungin permen karet

    ReplyDelete
  8. Kreatif banget nih.
    Bisa bikin nostalgia juga ngingat masa kecil dulu.

    ReplyDelete
  9. tempat yang unik, jd pingin ke sana

    ReplyDelete
  10. nostalgia beneran neh mas, kangen :)

    ReplyDelete
  11. Misterinya adalah, kenapa ketika kita nyari jajan - mainan baheulak macam ini di pasaran kok susahnya minta ampun ya. Tapi kok warung seperti mbok jajan, bisa dapet stok banyak banget. Padahal kan kalau dijual luas dipasaran kayaknya juga bakal laris manis. Secara, anak-anak 90an juga kadang ingin bernostalgia sama barang-barang lawas kayak gini.

    ReplyDelete
  12. Wah ini mainan saya semua zaman old. Apalagi permen karet Yosan, yang huruf N-nya entah ada dimana. BTW ada kapal-kapalan yang dijalanin di ember gak? Ini tuh semacam grosisr atau emang warung kecil biasa ya??

    ReplyDelete
  13. Ya ampun kirain cuma aku yang pernah nemu huruf N itu hihihi..Jadi sebenarnya N nya itu ada enggak ya?
    Seneng ada mbokjajan begini ya..bisa sekalian nostalgia dan ngenalin anak ke mainan dan jajanan jaman emak bapaknya.:)

    ReplyDelete
  14. Wih,hal kecil dapat menjadi besar, dan berharga. Mantap!! Master blgger tenan.

    ReplyDelete
  15. langsung pengen ngemil es gabus. ini tempat yang puya anak 90 an ya?

    ReplyDelete