Spot Wisata Keluarga Di Yogyakarta Berlarian Kesana-Kemari Di Pantai Teleng Ria Pacitan OMG, Ada Jajanan Dan Mainan Masa Kecil Di Mbokjajan Arung Jeram Di Sungai Progo Bersama Arus Progo Rafting Bahagia Bersama Keluarga Di Taman Rekreasi Selecta Berfoto Bersama Keindahan Pantai Siung Di Atas Batu Karang

Thursday, 3 January 2019

Cerita Makan bersama keluarga di Omah Tobong

adipraa.com - Kulineran di Jogja memang tak ada habisnya untuk dinikmati, banyak pilihannya. Satu lagi rekomendasi kuliner yang layak untuk dijajal di Jogja chapter utara alias Sleman. Omah Tobong, demikian tempat kuliner ini dinamai.
Omah Tobong Spesial Bakmi Jawa & Bebakaran | adipraa.com
Omah Tobong Spesial Bakmi Jawa & Bebakaran

Tobong sendiri merupakan bangunan yang digunakan sebagai tempat pembakaran dalam membuat genteng. Berada di ujung selatan, bangunan tobong ini terlihat menonjol di dalam kawasan Omah Tobong. Bangunan tobong menjadi ciri khas dari tempat kuliner bernuansa pedesaan ini.

Lokasi Omah Tobong berada di dusun Klajuran, Sidokarto, Godean, Sleman. Lokasinya cukup ndelik, yakni terletak di utara lapangan Klajuran. Dari Jalan Godean, pertigaan dekat Masjid Al-Jihad masuk ke utara. Letak Omah Tobong berada di kanan jalan sebelah area persawahan.
Foto di depan tobong | adipraa.com
Foto di depan tobong

Suasana di Omah Tobong terasa nyaman dengan beberapa tanaman yang tumbuh subur. Tambah menarik dengan adanya kandang parkit yang kebersihannya terawat. Sangat cocok untuk foto-foto, terlebih foto di depan tobong-nya. Anak lanang pun minta difotoin di depan tobong yang menjadi bangunan ikonik Omah Tobong ini.
Omah Tobong Spesial Bakmi Jawa & Bebakaran | adipraa.com
Ngeksis dikit dengan latar bata ekspos di Omah Tobong

Sama seperti bangunan tobongnya, mengintip beberapa lokasi bangunan di Omah Tobong, memiliki desain menarik dengan dinding yang menampilkan elemen bata ekspos dimana-mana. Elemen dominan dari bangunan di tempat kuliner ini yang paling saya suka.
Baca Rekomendasi tempat makan di Jogja lainnya di blog ini: Suka Suasana Di Gubug Mang Engking
Ngomongin menu masakan yang ada di tempat ini, sesuai tulisan yang terpampang di depan, Omah Tobong mengedepankan bakmi jawa dan bebakaran yang menjadi menu spesial. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau.
Masuk ke Omah Tobong | adipraa.com
Masuk ke Omah Tobong
Suasana di Omah Tobong | adipraa.com
Suasana di Omah Tobong

Memasuki bangunan bergaya joglo dan limasan ini, saya pun memilih untuk mencicipi menu Nila Bakar Madu yang didampingi oleh Teh Tarik sebagai minumannya. Citarasanya tak mengecewakan. Enak bin lezatos.
Jangan lupa cuci tangan sebelum makan ya! | adipraa.com
Jangan lupa cuci tangan sebelum makan ya!
Nila Bakar Madu ala Omah Tobong | adipraa.com
Nila Bakar Madu ala Omah Tobong
Teh Tarik, Tarik maaaaang! | adipraa.com
Teh Tarik, Tarik maaaaang!

Saya paling suka makanan pedas, tentunya menu Nila Bakar Madu akan terasa lebih nikmat jika dimakan bersama sambel. Kadang saya suka diprotes istri kalau semena-mena ambil sambelnya. By the way, tau ga gaes, kurkumin yang terkandung di dalam makanan pedas itu terbukti efektif mencegah dan mengurangi pertumbuhan sel kanker lho.

Howkey, sekian dulu cerita makan kali ini. Omah Tobong pun terbukti nyaman untuk makan bersama keluarga, sangat saya rekomendasikan untuk sahabat yang ingin berwisata kuliner di daerah Godean, Sleman. Dan artikel berlabel panganan ini menjadi postingan pertama di tahun 2019 dimana sebelum 20 itu 19. Apaan sih! FIN.
Previous Post
Next Post
Related Posts

28 comments:

  1. Saya salfok ke ikan nilanya mas. Sangat bikin saya kelaparan jam subuh begini. 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertamax. Duh, maaf subuh-subuh dah bikin lapar. :)

      Delete
  2. Enak banget ikan nya, jadi laper nih wkwk

    ReplyDelete
  3. Suanannya juga sejuk banget, cocok banget sama keluarga apalagi kalau rame rame ya

    ReplyDelete
  4. Wah... unik!
    Tapi, sesehat apapun makanan pedas, saya tetap nggak suka makanan pedas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, beda kubu kita mbak Dyah. Hohoho. Peace!

      Delete
  5. makan bareng keluarga jadi kebersamaan tersendiri ya ma, apalagi makan di resto yang menyajikan makanan nusantara.. ikan dan sambel terus minumannya teh tarik.. nikmat banget.. hati senang keluarga riang.. pan pakan kalo ke djogya khususnya sleman lagi InshaAllah mampir kesana ya mas.

    ReplyDelete
  6. Suasananya enak banget ya yang terlihat dalam foto itu. Kebayang menuju senja enak ya ke sini nya mas hahaha

    ReplyDelete
  7. Omah Tobong. Ide rumah makannya keren. Makan di tempat yang memiliki desain unik nuansa batu bata. Kalau di kota seperti Jakarta, model rumah makan seperti ini akan semakin unik.

    ReplyDelete
  8. Aww, dindingnya favorit banget nih buat foto-foto. Atau foto dindingnya aja buat diedit pakai quotes hihi. Pagi-pagi baca ini jadi langsung pengin nyobain nila bakar madu. Endeesss.

    ReplyDelete
  9. Duh aku sua ikan liat ini jd laper deh hehe..ini toh yg td diceritain di IG...mantaps..

    ReplyDelete
  10. Tempatnya asri Banget ya, nila bakar madunya juga menggugah selera 😃

    ReplyDelete
  11. Wuih, adem banget keliatannya tempatnya. Bikin betah maksi lama2 kalau kayak gini. Nila bakar madunya terlalu manis gak mas? ku kadang kurang suka soalnya manisnya kebangetan ditambah sambelnya juga manis. Ehehe jadi kadang pilih digoreng biasa pake sambel bawang. Lebih gurih. :D

    ReplyDelete
  12. IKANNYA ITU LO. Bikin ngilerrrr...

    Suasananya juga enak rupanya. Pemandangannya juga bagus. Mayan, bisa updet profile picture. WKWKWKWKWK

    ReplyDelete
  13. Tempatnya nyaman banget ya mas, ajak keluarga bisa leluasa ,anak2 juga bisa main2 dgn nyaman .
    Ini Kisaran harga berapa mas menu di omah tobong ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup terjangkau kok kak. Menu makannya antara 10 - 30 dan minumnya 5 - 10. Ada menu paketnya jg. Murah meriah.

      Delete
  14. Aih kliatan home banget ini tempatnya :)
    Suatu saat somoga aku bisa ke sini ah :)

    ReplyDelete
  15. Bangunannya unik banget ya mas? Apa itu memang dibuat seperti itu atau bekas dari pembuatan genteng yang direnovasi ya?

    ReplyDelete
  16. Waduh, bikin ingin cuz KE Yogya. Terima kasih, makan, minum Dan venuenya keren abiz

    ReplyDelete
  17. mantul banget menunya bang kalau aku dapat menu seperti itu sepertinya habis tiga piring

    ReplyDelete
  18. Tempatnya autentik banget. Klo di Bandung udah mulai banyak nih resto seperti ini. Tapi kulinernya malah barat hahaha.

    ReplyDelete
  19. Bagus tempatnya, tapi yang paling penting sih rasa makanan yang enak.
    Nanti cobain pas ada disana.

    ReplyDelete
  20. kalau begitu mari rumah kita di buat indah, sejuk agar kita merasa nyaman di rumah kita

    ReplyDelete
  21. makan bersama keluarga di luar rumah memang punya kesan tersendiri. Ada kehangatan yang tersembunyi dibalik kesibukan waktu yang kadang tak sempat duduk satu meja saat berada di rumah sendiri*

    ReplyDelete
  22. Duh bacanya pas jam segini. Seketika perut saya berbunyi nyaring.

    ReplyDelete
  23. akupun slalu lbh banyakin sambel kalo makan yg dibakar2 gini apalagi ikan :D. makin pedes sambelnya, makiiin suka jadinya :D.

    ReplyDelete
  24. Biasanya ikan bakar butuh sambal yang pedas agar kian lezat disantap dengan nasi hangat. Ah.
    Emang seberapa banyak sambal yang dihabiskan untuk teman makan ikan? Apa bikin istri tak kebagian? Ha ha. Wajar jika diprotes.
    Gak dijelaskan berapa harga dalam daftar menunya, seperti nila bakar madu. Di rumah makan teman saya sepotong gurame bakar bisa dihargai 65 ribu rupiah.Kayaknya harga rata-rata di setiap rumah makan atau restoran di Balubur Limbangan.Semoga saya juga bisa makan di resto sini untuk dibikin ulasan. Ha ha.

    ReplyDelete
  25. Toss! Klo aku jadi males makan klo nggak pedes atau tanpa sambal. Dan makan di sini, sambelnya banyak..jadi pedasnya juga puas.

    ReplyDelete