Monday, 7 January 2019

Kilas Balik Blog di Tahun 2018 Via Best nine Instagram

adipraa.com - Hari yang indah telah menanti, usap dulu air matamu. Selamat datang 2019! Postingan kali ini saya ingin bercerita kilas balik atau dalam bahasa bule-nya itu flashback. Mengingat-ingat kembali, apa yang sudah dikerjakan pada tahun sebelumnya? Kenangan masa lalu itu bukan untuk dilupakan, namun diambil hikmahnya untuk mengevaluasi diri. Harapan yang diinginkan tentu kedepannya menjadi lebih baik lagi. Amin.

Menulis untuk me-langgeng-kan kenangan. Agar bisa dibaca kembali suatu saat nanti. Itulah alasan saya tetap ngeblog sampai saat ini. Yah, meski isinya yang ringan-ringan saja. Nah, kilas balik kali ini saya ingin mengulas sedikit tentang blog ini di tahun 2018 lewat foto-foto yang masuk di dalam bestnine 2018 on instagram

Ngomongin sedikit tentang Bestnine 2018, saya iseng-iseng bikin lewat situs https://2017bestnine.com. Caranya cukup simpel, hanya dengan memasukkan Instagram ID saja, seperti milik saya @pradana_kidal. Dengan memasukkan Instagram ID, kita akan mendapatkan foto-foto "Terbaek" yang diambil dari jumlah like terbanyak. Let's check my Bestnine 2018 on Instagram.
#2018bestnine (Source: https://2017bestnine.com)

Foto-foto yang masuk di #2018bestnine didominasi oleh foto-foto tentang update blog. Ya, saya biasa memakai instagram untuk menjaring kawan follower agar mengunjungi blog ini. Berikut beberapa artikel blog yang fotonya masuk dalam My bestnine 2018 on instagram:

Ada dua foto yang masuk, yaitu foto di atas jembatan gantung (93 likes) dan foto dengan background bintang (64 likes). Keduanya berlatar laut lepas yang birunya menyatu dengan langit cerah. meski terik siang tak bisa dihindari, namun pemandangannya sungguh indah. Dan artikel tentang keindahan pantai siung ini pun mangkal di bulan Februari 2018.

Akhir taun 2018, tepatnya di bulan November, saya dan keluarga bertandang ke Malang. Mengunjungi beberapa obyek wisata femes di Malang, kami dibuat bahagia. Alay! Salah satu yang paling favorit adalah saat berkunjung ke Taman Rekreasi Selecta. Dan foto anak lanang bersama bunga Hortensia yang lagi mekar-mekarnya (53 likes) menjadi foto iklan di instagram untuk artikel plesiran satu ini.

Ngomongin mural, di Jogja memang banyak sekali mural menarik yang bisa diceritakan sebagai bahan artikel blog. Salah satunya mural bertemakan toleransi antar umat beragama ini. Dan mural Unity in diversity (60 likes) ini berhasil masuk bestnine 2018 on instagram. "Yuk, Dal! Mulai bikin artikel mural dengan tema "Enjoy Mural Jogja" lagi", ajakan dalam hati untuk diri sendiri.

Berbeda dengan beberapa foto sebelumnya, foto kali ini untuk artikel berlabel panganan. Yup, artikel "menikmati menu serba jamur yang menggungah selera di Jejamuran Resto" disupport oleh foto unggahan saya di instagram. Spot foto asik bersama sepeda onthel dan ornamen khas berupa aneka jenis jamur (53 likes) ini ada di Jejamuran Resto. Disediakan khusus untuk para pengujung yang ingin berfoto.

***

Itulah lima dari sembilan foto blog yang masuk dalam bestnine 2018 on instagram. Kalau punya kalian, bestnine 2018-nya seperti apa? Share dong.

Yah, masa lalu memang tak bisa diulang kembali, namun kita akan mendapatkan pengalaman lainnya yang bisa dijadikan kenangan di tahun mendatang. Mencengkerami hari, menari dengan pasti, resolusi saya di tahun 2019 adalah tetap menjadi blogger. Terimakasih sudah berkunjung di blog ini. Happy blogging! FIN
Previous Post
Next Post
Related Posts

35 comments:

  1. saya suka makanan jamur, apalagi dibuat crispy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang crispy-crispy saya pun suka. apalagi berbahan jamur. Hehehe.

      Delete
  2. Aih, kirain gimana bikin #2018bestnine, ternyata aplikasi pihak ketiga ya bukan dari Instagramnya hihi
    Mau bikin bestnine pun instagramnya belum optimal, belum sekeren mas Adi Pradana..

    ReplyDelete
  3. Saya belum berani buat best nine karena umur instagramnya baru beberapa bulan. Itu foto yang layarnya pintu-pintu tua, keren juga.

    ReplyDelete
  4. Wah bestnine pun bisa jadi ide ya mas buat tema blog, bneran ga kepikiran buat saya, padahal mau ikutan bestnine juga di instagram tapi lah udh mau semingguan, basi dah hehe

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Sy mah gak punya best 2018 ig mas he he.. Iya ft yg anaknya dikelilingi bunga matahari itu keren ya..

    ReplyDelete
  7. Saya paling suka nungguin akhir tahun dan liat best nine nya, hehe semacam flashback lagi

    ReplyDelete
  8. Eh, aku jadi teringatkan pernah bikin bestnine ini. Fotonya ada di igku :)

    Semua foto-foto bestninenya mas Adi keren.
    Dan ada 1 yang paliiing kusuka .., itu loh yang di spot bintang :)

    ReplyDelete
  9. Wah, aku jadi keidean nulis yang sama nih. Boleh ya idenya aku contek ya. Hehehe, nanti aku kasih credit deh. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak perlu ijin mbak, 100% boleh. Nanti saya kunjungi tulisannya...

      Delete
  10. ternyata banyak sekali hal yang membahagiakan bersama orang orang kesayangan, mudah mudahan 2019 juga terjadi hal yang sama danmembahagiakan ya kak

    ReplyDelete
  11. Tema travelling menjadi dominan di bestnine nya, saya juga di 2018 mengisi blog dengan topik dan bahasan ringan karena baru mampunya itu. Semoga 2019 makin bagus. Sukses buat Mas Adi

    ReplyDelete
  12. Eh penasaran sama resto jejamuran itu, ada dimana sih? BTW semoga akan terus menjadi blogger yang tulisan-tulisannya bisa bermanfaat untuk semua orang ya mas.

    ReplyDelete
  13. Akh jadi terpikir buat tulisan juga nih hahaha. Alhamdulillah ya ada 9 jejak terbaik di IG

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap. Nanti saya bw-in balik... Semangaaat!

      Delete
  14. Foto2nya keren...kalau aku hv bestnine tuh beberapa pemandangan di Turki foto2 anakku sama foto produk hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap bingits. Semoga saya juga bisa foto di Turki. :D

      Delete
  15. Tentunya salah satu #BestNine yang ada di instagramku pas aku wisuda Bang, itu momen paling bersejarah banget pokoknya. Sebuah akhir atas perjuangan 5 tahun di kampus hahaha

    ReplyDelete
  16. Waktu akhir tahun memang yang palig saya tunggu ketika membuat best moment

    ReplyDelete
  17. Waaah Best ninenya seru-seru ya Mas. Kilas balik seperti ini jadi semacam penyemangat ya Mas untuk tahun baru agar bisa lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  18. Jejamuran itu emang sedang heits. Tempatnya lumayan instagramable. Tapi saya lebih suka ke Pantai Siung yang di batu karang itu. Kalau langitnya biru, cakep banget hasil fotonya :)

    ReplyDelete
  19. wah sya ngga bikin bestnine, soale postingan tahun 2018 di instagram kayaknya nggak sampai nine, hahaha

    ReplyDelete
  20. Kece kece semuanya, Mas. Namanya juga bestnine. Kalau saya juga punya namanya KaleitutehSkop haha, isinya foto-foto pilihan selama 2018. Semoga 2019 ini semakin mantap jaya 🤗

    ReplyDelete
  21. Keren best nine nya ... Jadi pengen bikin eeeh Uda telat ya hihihi Uda kelamaan

    ReplyDelete
  22. Wah bagus-bagus kak foto nya
    Hmm jamur yah, aku juga suka makan jamur :D

    ReplyDelete
  23. Setuju mas Adi. Menulis melanggengkan kenangan... mewariskan catatan yang sewaktu2 dapat dibaca kembali oleh kita ataupun orang lain

    ReplyDelete
  24. Bersyukur, karena saya tidak sendiri. 2019 tetap ngeblog dan terus menulis. Semoga kenangan indah tersebut menjadi inspirasi dan penyemangat kita.

    ReplyDelete
  25. Waaa, Pantai Siung belom pernah ke sana. Mudah-mudahan tahun ini/tahun depan bisa maen ke sana. Antri, masih banyak pantai di Gunkid yang belom didatangi.

    Saya belom pernah nyobain best 9 Instagram, Mas.

    ReplyDelete
  26. Bagus ya foto yang best nine. Moga tahun depan lebih banyak lagi like, poat potonha yah. Aku kemarin juga ikutan yang banyak juga foto sendiri .mesti ada foto job juga, hiihi

    ReplyDelete
  27. semoga 2019-nya nanti akan jauh lebih menyenangkan yaa :)

    ReplyDelete