Friday, 20 April 2018

Antri lama di Warung Bakmi Djawa Mbah Hadi, No Problem!

adipraa.com - Yang namanya kuliner "legend" itu ya, butuh pengorbanan untuk menikmatinya. Untuk kualitas rasa, jelas tak diragukan lagi. Konsekuensinya adalah antrian yang panjang dan butuh kesabaran untuk menunggu pesanan datang. Saya pun tidak pernah kapok untuk kembali menikmati lezatnya bakmi goreng di Warung Bakmi Djawa Mbah Hadi yang beralamat di Jalan C. Simanjuntak No. 1 Yogyakarta. Tau kan lokasinya? Masuk aja di SPBU Terban, warungnya ada di pojokan.
Antri Lama di Warung Bakmi Djawa Mbah Hadi, No Problem! | adipraa.com
Antri Lama di Warung Bakmi Djawa Mbah Hadi, No Problem!

Dan hujan kembali turun, membasahi Jogjaku. Tepat pukul 18.40 WIB di malam sabtu (20/4), saya bersama anak-bojo sudah berada di Warung Bakmi Djawa Mbah Hadi. Istri saya antri untuk memesan menu bakmi, dan saya bersama anak lanang bertugas mencari tempat duduk.
Antri pesan menu Bakmi Djawa | adipraa.com
Antri pesan menu Bakmi Djawa

Ya, seperti biasa, pengunjung saat itu ramainya bukan main. Dari tiga lokasi makan yakni Lantai 1 baik itu dalam maupun luar serta lantai 2 hampir semua penuh terisi. Hanya tersisa beberapa kursi yang berada di lantai 2. 
Lantai 1 bagian dalam warung Bakmi Djawa Mbah Hadi | adipraa.com
Lantai 1 bagian dalam warung Bakmi Djawa Mbah Hadi

"Dapat nomer berapa, nda?" tanya saya saat istri menyusul ke tempat dimana kami duduk. Dan nomer antrian kami adalah "29". Lirik sana lirik sini, ternyata meja sebelah dapat nomer 16 pesanannya belum datang. Yes, bisa buat pembelajaran anak lanang untuk sabar menanti pesanan datang.
Es Tape Warung Bakmi DJawa Mbah Hadi | adipraa.com
Es Tape

Minum pun telah diantar, kira-kira datang setelah tiga belas menit berlalu, Es Jeruk, Es Tape dan Teh Anget siap di atas meja. Lumayan, buat membasahi mulut. Hahaha.
POM Bensin Terban | adipraa.com
POM Bensin Terban

Sembari memandangi aktivitas yang ada di POM Bensin Terban dari jendela, kepoin jam tangan, waktu telah menunjukkan pukul 19.30 WIB. Dan nomor 22 pun pesanannya telah diantarkan. Masih tersisa tujuh antrian lagi. Saya perhatikan anak-bojo mengisi waktu dengan bermain game berdua.
Bakmi Goreng Djawa Mbah Hadi | adipraa.com
Bakmi Goreng Djawa Mbah Hadi

Tepat jam delapan kurang dua menit, akhirnya pesanan kami pun datang setelah hampir setengah gelas minuman disruput sedikit demi sedikit.
Baca juga cerita kulineran lainnya disini: Makan Sore Di Zefa Soup Limasan
Alhamdulillah, tak sia-sia menunggu lama. Aroma bakmi goreng pesanan saya begitu menggoda. Foto dulu buat dipajang di blog, "cekrek". Berdoa dan siap menyantap lezatnya bakmi gorengnya Warung Bakmi DJawa Mbah Hadi.
Habis dalam waktu 10 menit saja | adipraa.com
Habis dalam waktu 10 menit saja

Yang membuat citarasanya khas itu ya dari cara masaknya. Bakmi Djawa dimasak satu-persatu dengan menggunakan anglo yang berbahan bakar arang. Dan hasilnya, rasa gurih dari Bakmi Goreng Djawa yang saya pesan pas di lidah. Untuk topingnya ada suwiran daging ayam, telur bebek, potongan seledri, kol dan bawang goreng. Tak ketinggalan lombok rawit buat yang doyan pedas. Top-markotop! Antri lama di Warung Bakmi Djawa Mbah Hadi, No Problem! E-tapi makannya cuma 10 menit aja. Kok agak kesel yaFIN


Ngletus lombok pitu trus tinggal lungo, nek madhang iku ojo lali dedungo. 
Previous Post
Next Post
Related Posts

36 comments:

  1. Saya paling demen ni segala jenis bakmi
    Palagi yang model nyemek
    Agak mirip bihun tapi ya klo diliat dari futunya

    ReplyDelete
  2. klo bakmi, aku biasanya beli di pinggir jalan deket gramedia/tribun news
    cuma kalo di terban ini belum pernah coba
    banyak juga ya porsinya.

    ReplyDelete
  3. Nah, kalo porsi masakan dimasak satu persatu dan gunainnya pakai anglo, bukan kompor .. rasanya pasti jadi lebih enak.

    ReplyDelete
  4. Abis dalam waktu 10 menit ...

    Et dah napas mas. Makannya lomba ama siapa? Heheh 🤗 aku suka banget tuh bakmi goreng. Mantap jiwa. Hopoh toh..
    Nanti kalo roadtrip mw lewat terban lah nyobain ini. Masnya kuat ya makan cabe ijo2 segede kenong. Aku pedesnya bumbu indomie aja udh nangis.. hahahah payah lah.

    ReplyDelete
  5. hrs nyoba dong secara aku suka banget dengan bakmie jawa

    ReplyDelete
  6. jd pgn makan bihun goreng, hihi

    ReplyDelete
  7. Sebagai pecinta bakmi ku sering mendengar kabar bakmi legendaris ini. Terbersit pengen nyobain tapi antrinya hahaha

    ReplyDelete
  8. Itu masalahnnya, pesannya lama. Makannya hanya bebarapa menit.

    ReplyDelete
  9. Ya ampuuuuun, ini yg nikin aku penasaran seenak apa rasanya :D, sampe rela nunggu lama. Aku udh sering denger kalo bakmi jawa jogja itu enaknya kebangetan, dan kebanyakan memang hrs rela antri :D. Tp tiap ke jogja blm sempet trus nyobain. Akhirnya malah coba bakmi jawa yg di solo krn lbh cepet hahahaha..

    Next pokoknya aku hrs coba. Aku tipe yg rela antri lama juga mas, asalkan rasanya sepadan :D

    ReplyDelete
  10. Sialan...gua baca tengah malam, bikin lapar aja ckck

    ReplyDelete
  11. Koyone ngerti ms nggone kalo sekitaran pom bensin terban...

    Tapi pas lewat lihat antre lama gitu langsung males, meski wuenak..
    Selak ngelih.. haha

    ReplyDelete
  12. Ngomongin bakmi yang ada di jogja, kalau saya waktu itu nyobain Mie terbang di Jogja. Antreannya panjang banget, lagi! Aku pun heran, kok bisa sepanjang itu? Pas nyobain, eh, ternyata rasanya enak dan harganya murah banget! Karena waktu itu di traktir sama om, mau nambah jadi enggak enak. Padahal pengin banget tuh nambah atau bungkus satu lagi. :')
    Oya, waktu itu juga sempat nyobain bakmi jogja di gang depan rumah om. Bakminya di masak pakai arang juga, dan rasanya, beuh, enak banget dan porsinya banyak. Rasanya pengin bungkus untuk di bawa ke Jakarta. Pokoknya kalau masak pake arang tuh rasanya beda banget ya dgn yang di masak pakai gas dan sejenisnya :')

    ReplyDelete
  13. Kalau udah tahu rasanya enak mah mau antri juga nggak masalah ya, Mas..
    Capek antrinya bakal kebayar sama rasa enaknya..hee

    ReplyDelete
  14. Antrian panjang pasti rasa makanannya enak tuh, jadi gpp lah antri hehe.

    ReplyDelete
  15. Bakmi memang salah satu makanan favorit banyak orang, jadi aku termasuk yang rela antri untuk bakmi djawa mbah hadi.

    ReplyDelete
  16. favorit baru saya nih. mi goreng jawa. di jakarta kini mulai bermunculan, menenggelamkan jenis mi yang sudah ada lebih dulu. rasanya unik, tekstur pekat dan berani kecap. Namun ada satu pedagang yg kadang menyajikannya dicampur (bahkan kerap lebih banyak) bihun. Apa trik agar lebih irit mi atau gmn ya :)

    ReplyDelete
  17. Kalau saya makan bakmi setidaknya pakai dambel ulek plus saus. Dan nggak sampe lima menit ...habis...
    Wkkwkw, cepetan saya kan..apalagi kalau udah urusan laper berat..

    ReplyDelete
  18. Huahaha... endinge rek! Saya pun selama baca sempet heran lho. Kok mau ngantri lama? Tapi emang kalo enak ya mau gimana lagi ya. Andai itu di Jakarta, bisa saingan kali ya Mas sama es kepel yang lagi ngehits itu...

    ReplyDelete
  19. Kalau bakmie Jawa nya enak,, saya juga ga akan keberatan untuk antri meski panjang :)

    ReplyDelete
  20. Wah Mbakmi Djawa. Udah lama Saya gak makan itu. Di sini biasanya Ada mbak2 yang keliling jualan itu. Tapi sekarang gak pernah Ada lagi. Kangen deh. Sejak kecil suka. Dikasih sambel yang banyak, enaaak. :D

    ReplyDelete
  21. Iyessss.. biarpu antrinya lama kalau makanan yang dipesan suedap pool ga masalah ya. Terbayar deh rasa lelahnya.. bakminya kelihatan enak. Duh jadi mau.... nyammm

    ReplyDelete
  22. Kok aku juga jadi kesel baca blog ini pas tengari hujan. Huhuhu. Pengen tapi harus ke jogja.

    ReplyDelete
  23. Bakmi Jawa emang enak yaa, di tempatku juga ada katanya dari Jogja juga, dan antri juga lumayan lama huhu. Kalau udah keburu lapar mending melipir. Tapi kalau pingin banget yaa di belain..

    ReplyDelete
  24. Wah asyik bakmi Jawa pasti nikmat banget. BTW tapi saya lbh penasaran sama es tapenya kayak apa ya? Apa asem2 gtu atau gmn?

    ReplyDelete
  25. mie nya bikin ngiler. di saya juga ada penjual mie yang kalo beli ngantrinya mengular, heran deh padahal kan mie nya biasa aja

    ReplyDelete
  26. hihihi gak sebanding sama waktu nunggu, ya :D

    ReplyDelete
  27. Sumpah, gue pengen banget ini nyobain hihi.. catat ah dekat pombensin terban jalan simanjuntak yaaa

    ReplyDelete
  28. Udah lama ga makan bakmi jawa, kalo ke restoran selalu milih nasgor /teamnasgor 😁

    ReplyDelete
  29. Mbak, Bakmi Djawa Mbah Hadi ini kok menggiurkan banget ya? Ngeliatnya tengah malam lagi, di saat perut sensitif dengan godaan huhu.

    ReplyDelete
  30. Mbak es tapenya itu rasanya gimana ya? Kok sepertinya seger banget ya.

    ReplyDelete
  31. enak nih makan bakmi langsung minumnya es dingin, segeeeeeeeeeeeeeeeeeeeer ....

    sebel pasti ya mas kalo ngantri lama e ternyata sto habis. ha ha.

    ReplyDelete
  32. setuju,, tempat makan legendaris emang rasanya gak pernah bikin kecewa.. jadi penasaran juga euy seenak apa bakminya,, sampe rela nunggu lama gitu hihi..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  33. hahahaa berarti makannya harus dilama-lamain
    dinikmati~~~

    nanti kalo aku ke jogja, kucoba bakmi djawa ini laaah
    aku penasaran
    soale ndelok tok ae wes nggarai luwe
    XD

    ReplyDelete
  34. Harus bagi tugas dong ya mas, istri yang pesan, kita yang cari tempat duduk. Mesennya lama, tapi makannya cepet, gak apa-apa sih, demi sebuah citarasa yang lezat.

    ReplyDelete